Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Yuk Ma, doakan orang-orang terdekat yang sudah meninggal dunia!

3 Juli 2021

Cara Mengirim Doa Orang Sudah Meninggal
Pexels/Faseeh Fawaz

Semasa hidup di dunia, manusia diwajibkan melakukan kebaikan untuk mendapatkan pahala yang akan membantunya di alam kubur. Ketika sudah meninggal, seseorang sudah tidak bisa lagi berbuat kebaikan.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengirim doa kepada orang-orang terdekat yang sudah meninggal. Perlu diingat bahwa doa yang dikirimkan akan memberikan kebaikan dan ketenangan tersendiri. Kemudian, doa juga akan menjadi salah satu cara bagi kita untuk tetap mengingat orang tersebut.

Jika Mama ingin mengetahui cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Menyebut nama seseorang tersebut

1. Menyebut nama seseorang tersebut
Freepik

Setiap doa untuk seseorang yang sudah meninggal, alangkah baiknya menyebutkan nama orang tersebut. Hal ini bermaksud agar kita memperjelas doa yang sedang kita panjatkan untuk siapa.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam Al-Majmu’

“Pendapat pilihan kami adalah sampainya pahala bacaannya, jika seseorang meminta kepada Allah untuk menyampaikan pahalanya.”

Lalu kembali dijelaskan juga oleh Ibnu Sholah, yakni: 

“Dan hendaknya ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia untuk si Fulan.”

Selain menyebutkan nama, perlu juga untuk menyebut nama ayah dengan menggunakan bin atau binti, yang mana bin digunakan untuk laki-laki dan binti untuk perempuan.

2. Mengirim doa untuk Papa

2. Mengirim doa Papa
Pexels/sklei

Ketika masih hidup, Papa rela menghabiskan waktunya demi membahagiakan keluarganya. Namun, ketika sudah tiada mungkin keadaan akan berubah. Kendati demikian bukan berarti kita melupakan segala perjuangannya itu dan berhenti berdoa.

Bahkan sebagai anak, sudah sepatutnya kita mendoakan orangtua yang sudah meninggal. Berikut doa yang bisa digunakan, yakni: 

Khushuushon ilaa ruuhi abii ... (sebut namanya) bin ... (sebut nama papanya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya papaku ... (sebut namanya) putranya ... (sebut nama papanya)Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah." 

Editors' Picks

3. Mengirimkan doa untuk Mama

3. Mengirimkan doa Mama
Pexels/olly

Berbakti kepada Mama sewaktu beliau masih hidup bisa kita lakukan dengan apa saja, mulai dari membantu pekerjaan rumah hingga membelikan hadiah. Akan tetapi, ketika beliau sudah meninggal tidak ada lagi yang bisa kita lakukan untuk berbakti kepada Mama selain mengirimkan doa.

Berikut ini doa yang bisa digunakan dan bisa dibaca setelah sholat atau saat ziarah, yakni: 

Khushuushon ilaa ruuhi ummii ... (sebut namanya) binti ... (sebut nama papanya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya mamaku ... (sebut namanya) putrinya ... (sebut nama papanya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.” 

4. Mengirimkan doa untuk suami

4. Mengirimkan doa suami
Pexels/jack-sparrow

Selama suami masih hidup di dunia, wajib hukumnya istri berbakti kepada suami dalam hal apapun. Begitu juga ketika sudah meninggal istri dianjurkan untuk tetap berbakti kepada suami melalu doa yang dikirimkan untuknya.

Inilah doa yang bisa digunakan, yakni: 

Khushuushon ilaa ruuhi zaujii ... (sebut namanya) bin ... (sebut nama papanya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya ayahku (sebut namanya) ... putranya ... (sebut nama papanya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

5. Mengirim doa untuk istri

5. Mengirim doa istri
Pexels/jasminecarter

Ada kalanya kita tidak menghargai keberadaan istri sewaktu ia masih hidup. Padahal seorang istri memiliki peran penting dalam mengerjakan rumah dan mengurus anak selama suami bekerja.

Ketika sudah tiada, alangkah baiknya tetap mengingat kebaikan istri semasa hidup serta mengirimkan sebuah doa. Inilah doa yang bisa digunakan, yakni: 

Khushuushon ilaa ruuhi zaujatii ... (sebut namanya) binti ... (sebut nama papanya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya istriku ... (sebut namanya) putrinya ... (sebut nama papanya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

6. Mengirim doa untuk anak perempuan

6. Mengirim doa anak perempuan
Pexels/nappy

Kematian bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja, baik ketika masih bayi, remaja, dewasa, maupun sudah tua.

Ketika anak tersayang meninggal, sebagai orangtua tentu ingin selalu bahagia dunia dan akhirat, tetapi yang bisa dilakukan saat ini hanyalah mengirim doa. Berikut doa yang bisa digunakan untuk anak perempuan, yakni: 

Khushuushon ilaa ruuhi ibnati ... (sebut namanya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, lahal faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya putriku ... (sebut namanya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

7. Mengirim doa untuk anak laki-laki

7. Mengirim doa anak laki-laki
Pexels/victoria-borodinova-392079

Anak laki-laki dikenal dengan tingkah lakunya yang tentu bisa membuat suasana rumah penuh kebahagiaan. Namun, ketika ia sudah tiada mungkin keadaan rumah akan terasa berbeda, tidak ada lagi tingkah lakunya yang membuat semua orang tertawa.

Sama halnya dengan anak perempuan, tentu ingin anak laki-laki mama selalu diberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Inilah doa yang bisa digunakan untuk dikirimkan untuk anak laki-laki, yakni: 

Khushuushon ilaa ruuhi ibnii ... (sebut namanya). Allahumaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, lahul faatihah.

Artinya: "Terkhusus untuk ruhnya putraku ... (sebut namanya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah."

Itulah cara-cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal. Orang-orang terkasih yang telah meninggal bisa didoakan kapan saja, sehingga amal ibadahnya diterima Allah SWT.

Semoga informasi terkait cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal ini bisa bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.