Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Istri setelah Melahirkan

6 cara yang dapat dilakukan untuk membuat istri merasa lebih baik setelah melahirkan

2 Januari 2021

Lakukan 5 Hal Ini Membantu Istri setelah Melahirkan
Unsplash/Jonathan Borba

Menjadi ibu adalah pengalaman yang sangat luar biasa bagi perempuan. Meski sudah sembilan bulan mengandung hingga melahirkan, kebanyakan perempuan merasa bahwa dirinya sudah serba bisa dan bertanggung jawab penuh atas bayinya hingga melupakan kondisi fisik dan mentalnya sendiri.

Para suami yang baik, penting untuk sigap bertindak melihat tanda-tanda kelelahan pada istri, terutama setelah proses persalinan yang sangat menguras energi. Hal penting lainnya adalah untuk melakukannya tanpa membuat sang Ibu Baru merasa dipandang lemah dan tak berdaya.  

Berikut Popmama.com beri arahan mengenai apa saja yang bisa dilakukan suami untuk membantu istri setelah melahirkan tanpa membuatnya merasa diremehkan. Yuk, simak informasi di bawah ini!

1. Beri Mama waktu untuk ‘me time’

1. Beri Mama waktu ‘me time’
Freepik/Katemangostar

Wajar bagi ibu baru merasa khawatir untuk meninggalkan si Kecil tanpa pengawasannya. Tapi pikiran yang sehat diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mama.

Ambil alih dalam proses menidurkan hingga menjaga bayi ketika tidur. Pada waktu tersebut, biarkan Mama memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Sesederhana berjalan sore, menonton serial favorit dan membaca buku bagus tanpa gangguan, atau pergi ke salon untuk satu jam saja sudah sangat berarti baginya.

Editors' Picks

2. Manjakan Mama

2. Manjakan Mama
Freepik/Racool_studio

Masih selaras dengan poin sebelumnya, kebanyakan orang memberikan kado untuk bayi setelah persalinan, hingga tak ada yang dapat dinikmati sendiri oleh Mama. Hadiah terbaik yang bisa Papa berikan adalah waktu untuk dirinya sendiri.

Untuk itu, fasilitasi Mama dalam melakukan hal yang membuatnya senang. Papa bisa memberi voucher paket spa & refleksi, perlengkapan berendam dengan aroma favoritnya, atau peralatan karaoke yang bisa digunakan di ruangan khusus di rumah sementara Papa mengambil alih untuk menjaga si Kecil.

3. Siapkan makanannya

3. Siapkan makanannya
Freepik/azerbajian_stockers

Meski terlihat serba bisa dan baik-baik saja, sangat mungkin bagi seorang mama baru untuk merasa kelelahan dan stres. Tidak perlu terlalu heboh menyiapkan makan malam romantis atau piknik di padang rumput, Papa hanya perlu siapkan menu makanan sehat sederhana sesuai jam makan mama tanpa diminta.

Sentuhan kecil ini menunjukkan kepedulian dan perhatian papa pada istri. Sesekali, kejutkan Mama dengan memberi kudapan kesukaan atau makanan dari restoran favoritnya. Pastikan menunya tetap bernutrisi dan aman bagi ibu menyusui, ya!

4. Bantu lakukan pekerjaan rumah tangga

4. Bantu lakukan pekerjaan rumah tangga
Pexels/Rawpixel.com

Karena terlalu lelah menjaga bayi dan melakukan berbagai rutinitas lainnya, Papa mungkin kerap mendapati istri tertidur bersama dengan bayi yang tidur siang. Biarkan Ia beristirahat dan berinisiatiflah untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga yang biasanya ia lakukan.

Percayalah, Mama akan sangat berterima kasih dan tersanjung akan kepedulian papa. Pastikan Papa melakukan pekerjaan rumah dengan baik ya, sehingga Mama tidak perlu repot membereskan pekerjaan papa lagi.

5. Jadilah pendengar aktif

5. Jadilah pendengar aktif
Freepik

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh mama baru adalah percakapan bermutu dan seseorang untuk dicurhati setelah seharian penuh mengurus bayi. Inilah waktunya Papa hadir dan menjadi pendengar aktif bagi Mama.

Tahan diri untuk tidak sibuk menceritakan diri atau hari papa, ingat bahwa momen itu adalah milik Mama. Tidak perlu memberi nasihat, Papa hanya perlu mendengarkan dan menunjukkan bahwa Papa betul-betul mendengarkan. Ini akan terasa seperti terapi yang menenangkan bagi Mama.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan suami untuk membantu istri setelah melahirkan.

Hal terpenting bagi seorang ibu baru adalah rasa aman bahwa ada orang lain yang dapat ia andalkan, baik untuk meringankan stres dan kekhawatirannya atau betul-betul dapat membantunya melalui masa sulit. Apabila istri menunjukkan gejala depresi pasca melahirkan, segera bantu ia mendapat pertolongan ahli!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.