10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis

Panggilan sayang dalam bahasa Prancis bisa dijadikan alternatif panggilan terhadap pasangan

9 Mei 2022

10 Panggilan Sayang dalam Bahasa Prancis
Pexels/Dominique ROELLINGER

Prancis adalah negara yang dikenal penuh cinta. Negara yang identik dengan Menara Eiffel ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Nama Prancis semakin dikenal akhir-akhir ini setelah serial Emily in Paris ditayangkan di Netflix. 

Selain itu, nama Prancis semakin populer karena gelaran Paris Fashion Week yang mengundang sejumlah entrepreneur muda asal Indonesia yang membangun bisnis di bidang kecantikan dan fashion. Bagi Mama yang belum berkesempatan datang ke Paris, jangan berkecil hati. 

Mama sebaiknya mempelajari terlebih dahulu bahasa Prancis agar nantinya bisa berkomunikasi dengan lancar ketika tiba di Prancis.

Untuk membantu Mama belajar bahasa Prancis, kali ini Popmama.com telah merangkum 10 panggilan sayang yang kerap digunakan oleh orang Prancis. Panggilan sayang di bawah ini bisa dijadikan alternatif panggilan terhadap pasangan atau suami.

Simak alternatif panggilan sayang dalam bahasa Prancis kali ini, yuk!

1. Mon cœur

1. Mon cœur
Pexels/Imagestudio

Mon cœur dalam bahasa Prancis artinya hatiku. Kata ini sering dijadikan panggilan sayang dalam percakapan sehari-hari. 

Bukan hanya ditujukan untuk pasangan, panggilan sayang Mon cœur juga bisa digunakan untuk menunjukkan rasa cinta pada anggota keluarga dan sahabat. Jadi, jangan heran ketika Mama kerap mendengar kata ini dalam film maupun percakapan orang Prancis. 

2. Mon amour

2. Mon amour
Pexels/Imagestudio

Mon amour merupakan panggilan sayang selanjutnya yang sering digunakan oleh sebagian orang Prancis. Dalam bahasa Prancis sendiri, Mon amour berarti cintaku. 

Sama seperti Mon cœur, Mon amour juga tidak hanya ditujukan untuk pasangan saja. Kata Mon amour dapat digunakan dalam berbagai kondisi, percakapan, dan lawan bicara.

Artinya, Mama juga bisa menggunakan kata Mon amour untuk memanggil anak, pasangan, maupun anggota keluarga tercinta. 

3. Ma chérie

3. Ma chérie
Pexels/Cottonbro

Ma chérie dalam bahasa Prancis berarti sayangku atau jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi my darling.

Bahasa Prancis diketahui memiliki kalimat feminin dan maskulin. Oleh karena itu, pengucapan kata Ma chérie menjadi berbeda ketika ditujukan untuk pasangan laki-laki dan perempuan. 

Apabila Mama ingin menggunakan kata Ma chérie untuk pasangan laki-laki, maka gunakan kata Ma chérie. Sementara itu, apabila kata Ma chérie ditujukan untuk sahabat perempuan atau anggota keluarga perempuan, maka gunakan kata Mon chérie. 

4. Mon petit chouchou

4. Mon petit chouchou
Pexels/Mart-production

Panggilan sayang selanjutnya dalam bahasa Prancis ialah Mon petit chouchou. Kata ini memiliki arti kue kecilku atau kubis kecilku apabila diartikan secara harfiah. 

Namun, apabila diterjemahkan dalam bahasa Inggris, kata Mon petit chou chou menjadi darling atau sayang dalam bahasa Indonesia. Kata Mon petit chou chou digunakan untuk memanggil pasangan atau suami.

Sedangkan kata Mon petit chou lebih ditujukan orang kerabat, sahabat, maupun teman yang disayang.

Editors' Picks

5. Ma puce

5. Ma puce
Pexels/Florencia-potter-82066

Panggilan sayang lainnya ialah Ma puce. Apabila diartikan dalam bahasa Indonesia, Ma puce berarti kutu milikku. Terdengar aneh, bukan?

Namun, kata Ma puce kerap digunakan untuk menyatakan kedekatan dan rasa kasih sayang. Kata Ma puce tidak selalu melambangkan keromantisan hubungan percintaan, sebab kata tersebut bisa digunakan untuk memanggil anak, anggota keluarga, maupun sahabat. 

6. Ma bichette

6. Ma bichette
Pexels/Rodnae-prod

Selanjutnya ada panggilan sayang Ma bichette. Apabila diartikan secara harfiah, kata Ma bichette berarti rusa betinaku. 

Oleh karena itu, kata Ma bichette merupakan sebuah panggilan sayang yang ditujukan untuk perempuan, khususnya perempuan yang lebih muda. 

7. Mon mignon

7. Mon mignon
Pexels/Exten

Panggilan sayang lainnya adalah Mon mignon yang berarti benda kecilku. Kata ini memiliki sejarah yang unik, yakni berasal dari bahasa Prancis kuno mignot yang berarti halus atau anggun. 

Seiring berkembangnya ilmu bahasa, kata mignot bertransformasi menjadi Mon mignot yang bisa diartikan sebagai sweetheart dalam bahasa Inggris. 

8. Mon tresor

8. Mon tresor
Unsplash/Ettocl

Apabila Mama ingin mengucapkan kekaguman atau terima kasih pada pasangan, maka Mama dapat menggunakan panggilan sayang Mon tresor. Pasalnya, panggilan sayang Mon tresor memiliki arti harta karunku dalam bahasa Indonesia my precious dalam bahasa Inggris. 

Itulah sebabnya, kata Mon tresor lebih cocok digunakan untuk panggilan sayang terhadap pasangan, suami, atau anak. 

9. Ma moitié

9. Ma moitié
Unsplash/Brunoabatti

Panggilan sayang Ma moitié sangat identik dengan pasangan atau suami. Sebab, kata Ma moitié memiliki arti bagian diriku yang lain atau my other half dalam bahasa Inggris. 

Namun, bukan berarti Mama tidak menggunakan kata Ma moitié untuk orang lain selain pasangan. Mama masih menggunakannya untuk memanggil sahabat yang telah menemani Mama dalam waktu lama. 

10. Mon bébé

10. Mon bébé
Unsplash/Mustangjoe

Panggilan sayang yang terakhir ialah Mon bébé yang berarti my baby dalam bahasa Inggris. Kalimat ini bersifat universal, artinya bisa digunakan untuk memanggil pasangan atau lawan bicara yang memiliki kedekatan lebih. 

Beberapa orang Prancis bahkan menggunakan panggilan sayang Mon bébé untuk memanggil hewan peliharaan mereka. Sebab, seperti diketahui, orang Prancis sangat suka memelihara binatang, mulai dari kucing, anjing, hingga kelinci. 

Nah Ma, itulah 10 panggilan sayang dalam bahasa Prancis. Kata manakah yang sudah sering didengar?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk