TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Sinetron Jadul ‘Pernikahan Dini’, Dibintangi Agnez Mo

Segera ditayangkan versi terbaru, sinetron jadul 'Pernikahan Dini' pernah booming pada masanya

17 Juni 2022

5 Fakta Sinetron Jadul ‘Pernikahan Dini’, Dibintangi Agnez Mo
YouTube.com/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Jika Mama gemar menonton sinetron di awal tahun 2000-an, pasti sudah tidak asing dengan sinetron ‘Pernikahan Dini’, bukan? Sinetron yang ditayangkan di RCTI ini sempat populer tepatnya di tahun 2001 silam.

Sesuai judulnya, sinetron tersebut bercerita tentang kehidupan anak remaja bernama Dini yang terpaksa harus menikah di usia muda karena 'kecelakaan'.

Belum lama ini, produser sekaligus pemilik dari rumah produksi MD Entertainment, Manoj Punjabi, memberikan bocoran tentang adanya serial ‘Pernikahan Dini’ versi terbaru 2022. Diketahui serial tersebut akan segera tayang dalam waktu dekat.

Bagi Mama yang rindu dengan sinetron ‘Pernikahan Dini’ di era 2000-an, berikut Popmama.com telah menghadirkan sejumlah fakta sinetron jadul ‘Pernikahan Dini.

1. Sinetron ‘Pernikahan Dini’ menyuguhkan konflik yang kontroversial di masyarakat

1. Sinetron ‘Pernikahan Dini’ menyuguhkan konflik kontroversial masyarakat
YouTube.com/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Sinetron ‘Pernikahan Dini’ bercerita tentang suami istri bernama Duta dan Shinta yang memiliki dua orang anak, yaitu Doddy dan Dini. Doddy sudah kuliah, sedangkan Dini masih duduk di bangku SMA. Kesibukan Duta dan Shinta membuat kedua anaknya kurang perhatian.

Awalnya, keluarga kecil Duta baik-baik saja. Tiba-tiba saja semuanya berubah ketika muncul seorang perempuan paruh baya bernama Asniar yang datang dengan tuduhan Doddy telah memperkosa anaknya, Dyah.

Asniar meminta Doddy mempertanggung jawabkan perbuatannya. Mulanya, Duta membela Doddy habis-habisan. Tapi ketika Asniar menyodorkan jaket Doddy sebagai bukti, ia tidak bisa apa-apa.

Dia justru berbalik memarahi anaknya habis-habisan, padahal ia belum tahu kejadian yang sebenarnya. Alhasil, Doddy merasa sakit hati dan memilih untuk pergi dari rumah.

Editors' Picks

2. Permasalahan semakin rumit setelah Dini hamil di luar nikah

2. Permasalahan semakin rumit setelah Dini hamil luar nikah
YouTube.com/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Kepergian Doddy membuat Duta melampiaskan kemarahannya kepada istri dan putri bungsunya. Akibatnya, Dini merasa tertekan dan mulai mencoba hal-hal buruk yang selama ini dia jauhi.

Bahkan, Dini sampai terlibat pertengkaran di sekolah. Dari kejadian tersebut, Duta sadar bahwa Dini membutuhkan perhatian lebih darinya. Ketika nilai ujian kelulusan SMP-nya memuaskan, Duta memberikan hadiah dengan mengizinkan Dini berlibur ke luar kota.

Di momen itulah, Dini bertemu dengan Gunawan, seorang lelaki desa yang menarik perhatiannya. Keduanya menjalin asmara sampai kelewatan batas.

Mereka pun harus mempertanggungjawabkan apa yang sudah dilakukan dengan menikah di usia muda.

3. Sinetron ‘Pernikahan Dini’ dibintangi oleh sederet artis papan atas Indonesia

3. Sinetron ‘Pernikahan Dini’ dibintangi oleh sederet artis papan atas Indonesia
YouTube.com/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Sinetron produksi Prima Entertainment ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas Indonesia, di antara lain ada Agnes Monica sebagai Dini, Sahrul Gunawan sebagai Gunawan, Atalarik Syach sebagai Doddy, Lydia Kandou sebagai Shinta, Rudy Salam sebagai Duta, Meriam Bellina sebagai Sudrajat, dan banyak lagi.

4. Episode pertama tayang pada 16 Juni 2001 dengan perolehan rating cukup tinggi

4. Episode pertama tayang 16 Juni 2001 perolehan rating cukup tinggi
YouTube.com/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Totalnya, sinetron ‘Pernikahan Dini’ mempunyai 78 episode. Episode pertama tayang perdana pada 16 Juni 2001 dengan memperoleh rating sebesar 38,9 persen. Sinetron ini menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia pada jamannya.

Episode terbaru tayang setiap hari Sabtu. Episode penutup alias bagian terakhir disiarkan pada 7 Desember 2002 dengan perolehan rating tidak kalah besar dengan episode-episode sebelumnya, yakni sebesar 29,5 persen. 

5. Meraih penghargaan yang sama selama dua tahun berturut-turut

5. Meraih penghargaan sama selama dua tahun berturut-turut
YouTube.com/RCTI - LAYAR DRAMA INDONESIA

Ternyata sinetron ‘Pernikahan Dini’ sempat meraih penghargaan selama proses penayangannya. Di tahun 2001, sinetron ini berhasil memenangkan tropi penghargaan sebagai Drama Seri Favorit Panasonic Awards.

Kemudian berselang setahun setelahnya, ‘Pernikahan Dini’ kembali meraih penghargaan yang sama.

Nah, jadi itulah sederet fakta sinetron jadul ‘Pernikahan Dini’. Tertarik untuk menonton versi terbaru sinetron ini nggak, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk