hanco

Wajib Dicontoh! Ini 3 Ritual Artika Sari Devi dengan Kedua Anaknya

Melalui curhatan di Instagram, Artika Sari Devi ceritakan ritual khusus yang dilakukan keluarganya

3 Desember 2019

Wajib Dicontoh Ini 3 Ritual Artika Sari Devi Kedua Anaknya
Popmama.com/Michael Andrew

Dalam setiap keluarga, pasti ada kebiasaan yang dilakukan secara turun-temurun dari masa kakek-nenek hingga anak-cucu. Kebiasaan ini bisa beragam, misalnya seperti berkumpul bersama keluarga setiap malam.

Ritual dalam keluarga sebenarnya diciptakan agar bisa memberi makna dan kenangan sendiri bagi keluarga. Di samping itu, ritual dalam keluarga juga bisa membantu mempererat ikatan kekeluargaan.

Anggota keluarga pun jadi lebih memahami satu sama lain, terutama di saat mereka sedang dalam kondisi yang tidak stabil.

Rasa aman dan stabilitas yang diberikan jika rutin menjalankan ritual keluarga merupakan alasan kenapa setiap keluarga perlu memiliki ritual khusus.

Berkaitan dengan ritual atau kebiasaan dalam keluarga, mantan Puteri Indonesia, Artika Sari Devi juga ternyata memberlakukan hal tersebut pada keluarganya, terutama pada kedua putriya, Abbey dan Zoe.

Uniknya lagi, tradisi keluarga yang dijalani oleh Artika ternyata juga telah ia jalani saat dirinya masih kecil. Penasaran seperti apa ritual a la keluarga Artika dan Baim?

Berikut Popmama.com telah merangkum 3 fakta menariknya.

1. Menemani mengerjakan tugas sekolah

1. Menemani mengerjakan tugas sekolah
Popmama.com/Michael Andrew

Tradisi pertama yang ia lakukan bersama kedua anaknya adalah menemani mereka mengerjakan tugas sekolah. Ritual tersebut dulunya sempat ia lakukan bersama sang Mama.

Hal tersebut pun ia ungkapkan melalui keterangan foto di Instagram.

"Mama saya jarang absen menemani kami di jam belajar, begitu juga dengan Papa kami yang sampai di rumah terlihat bersemangat ngobrol dengan kami di jam makan malam," tulisnya pada caption.

Kepedulian yang diberikan oleh orangtuanya dulu kini ia terapkan juga pada kedua anaknya, Abbey dan Zoe.

"Dan tradisi yang keluarga saya lakukan di masa kecil saya sampai sekarang saya terapkan ke anak-anak kami. Selain menemani mengerjakan PR dan bermain sesudahnya," tambahnya lagi.

Tak main-main, diketahui, menemani anak belajar atau mengerjakan tugas sebenarnya memiliki banyak manfaat, antara lain dapat mendekatkan jalinan hati, membantu memecahkan persoalan, serta anak lebih bisa percaya diri dan lebih tenang

Editors' Picks

2. Pillow talk bersama keluarga sebelum tidur

2. Pillow talk bersama keluarga sebelum tidur
Popmama.com/Michael Andrew

Ritual kedua yang juga dilakukan oleh keluarga Artika adalah melakukan pillow talk sebelum tidur. Tak hanya dilakukan dengan kedua putrinya, Artika juga mengaku bahwa dirinya juga melakukan hal yang sama pada sang Suami, Baim. 

"Ngobrol jelang tidur (pillow talk) jadi ritual harian. Dan sudah jadi kesepakatan bersama bahwa ketika sedang bersama, saya dan suami harus menyimpan hp kami. Dari momen ini kami bisa saling tukar cerita, bahkan akhirnya bisa saling terbuka perasaan satu sama lain," tulisnya pada keterangan foto.

Trik yang satu ini juga dapat menjadi contoh bagi pasangan-pasangan lain agar kehidupan berumah tangga dapat lebih intim meski sudah bertahun-tahun, bahkan sudah memiliki anak.

Dalam sebuah jurnal komunikasi tahun 2012, terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa pillow talk memberikan dampak positif di dalam sebuah hubungan.

Kebanyakan pasangan yang mengikuti survei dalam penelitian tersebut menyatakan percakapan intim ini dapat meningkatkan kepercayaan, kepuasan, dan keintiman di antara mereka.

3. Memberikan saran dan pujian terhadap sikap anggota keluarga satu sama lain

3. Memberikan saran pujian terhadap sikap anggota keluarga satu sama lain
Popmama.com/Michael Andrew

Kebiasaan atau ritual terakhir yang dilakukan oleh keluarga Artika adalah dengan menilai sikap satu sama lain. Kegiatan yang satu ini sangat baik dilakukan oleh anggota keluarga agar mereka bisa saling introspeksi diri.

Tak hanya memberikan masukan satu sama lain, keluarga Artika juga terbiasa memberikan pujian ketika salah satu dari mereka telah melakukan hal baik.

"Memberikan pujian atau nasehat di jam jelang tidur buat saya jauh lebih efektif. Anak-anak juga kami minta menilai gimana sikap Mama Papanya belakangan ini terhadap mereka. Intinya dari obrolan ini mereka paham bahwa orangtuanya sangat peduli pada mereka dan paham bahwa keluarga adalah support system utama buat mereka," tutupnya.

Nah, itulah ketiga ritual penting yang biasa dilakukan oleh keluarga Artika Sari Devi.

Semoga dapat menginspirasi banyak keluarga Indonesia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!