6 Pasangan Artis yang Bercerai setelah Menikah Siri

Beberapa pasangan artis memilih menikah secara siri, namun rumah tangga mereka tidak berjalan mulus

23 September 2021

6 Pasangan Artis Bercerai setelah Menikah Siri
Instagram.com/Nikitamirzanimawardi_172

Pernikahan siri adalah pernikahan yang dilakukan di bawah tangan berdasarkan ajaran agama atau adat istiadat dan tanpa pengakuan resmi dari hukum negara. Pernikahan ini sah secara agama, namun belum terdaftar di hadapan hukum negara.

Beberapa pasangan artis memilih menikah secara siri karena berbagai faktor, seperti sulitnya pengurusan surat nikah saat menikah dengan warga negara asing hingga menyembunyikan status pernikahan dari publik. 

Namun, sayangnya rumah tangga beberapa pasangan artis tidak berjalan mulus setelah melakukan pernikahan siri.

Penasaran siapa saja? berikut ini Popmama.com rangkum beberapa pasangan artis yang bercerai setelah menikah siri. 

1. Tata Janeeta dan Mehdi Zati

1. Tata Janeeta Mehdi Zati
Instagram.com/Tatajaneetaofficial

Tata Janeeta menikah secara siri dengan laki-laki asal Iran, Mehdi Zati, pada 31 Juli 2014. Mereka memutuskan menikah siri karena sulitnya mengurus surat-surat pernikahan antar dua negara. 

Dua tahun setelah menikah siri, pasangan ini baru meresmikan pernikahan secara hukum negara. Namun, pernikahan mereka hanya bertahan dua tahun.

Tata Janeeta dan Mehdi Zati dinyatakan resmi bercerai berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 26 Juni 2019. Kini, Tata telah menikah kembali dengan mantan suami Angelina Sondakh bernama Raden Brotoseno. 

2. Dewi Perssik dan Aldi Taher

2. Dewi Perssik Aldi Taher
Instagram.com/Dewiperssikreal.new

Dewi Perssik dan Aldi Taher pernah menikah secara siri pada tahun 2008 lalu.

Pernikahan tersebut dilangsungkan secara sederhana di kota asal Dewi yakni Jember, Jawa Timur. Tak lama setelah menikah siri, mereka juga melangsungkan pernikahan secara resmi hukum negara. 

Namun, pernikahan Dewi dan Aldi Taher hanya bertahan satu tahun. Keduanya tetap menjaga silaturahmi, meski telah lama berpisah.

Editors' Picks

3. Nikita Mirzani dan Dipo Latief

3. Nikita Mirzani Dipo Latief
Instagram.com/Nikitamirzanimawardi_172

Pasangan artis lainnya yang memutuskan menikah siri, yakni Nikita Mirzani dan Dipo Latief. Mereka menikah secara siri pada Februari 2018 lalu. Nikita kemudian mengajukan permohonan isbat nikah untuk mengesahkan pernikahan mereka secara hukum negara sekaligus menggugat cerai Dipo pada 16 Juli 2018.

Permohonan cerai itu sempat dicabut oleh Nikita pada 24 Oktober 2018. Tak berapa lama, Nikita kembali mengajukan permohonan itsbat pernikahan sekaligus perceraian pada 29 November 2018. 

Lalu, pada 7 Oktober 2019, Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan permohonan itsbat pernikahan sekaligus gugatan cerai Nikita terhadap Dipo.

Lewat putusan Majelis Hakim PA Jakarta Selatan, Dipo wajib memberi nafkah kepada sang Anak, buah pernikahannya dengan Nikita. 

4. Angel Lelga dan Rhoma Irama

4. Angel Lelga Rhoma Irama
Instagram.com/Angellelga

Angel Lelga mulai dikenal ketika kabar pernikahannya dengan Rhoma Irama mencuat ke publik.

Angel Lelga menikah secara siri dengan Rhoma Irama ketika usianya masih 19 tahun. Dia bahkan meninggalkan keluarganya untuk menjadi istri dari raja dangdut. 

Namun, pernikahan Angel Lelga dan Rhoma Irama tidak berlangsung lama. Meski telah bercerai, Angel mengaku masih menjaga silaturahmi dengan Rhoma Irama. 

5. Kalina Ocktaranny dan Insank Nasruddin

5. Kalina Ocktaranny Insank Nasruddin
Instagram.com/Kalinaocktaranny

Kalina Ocktaranny menikah secara siri secara siri dengan seorang pengacara bernama Insank Nasruddin pada 16 Maret 2020. Keduanya kala itu berencana menggelar resepsi di akhir tahun 2020. Namun, rencana tersebut tidak terjadi. 

Pernikahan Kalina dan Insank hanya bertahan beberapa bulan. Mereka resmi bercerai pada Juni 2020. Namun, hingga kini belum diketahui penyebab pasti perceraian mereka. Kini, Kalina telah menikah kembali dengan Vicky Prasetyo. 

6. Aura Kasih dan Eryck Amaral

6. Aura Kasih Eryck Amaral
Instagram.com/Aurakasih

Artis Aura Kasih juga pernah menikah secara siri dengan Eryck Amaral. Pernikahan mereka berlangsung pada September 2018 dan baru didaftarkan secara resmi pada Desember 2018. 

Rumah tangga Aura Kasih dan Eryck hanya bertahan dua tahun. Menurut pengakuan Aura, Eryck telah meninggalkan dirinya sejak Februari 2020. Sejak saat itu, Aura tidak pernah dinafkahi secara lahir batin. Keduanya dinyatakan resmi bercerai berdasarkan keputusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada 28 April 2021. 

Itulah enam pasangan artis yang memutuskan menikah siri, namun kehidupan rumah tangganya tidak bertahan lama. Beberapa pasangan artis masih menjalin hubungan baik dengan mantan pasangannya, namun sebagian lainnya memutuskan tidak berhubungan lagi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.