Benarkah Rumput Fatimah Baik Dikonsumsi Jelang Persalinan?

Tetap berhati-hati saat ingin mengonsumsi rumput fatimah ini ya, Ma

28 Februari 2019

Benarkah Rumput Fatimah Baik Dikonsumsi Jelang Persalinan
Pexels/Isaac Taylor

Ada beberapa jenis ramuan tradisional yang dipercaya bisa membantu melancarkan proses persalinan Mama. Salah satunya yang populer adalah rumput fatimah.

Sejak lama jamu ini diyakini baik dikonsumsi ibu hamil, terutama jelang persalinan, untuk membantu merangsang agar bayi cepat keluar. Ibu hamil yang minum air rendaman rumput fatimah jelang persalinan diyakini bisa mempercepat proses itu sendiri.

Namun benarkah teori ini atau justru sebaliknya? Berikut Popmama.com sudah rangkum informasi tentang rumput fatimah untuk Mama:

1. Apa itu rumput fatimah?

1. Apa itu rumput fatimah
Pexels/Fotografierende

Sudah dikenal secara turun-temurun, rumput fatimah atau dalam bahasa Latin disebut sebagai Labisia pumila ini disebut-sebut bisa membantu mempercepat proses persalinan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Malaysia, ditemukan bahwa rumput fatimah mengandung bahan serupa oksitosin. Ini merupakan hormon yang banyak digunakan dalam obat-obatan induksi persalinan.

Fungsinya adalah untuk memicu atau mempercepat laju kontraksi rahim. Inilah alasan mengapa rumput fatimah diyakini bisa mempercepat persalinan, Ma.

Diklaim proses pembukaan bisa terjadi lebih cepat, sehingga Mama tidak perlu menunggu waktu lama sampai bayi bisa dilahirkan.

Bentuk rumput fatimah seperti tanaman kering berwarna hijau kecokelatan, Ma. Ada yang dijual dalam kemasan ekstrak jamu, ada pula yang dijual seperti bentuk aslinya.

Meski diklaim memberikan manfaat, khususnya bagi ibu hamil jelang persalinan, namun hal ini belum bisa dibuktikan oleh ilmiah dan medis. Oleh sebab itu, sampai saat ini pun konsumsi dari rumput fatimah belum diyakini 100 persen aman untuk ibu hamil.

2. Manfaat rumput fatimah untuk ibu hamil

2. Manfaat rumput fatimah ibu hamil
Pexels/Daniel Reche

Seperti disebutkan sebelumnya, rumput fatimah diklaim memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Yang paling populer, rumput fatimah diyakini bisa mempercepat kontraksi dan membantu mempercepat proses persalinan.

Cara kerjanya mirip seperti obat induksi dari dokter, yakni merangsang kerja kontraksi rahim. Efeknya pembukaan pun berjalan lebih cepat.

Tak hanya menjelang persalinan, rumput fatimah juga diyakini baik dikonsumsi setelah proses persalinan usai, Ma. Rasa lelah dan nyeri setelah persalinan bisa diredakan dengan mengonsumsi air rendaman rumput fatimah.

Selain itu, rumput fatimah juga diyakini bisa membantu mengatur siklus haid Mama menjadi lebih teratur setiap bulannya. PMS atau pre-menstrual syndrome yang sering terjadi pun bisa diminimalkan.

Jika dikonsumsi tidak dalam kondisi hamil, air rendaman rumput fatimah diklaim juga mampu membersihkan dan menjaga kesehatan area organ intim Mama.

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Cara menggunakan rumput fatimah

3. Cara menggunakan rumput fatimah
Pexels/Nikolay Osmachko

Dalam ekstrak jamu rumput fatimah, biasanya tanaman ini akan diracik menggunakan rebusan kombinasi rempah-rempah dan berbagai variasi resep dari turun-temurun. Sayangnya, kombinasi seperti ini seringkali tidak memiliki dosis dan indikasi yang jelas.

Untuk penggunaan rumput fatimah, cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan merendamnya di dalam air hangat dan diamkan selama beberapa saat. Konsumsi air rendaman ini biasanya dilakukan benar-benar saat persalinan sudah dekat, jika perlu saat pembukaan mulai terjadi, Ma.

Apabila diminum terlalu awal, dikhawatirkan akan terjadi kontraksi dini yang berisiko menimbulkan pendarahan.

Yang perlu diingat, konsumsi air rendaman ini hanya dilakukan jika ingin melakukan persalinan normal. Apabila sudah jelas Mama akan menjalani operasi caesar, konsumsi air rendaman rumput fatimah sebaiknya tidak dilakukan.

4. Bahaya konsumsi rumput fatimah

4. Bahaya konsumsi rumput fatimah
Pexels/Vidal Balielo Jr

Selain manfaat, ada pula bahaya-bahaya yang bisa ditimbulkan dari konsumsi rumput fatimah pada ibu hamil. Terutama jika diminum sembarangan tanpa dosis dan juga jika diminum berlebihan.

Sampai saat ini, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa rumput fatimah memiliki manfaat positif. Belum diketahui secara pasti apa kandungan di dalam dan berapa banyak dosis yang aman digunakan, membuat risiko berbahaya pun bisa muncul.

Beberapa di antaranya seperti kontraksi berlebihan, nyeri tak tertahankan, rahim robek atau bahkan pendarahan.

Tidak adanya aturan jelas dan belum ada penelitian medis tentang rumput fatimah ini pun membuat cara minum setiap orang berbeda-beda. Hal ini kemudian membuat efek samping yang dirasakan pun beranekaragam.

Jika memang alasan konsumsi rumput fatimah dilakukan adalah karena kontraksi yang tak kunjung bertambah, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat induksi.

Berbeda dengan rumput fatimah yang belum ada patokan dosisnya, obat induksi dari dokter sudah memiliki dosis dan indikasi jelas, sehingga bisa lebih terukur pemberiannya, Ma. Hindari konsumsi rumput fatimah sembarangan tanpa konsultasi dengan dokter, ya.

5. Cara aman pengganti rumput fatimah untuk hadapi persalinan

5. Cara aman pengganti rumput fatimah hadapi persalinan
Pexels/Noelle Otto

Sudah waktunya persalinan tapi kontraksi tak kunjung muncul atau bertambah? Jangan langsung buru-buru minum air rendaman rumput fatimah tanpa dosis yang akurat, Ma. Risikonya justru bisa membahayakan nyawa Mama dan juga si Kecil.

Pada dasarnya, tidak ada minuman atau makanan khusus yang benar-benar bisa mempercepat persalinan. Kelancaran dan lamanya waktu persalinan bergantung pada beberapa faktor, seperti kekuatan kontraksi Mama, besar panggul dan besar bayi.

Bukan dengan rumput fatimah, cara yang sudah terbukti aman untuk ‘memancing’ kontraksi persalinan adalah dengan obat induksi dari dokter. Selain lebih terukur, cara ini juga bisa meminimalkan risiko komplikasi.

Cara aman lainnya adalah dengan rutin berjalan kaki setidaknya 15-30 menit setiap harinya. Latihan ringan ini adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menginduksi persalinan.

Gerakan lembut dan teratur di pinggul yang terjadi saat Mama berjalan tak cuma dapat membuat janin tertidur, tapi juga membantu membenarkan posisi janin.

Nah, pikir-pikir lagi ya Ma sebelum memutuskan untuk mengonsumsi air rendaman rumput fatimah. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter, terutama jika saat ini sudah waktunya perkiraan persalinan Mama.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!