5 Makna Posisi Tidur Pasangan yang Jarang Diketahui

Ternyata ada makna tersendiri dari segi hubungan lho!

26 Juni 2021

5 Makna Posisi Tidur Pasangan Jarang Diketahui
Freepik/drobotdean

Mungkin Mama jarang memperhatikan posisi pasangan tertidur ke arah mana, bahkan apa yang dilakukan sebelum tidur.

Tidur bersama pasangan memang melegakan serta bisa menciptakan keintiman lain, apalagi setelah seharian suntuk dan lelah menjalani berbagai aktivitas keseharian. Tidur bersama pasangan pun akan menyenangkan saat diberikan dekapan hangat yang menenangkan hati.

Namun, ternyata ada makna dan arti tersendiri dari posisi tidur pasangan kita lho, Ma. Makna dari posisi tidur tersebut pun akan berpengaruh pada hal keintiman bersama pasangan.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa makna posisi tidur pasangan saat di ranjang. Apa artinya ya jika pasangan tidur menjauh dengan kita?

1. Posisi tidur menyendok

1. Posisi tidur menyendok
Pexels/ketut-subiyanto

Spooning atau menyendok merupakan posisi berbaring yang dikenal luas di kalangan pasangan suami istri, tetapi ternyata ini bukan posisi tidur yang paling populer.

Corrine Sweet, seorang penulis dan psikolog hubungan menemukan sebuah penelitian bahwa hanya sekitar seperlima pasangan yang tidur dengan cara ini.

Perlu dipahami bahwa posisi menyendok itu romantis, namun lebih populer dilakukan oleh pasangan suami istri yang baru menikah. Di mana saling mengomunikasikan kepercayaan dan meningkatkan momen intim. 

Seorang suami dengan protektif bisa memeluk istri dari belakang, apalagi mereka berdua tidur menyamping dan menghadap ke arah yang sama.

Posisi alat kelamin yang nyaman pun membuat hormon cinta mengalir. Itulah sebabnya ini menjadi cukup favorit di antara pasangan baru yang tidak bisa melepaskan sebuah pelukan. 

Editors' Picks

2. Posisi tidur saling bertatapan muka

2. Posisi tidur saling bertatapan muka
Pexels/C Technical

Posisi tidur ini bisa digambarkan seperti Mama dan pasangan saling berhadapan saat tidur. Biasanya posisi ini dilakukan sehabis berbincang intim sebelum tidur.

Hanya saja tidak berhenti di situ, tangan atau kaki juga akan saling bersentuhan satu sama lain. Tidur dengan posisi seperti ini bisa menjadi tanda kesetaraan di antara pasangan, terutama jika kepala Mama berada pada posisi yang sama tingginya.

Ini juga menandakan persahabatan antara pasangan, jenis hubungan yang bahagia karena keduanya tidak merasa segan karena sudah sangat dekat dan saling terbuka. 

3. Tidur tengkurap

3. Tidur tengkurap
Pexels/Andrea

Selain tidur menyamping dan saling bertatapan, ada juga posisi tidur tengkurap. Di mana perut menyentuh kasur dan kepala menyamping.

Meskipun ini bukan cara terbaik untuk tidur karena berpengaruh terhadap kesehatan, namun dari sudut pandang hubungan, itu bisa menjadi tanda bahwa seseorang menyembunyikan sesuatu.

Secara kesehatan, ini memang akan menyebabkan atau memperburuk kondisi nyeri punggung serta leher. Hal ini dikarenakan tekanan pada tulang belakang.

4. Tidur saling membelakangi

4. Tidur saling membelakangi
Freepik/jcomp

Berbicara tentang saling membelakangi pasangan, mungkin Mama akan berpikir ini merupakan posisi tidur ketika sedang marahan. Namun, kali ini Mama salah lho.

Justru saat pasangan suami istri yang tidur saling membelakangi tanpa menyentuh satu sama lain menjadi pertanda ia pencinta kebebasan.

Posisi tidur ini membuat Mama dan pasangan menghadap ke arah yang berlawanan. Seorang psikolog bernama Corrine Sweet, menemukan dalam sebuah penelitian bahwa pasangan yang tidur dengan cara ini sering terhubung dan sah saja.

Menurutnya, posisi tidur ini kerap menjadi tanda kedekatan dan kemandirian dalam sebuah hubungan. Namun, juga bisa menjadi penyebab kekhawatiran jika salah satu pasangan tiba-tiba beralih dari posisi yang lebih ekspresif karena tidak saling menyentuh sama sekali.

5. Tidur saling berhadapan dan berpelukan

5. Tidur saling berhadapan berpelukan
Freepik/freepik

Posisi tidur ini memang tidak nyaman jika dilakukan berlama-lama. Hal ini dikarenakan bisa memicu pegal dan mungkin tangan akan kesemutan.

Tetapi ini salah satu posisi yang paling intim bagi pasangan. Pasangan itu tidur saling berhadapan dengan tangan dan kaki keduanya saling terikat atau berpelukan.

Namun, ini relatif jarang terjadi karena pasangan biasanya tidak tidur dengan cara ini kecuali mereka merupakan suami istri baru yang sedang menciptakan keintiman lebih satu sama lain.

Posisi tidur ini bisa berarti bahwa pasangan baru merasakan proses ikatan setelah pertemuan yang penuh emosi, seperti setelah pertengkaran serius atau pasca berhubungan seks.

Nah, itulah beberapa makna dari posisi tidur pasangan suami istri yang jarang diketahui. Semoga bisa menjadi pengetahuan baru ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.