10 Panggilan Sayang untuk Pasangan dalam Bahasa Korea

Panggilan sayang yang bisa bikin pasangan semakin jatuh cinta!

24 Juni 2021

10 Panggilan Sayang Pasangan dalam Bahasa Korea
Unsplash/tronle_sg

Industri hiburan Korea Selatan saat ini tengah digandrungi banyak orang, salah satunya yang berhubungan dengan drama Korea. Mungkin bagi sebagian K-Drama lovers sudah tidak asing lagi mendengar berbagai panggilan sayang untuk pasangan dalam bahasa Korea.

Panggilan sayang memang terkadang terdengar aneh ketika diucapkan di tempat umum, tetapi memiliki manfaat dalam menjaga hubungan Mama dan pasangan agar tetap romantis serta harmonis.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa panggilan sayang dalam bahasa Korea.

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Ae-in (애인)

1. Ae-in (애인)
Unsplash/priscilladupreez

Bagi Mama yang sedang mencari panggilan sayang untuk pasangan, 'Ae-in' bisa menjadi salah satu opsinya. Panggilan ini bisa diartikan sebagai 'sweetheart'.

Selain memiliki arti yang romantis, panggilan 'ae-in' juga mudah diucapkan lho, Ma.

2. Yeobo (여보)

2. Yeobo (여보)
Unsplash/hiveboxx

Apakah Mama gemar menonton drama dengan tema pernikahan? Nah, panggilan sayang yang satu ini sering muncul di berbagai drama dan biasanya digunakan bagi para pasangan suami istri.

Mungkin panggilan 'yeobo' bisa digunakan agar hubungan Mama dan pasangan semakin hangat.

3. Jagiya/Chagiya (자기야)

3. Jagiya/Chagiya (자기야)
Unsplash/ijihao

Dalam bahasa Korea, 'jagiya/chagiya' bisa diartikan sebagai ‘beb’ atau ‘honey’ yang sering digunakan oleh pasangan suami istri atau pasangan yang masih dalam tahap bertunangan.

Panggilan yang memiliki arti cukup menggemaskan ini, cocok bagi Mama dan pasangan yang ingin bernostalgia saat masa pacaran.

4. Oppa (오빠)

4. Oppa (오빠)
Pixabay/27707-27707

Bagi Mama pecinta K-Drama, pasti sudah sangat hafal dengan panggilan 'oppa' yang ternyata tidak hanya digunakan di drama saja lho, Ma.

Panggilan sayang satu ini sangat populer untuk pasangan kekasih di Korea. Bahkan dengan semakin banyaknya orang yang gemar menonton drama Korea, semakin banyak juga pasangan dari berbagai negara yang menggunakan panggilan ini.

Editors' Picks

5. Anae (아내)

5. Anae (아내)
Unsplash/lee_hisu

Panggilan 'anae' biasanya digunakan para suami sebagai panggilan sayang untuk istrinya.

Nah, panggilan ini digunakan dalam situasi formal atau bahasa formal bagi pasangan yang baru menikah. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kata ‘anae’ bisa berarti sebagai ‘istriku’ atau ‘sayangku’.

6. Buin (부인)

6. Buin (부인)
Unsplash/cblack09

Panggilan sayang dari suami untuk istri selanjutnya, yakni ‘buin’ yang bermakna sama seperti ‘anae’. Namun, panggilan ini digunakan dalam situasi non-formal.

Panggilan ‘buin’ dan ‘anae’ cukup populer digunakan bagi pasangan suami istri yang baru menikah. 

Akan tetapi, ketika pernikahan sudah berlangsung lama dan memiliki anak, pasangan suami istri di Korea akan cenderung menggunakan kata ‘yeobo’ sebagai panggilan sayang.

7. Nampyeon (남편)

7. Nampyeon (남편)
Unsplash/henrihere

Jika sebelumnya kita membahas panggilan sayang dari suami untuk istrinya, kali ini panggilan untuk sebaliknya.

Kata ‘nampyeon’ merupakan panggilan sayang dari istri untuk suaminya, di mana dalam bahasa Indonesia kata ini bisa diartikan sebagai ‘suamiku’.

8. Baolggul (바울 골)

8. Baolggul (바울 골)
Unsplash/crew

Panggilan sayang lainnya sebagai salah satu pilihan, yakni 'baolggul' yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti ‘sayang’.

Panggilan sayang ini memang tidak begitu populer dibandingkan dengan kata ‘yeobo’ atau ‘jagiya/chagiya’, tetapi cukup banyak pasangan suami istri Korea yang menggunakan panggilan ‘baolggul’.

Mama tertarik untuk mencobanya?

9. Bu-bu (부부)

9. Bu-bu (부부)
Pexels/mentalhealthamerica

Selain kata ‘yeobo’, ‘jagiya/chagiya’ dan ‘baolggul’, kata berikut ini juga sering digunakan oleh para pasangan yang telah menikah, yakni 'Bu-bu'.

Panggilan ini bisa digunakan Mama dan pasangan sebagai panggilan sayang untuk satu sama lain lho. Tujuannya agar beda dari yang lain dan menciptakan kesan romantis. 

10. U-ri Kang-a-ji (우리 강아지)

10. U-ri Kang-a-ji (우리 강아지)
Pexels/budgeron-bach

'U-ri Kang-a-ji' memiliki arti yaitu guguk kecil yang gemas. Mungkin terdengar aneh, tetapi anjing kecil menjadi hewan yang imut dan lucu bagi warga Korea.

Jika dipanggil dengan kata ini oleh pasangan, berarti menandakan bahwa Mama sangat menggemaskan di mata pasangan.

Nah, itulah beberapa panggilan sayang yang bisa Mama dan pasangan gunakan untuk satu sama lain. Kira-kira panggilan sayang mana yang jadi favorit Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.