Sering Bertengkar, Benarkah Tanda Hubungan Lebih Langgeng?

Pertengkaran yang sehat rupanya bisa membuat hubungan menjadi langgeng dan awet

2 April 2019

Sering Bertengkar, Benarkah Tanda Hubungan Lebih Langgeng
Freepik

Setiap pasangan, tentu ingin memiliki hubungan yang adem ayem saja tanpa adanya pertengkaran. Namun tak bisa ditampik, perbedaan pendapat dan perbedaan karakter membuat pertengkaran menjadi hal yang lumrah dalam sebuah hubungan.

Kamu termasuk yang sering bertengkar dengan pasangan? Jangan keburu insecure dulu dengan hubungan yang kamu jalani.

Sebab ada penelitian terbaru yang menemukan fakta bahwa 44 persen pasangan yang sudah menikah percaya bahwa pertengkaran lebih dari sekali dalam seminggu bisa membuat hubungan mereka menjadi lebih awet dan langgeng.

Kamu tahu kenapa demikian? Penelitian tersebut rupanya mengklaim bahwa pertengkaran bisa membantu menyehatkan. Sebab meski sering berdebat, mereka dianggap selalu dapat menemukan cara untuk berdamai dari pertengkaran.

Kamu masih penasaran apalagi alasan mengapa pertengkaran bisa menjadi pertanda hubungan yang lebih awet dan langgeng? Dilansir dari Bright Side and The Guardian, berikut alasannya:

1. Berani menyampaikan pendapatnya

1. Berani menyampaikan pendapatnya
Freepik

Kamu harus tahu, pasangan yang memilih untuk mengungkapkan pendapat dan mengucapkan apa yang ada di pikiran mereka dengan kepala dingin saat ada masalah cenderung lebih bisa bertindak bijaksana dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Penelitan atas manfaat pertengkaran dalam sebuah hubungan juga tertulis dalam buku best seller berjudul Crucial Conversations. Dalam buku tersebut terdapat survey yang dilakukan pada hampir 1000 orang dewasa.

Dari hasil survey ditemukan fakta bahwa pasangan yang terlibat dalam pertengkaran yang sehat dalam hubungannya, berpotensi memiliki hubungan yang lebih bahagia 10 kali lipatdibandingkan pasangan yang memilih mendiamkan masalah yang ada.

2. Tahu keinginan pasangan

2. Tahu keinginan pasangan
Freepik/Jcomp

Berdebat bisa menjadi salah satu bentuk komunikasi dengan pasangan. Ya, untuk menciptakan kepercayaan dalam sebuah hubungan, kamu memang harus mengemukkan argumen yang kamu miliki, termasuk juga pasangan.

Berdebat dianggap sebagai komunikasi yang paling jujur dan diercaya dapat membuat hubungan kamu dan pasangan menjadi semakin intim satu sama lain.

Bahkan dengan adanya perdebatan, kamu dan pasangan jadi lebih tahu keinginan masing-masing demi hubungan yang lebih baik.

3. Tanda hubungan yang sehat

3. Tanda hubungan sehat
Freepik/Creative Art

Psikolog bahan berpercaya bahwa salah satu tanda hubungan yang sehat dan bahagia adalah adanya perdebatan dengan pasangan. Bahkan jika kamu dan pasangan sama sekali tidak pernah berdebat atau bertengkar, mungkin ini pertanda ada yang tidak beres dengan hubungan kalian.

Kamu tahu alasannya mengapa? Rupanya berdepat dapat membantu pasangan mempertimbangkan kembali nilai-nilai dan perasaan yang dimilikinya dengan membahas hal-hal yang dianggap penting bagi mereka. Namun perlu dicatat, pastikan bahwa argumen yang kamu sampaikan diungkapkan dengan cara yang baik. jangan dengan nada yang meninggi!

Editors' Picks

4. Bukti peduli

4. Bukti peduli
Freepik/Yanalya

Menutup mata dari kebiasaan pasangan yang membuatmu gerah untuk melihatnya mungkin dapat menghindari konflik. Namun hal ini tidaklah baik.

Menurut William Doherty, professor di Department of Family Social Science, University of Minnesota, berdebat bisa menjadi cara terbaik menghadapi masalah, bukan menyimpannya saja sehingga menimbulkan kebencian. Jadi ada baiknya untuk diungkapkan secara baik-baik dengan pasangan agar pasangan tahu apa yang kamu rasakan.

5. Memiliki koneksi yang lebih kuat

5. Memiliki koneksi lebih kuat
Freepik

Pertengkaran kecil yang sering kamu alami bersama pasangan bisa membuat jalinan hubunganmu menjadi lebih kuat. Mengapa demikian? Karena ketika adanya pertengkaran ataupun perdebatan, yang bisa dipetik bukan lagi mengenai siapa yang menang dan siapa yang kalah.

Tapi lebih penting dari itu, kamu dan pasangan dapat belajar mengenal satu sama lain lebih dalam. Sebab konflik kecil yang harus kalian hadapi bisa membantu kamu dan pasangan mengungkap sifat asli masing-masing. Dengan begitu pula, kalian juga jadi lebih memahami bagaimana cara mengatasinya.

6. Tanda hubungan yang matang

6. Tanda hubungan matang
Freepik/Bearfotos

Nyatanya perdebatan dan pertengkaran merupakan jalan yang lebih baik daripada menghindari konflik yang ada. Berdebat dan membicarakan semua  masalah yang ada justru menjadi jalan terbaik untuk memperbaiki hubungan. Dengan adanya pertengkaran dan perdebatan, kamu dan pasangan bisa belajar untuk saling memahami dan mengerti satu sama lain.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!