Apa Itu G-Spot? Titik Sensitif Perempuan yang Wajib Disentuh

Emang beda ya G-spot dengan klitoris?

2 April 2021

Apa Itu G-Spot Titik Sensitif Perempuan Wajib Disentuh
Pexels/Shiny Diamond

Saat menyebut G-spot, mungkin akan bingung dengan bentuk, letak atau bahkan beranggapan bahwa istilah tersebut sama dengan klitoris.

Walaupun klitoris dan G-spot sama-sama menciptakan kepuasan seksual bagi para perempuan saat berhubungan seks, namun keduanya berbeda.

G-spot  atau titik Grafenberg adalah area sensitif perempuan yang terletak di dalam vagina yang apabila tersentuh bisa memberikan orgasme secara maksimal. G-spot menawarkan orgasme yang lebih intens, bahkan memungkinkan membantu orgasme yang lebih banyak dari penetrasi vagina. Letak G-spot cukup tersembunyi, sehingga masih banyak perempuan yang belum mengetahuinya.

Saat G-spot pada perempuan ditemukan saat berhubungan seks, maka ini bisa meningkatkan kepuasan seksual. Laki-laki pun menjadi tertantang untuk mencari G-spot untuk memuaskan pasangannya.

Jika ingin lebih mengetahui banyak informasi mengenai G-spot, Popmama.com telah merangkumnya dari Medical News Today. Diharapkan informasi ini bisa membantu kehidupan seksual bersama pasangan menjadi lebih menyenangkan. 

Sentuhan pada G-Spot Memberikan Rangsangan Tersendiri

Sentuhan G-Spot Memberikan Rangsangan Tersendiri
Freepik/Jcomp

Sebagai area sensitif, respons orang-orang terhadap stimulasi G-spot mungkin akan berbeda-beda. Beberapa perempuan tidak dapat menemukan G-spot, bahkan ada yang tidak percaya bahwa mereka memilikinya.

Selain itu, beberapa orang yang lain justru merasa rangsangan pada area tersebut terasa menyakitkan atau tidak menyenangkan. Ada juga yang berpendapat bahwa sentuhan pada G-spot menawarkan bentuk kesenangan intens yang berbeda, bahkan rangsangan tersebut tidak pernah mereka dapatkan dari bentuk sentuhan yang lain.

Editors' Picks

Di mana Letak G-Spot?

Di mana Letak G-Spot
Freepik/user22452435

Ada banyak orang yang justru merasakan pengalaman yang berbeda-beda dengan G-spot. Namun, hampir semua perempuan mengatakan bahwa mereka merasakan sensasi di dinding atas bagian dalam vagina.

Posisinya berada sekitar 2-3 sentimeter di dalam vagina. Beberapa orang melaporkan bahwa area tersebut terasa bergelombang ketika mereka berusaha menyentuhnya. 

Bahkan yang lain mengatakan mereka terkadang merasa perlu buang air kecil saat menyentuh area ini, apalagi kemungkinan besar karena posisinya berada di bawah kandung kemih.

Menemukan G-spot memang membutuhkan beberapa percobaan dan perlu berkali-kali untuk menemukannya. Untuk meningkatkan peluang dan mampu menyentuh G-spot, maka perlu melakukan berbagai hal antara lain:

  • Cobalah berbagai jenis rangsangan, seperti keras, lembut atau menggunakan alat bantu seks yang bergetar
  • Coba gunakan mainan seks dengan bentuk melengkung yang sudah dirancang untuk G-spot.
  • Ubah posisi seksual untuk mendapatkan peluang agar bisa menyentuh G-spot.
  • Berikan tekanan dan stimulasi ke beberapa area berbeda di bagian dalam vagina. Perhatikan apa yang terasa enak atau berbeda.
  • Jelajahi G-spot tanpa pasangan. Perlu diingat bahwa area tersebut bisa sensitif dan rangsangan bisa intens. Mungkin saja lebih mudah bagi seseorang untuk menemukan ritme yang nyaman ketika mereka memiliki kendali penuh.

Ada Beberapa Zona Sensitif Seksual Lainnya pada Perempuan

Ada Beberapa Zona Sensitif Seksual Lain Perempuan
Freepik/lookstudio

Saat perempuan tidak menemukan G-spot untuk kepuasan seksualnya, maka tidak perlu khawatir atau merasa sedih.

Masih banyak area sensitif lainnya yang bisa membuat menciptakan orgasme dan kepuasan secara seksual saat berhubungan seks, seperti salah satunya klitoris.

Bagi beberapa orang, stimulasi G-spot secara tidak langsung dapat merangsang klitoris yang nantinya akan meluas ke dinding vagina. Hal inilah yang bisa menciptakan kepuasan selama sesi bercinta. 

Beberapa perempuan juga begitu menikmati rangsangan pada payudara atau puting, bahkan lebih menyukai jenis rangsangan tertentu pada klitoris atau di vagina. Bisa dilakukan dengan cara disentuh secara halus oleh pasangan.

Perlu diingat bahwa setiap bagian tubuh dapat menjadi zona sensitif seksual, namun respons dari setiap orang terhadap sentuhan berbeda-beda. 

Tips untuk Menciptakan Aktivitas Seksual yang Sehat

Tips Menciptakan Aktivitas Seksual Sehat
Pixabay/Alexvan

Seks berkualitas dan sehat itu tentang menemukan apa yang terbaik untuk setiap pasangan. Komunikasi yang terbuka di dalam maupun di luar hubungan seks memang perlu dilakukan oleh pasangan suami istri, sehingga membantu meningkatkan pengalaman serta kehidupan seksual yang menyenangkan.

Laki-laki pun begitu tertarik untuk menemukan posisi seksual yang merangsang G-spot, bahkan ingin sekaligus memaksimalkan orgasme sang Istri.

Jika tertarik mencoba posisi yang bisa menjangkau G-spot, maka bisa lakukan beberapa cara berikut ini:

  • Pilih posisi yang memungkinkan penetrasi dari belakang

Saat sedang berhubungan seks, suami harus berada di belakang istri. Posisi pinggul istri harus terangkat, lalu cobalah berbaring di atas beberapa bantal.

Bisa juga mencoba posisi seks doggy style sebagai pengalaman seks yang mungkinbelum pernah dicoba.

  • Berikan istri lebih banyak kendali atas rangsangan

Saat istri berada di atas atau posisi woman on top, mereka dapat mengontrol arah, kedalaman dan intensitas rangsangan. Hal tersebut bagus karena bisa lebih mudah untuk mencapai G-spot mereka.

Bisa juga menggunakan vibrator atau tangan untuk merangsang klitoris istri selama hubungan seks saat penetrasi.

  • Lakukan seks oral

Suami yang melakukan seks oral kepada istri lebih besar kemungkinan untuk orgasme. Seorang suami dapat merangsang klitoris istri menggunakan mulut dan berikan isapan lembut, sekaligus menggunakan jari untuk merangsang G-spot.

Nah, sekarang sudah paham kalau bahwasanya klitoris dan G-spot berbeda. Hanya saja keduanya memang memiliki satu persamaan, yaitu memberikan rasa kepuasan dan sensitif terhadap rangsangan seksual.

Seks yang lebih berkualitas pun selain menciptakan kepuasan secara hasrat seksual, namun perlu juga ada komunikasi yang intens di dalamnya.

Cobalah berbicara kepada pasangan, posisi mana yang paling disukai atau area sensitif mana yang ingin disentuh untuk mencapai orgasme.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.