Kembalikan Kondisi Tubuh Ideal Pasca Melahirkan dengan Renang

Manfaat olahraga renang bagi kesehatan dan keindahan tubuh pasca melahirkan

21 Desember 2020

Kembalikan Kondisi Tubuh Ideal Pasca Melahirkan Renang
Pexels/Yan

Tubuh yang sehat dan ideal adalah impian semua perempuan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa proses kehamilan hingga melahirkan seringkali memberi perubahan pada fisik mama.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan Mama untuk mengembalikan tubuh dalam kondisi bugar dan ideal kembali setelah melahirkan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga renang.  

Selain baik bagi kehamilan, olahraga ringan tanpa alat ini memiliki banyak manfaat untuk mengembalikan tubuh mama. Simak penjelasan lebih lengkap dari Popmama.com berikut ini mengenai manfaat berenang untuk tubuh pasca melahirkan.

1. Mengencangkan otot

1. Mengencangkan otot
Pexels/HeartRules

Setelah melahirkan, otot mama sangat mungkin untuk mengalami pengenduran. Apabila dilakukan dengan benar, berenang akan melatih tubuh bagian atas, tengah, dan bawah sehingga baik untuk perlahan mengencangkan otot tubuh yang kendur.

Apa pun gaya berenangnya, bila dilakukan secara teratur maka otot tubuh mama akan kembali kencang dan terlatih menjadi lebih kuat.

Editors' Picks

2. Melemaskan persendian

2. Melemaskan persendian
Unsplash/HenryRussell

Karena ringan dan hanya menggunakan media air, renang juga dapat melemaskan persendian yang tegang karena menahan bobot tubuh berlebih selama kehamilan.

Persendian yang optimal akan membuat Mama lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Namun pastikan Mama melakukannya secara bertahap ya agar persendian tubuh bisa menyesuaikan.

3. Menurunkan tekanan darah

3. Menurunkan tekanan darah
Pexels/AndreaPiacquadio

Mama yang baru melahirkan sangat rentan mengalami tekanan darah tinggi dengan kebanyakan kasus pra hipertensi, yakni ketika level tekanan darah berada di antara angka 120/80mm hingga 140/90mm.

Menurut penelitian di Amerika Serikat, olahraga renang efektif untuk meningkatkan kinerja pembuluh darah dan menahan laju tekanan darah pada orang dewasa.

4. Menurunkan berat badan

4. Menurunkan berat badan
Freepik

Menurut hasil penelitian Harvard Health Publishing, berenang santai selama setengah jam saja dapat membakar hingga 223 kalori tubuh.

Dalam olahraga renang, semua persendian, tulang, hingga otot tubuh akan aktif bergerak. Hal ini membantu memaksimalkan proses metabolisme. Semakin optimal pelepasan energi, semakin optimal pula pembakaran lemak dalam tubuh.

5. Meningkatkan suasana hati

5. Meningkatkan suasana hati
Unsplash/DrewDau

Selain mudah dilakukan, renang adalah salah satu olahraga yang paling menyenangkan. Peregangan otot dan pengaturan napas yang dilakukan selama berenang akan membantu relaksasi tubuh, menurunkan tingkat stres, dan pada akhirnya meningkatkan suasana hati.    

Itu dia lima manfaat renang untuk tubuh setelah melahirkan. Perlu diingat bahwa Mama direkomendasikan untuk menunggu hingga enam minggu setelah melahirkan sebelum mulai berenang kembali. Apabila ragu, silakan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kepercayaan Mama, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.