Tips Mengatasi Body Shaming Pasca Melahirkan ala Mama Seleb

Mulai dari Audy hingga Marissa Nasution, mereka tak tinggal diam dijadikan ‘korban’ body shaming

16 Juli 2018

Tips Mengatasi Body Shaming Pasca Melahirkan ala Mama Seleb
Instagram.com/audyitem

Tak semua Mama bisa cepat kembali langsing setelah melahirkan. Sebagian harus berjuang lebih ekstra untuk bisa menurunkan bobot dan mengembalikan bentuk tubuh menjadi seperti sebelumnya. Sayangnya, mereka justru kerap menjadi ‘korban’ kritis orang lain.

Kebiasaan ini dikenal juga sebagai body shaming.

Body shaming akhir-akhir ini banyak dialami oleh para selebriti pasca melahirkan. Sebut saja seperti Putri Titian, Celine Evangelista dan Nagita Slavina. Selain itu, mereka yang baru saja melahirkan seperti Marissa Nasution dan Audy juga tak luput dari target komentar.

Meski demikian, mereka tak tinggal diam dan memilih untuk bersuara melawan body shaming. Komentar-komentar pedas dari para netizen pun seringkali dibalas dengan cara unik oleh para seleb ini. Berikut rangkuman informasinya, Ma:

1. Audy

1. Audy
Instagram.com/audyitem

Pasca melahirkan putri keduanya yang diberi nama Aneska Layla Putri Uwais, penyanyi Audy sering menjadi korban body shaming di media sosial. Setiap kali dirinya mengunggah foto di akun Instagramnya, @audyitem, selalu ada saja komentar dan nyinyiran yang membahas bentuk tubuh Audy.

Menanggapi berbagai komentar ini, Audy selalu bersikap cuek dan tenang. Ia sama sekali tidak mau mempermasalahkan hal tersebut.

Dirinya juga mengaku sedang sibuk mengurus keluarga kecilnya sehingga tak ada waktu memikirkan komentar orang lain. Ibu dari dua anak ini ikhlas menerima kenyataan bahwa kondisi tubuhnya memang tidak sama lagi seperti dulu sebelum hamil.

Beruntung, Audy mendapat dukungan dan pembelaan dari sang suami, Iko Uwais.

Aktor ini mengungkapkan bahwa dirinya akan selalu membela istrinya. Baginya, kesetiaan adalah nomor satu. Iko bahkan mendoakan supaya orang-orang yang mengejek istrinya kelak tidak akan gemuk dan tetap setia. Salut!

Editors' Picks

2. Putri Titian

2. Putri Titian
Instagram.com/putrititian

Putri termasuk salah satu Mama yang sering dibully karena bentuk tubuhnya yang tampak lebih berisi pasca melahirkan anak pertamanya, Theodore Iori Liem, pada Maret 2017 silam. Istri dari Junior Liem ini awalnya mencoba untuk tidak menanggapi berbagai komentar miring tentang tubuhnya.

Namun lama-kelamaan ia sering membalas komentar tersebut dengan kalimat-kalimat lucu dan menghibur, Ma.

Seperti pada foto yang ia unggah di akun Instagramnya, @putrititian, ada saja yang mengomentari bentuk lengan dan memintanya untuk berdiet agar kurus.

Putri pun lantas menjawab bahwa entah apakah dirinya akan berdiet atau tidak, itu sama sekali bukan urusan dari orang-orang lain di luar sana. Putri ingin menunjukkan bahwa dirinya tidak terganggu dengan perubahan bentuk tubuhnya. Bersikap tegas namun tetap santai pun menjadi pilihannya.

3. Nagita Slavina

3. Nagita Slavina
Instagram.com/raffinagita1717

Mama yang satu ini juga tak luput dari perhatian dan komentar orang tentang bentuk tubuhnya, Ma. Di media sosial, Nagita atau yang akrab disapa Gigi ini juga sering mendapatkan kritik tentang ukuran tubuhnya.

Menanggapi hal ini, Gigi mengaku tidak peduli karena mencoba untuk tetap profesional.

Baca Juga: 7 Rutinitas Pagi Keluarga Kecil Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Baca Juga: Foto-Foto Rafathar yang Mirip Banget Sama Mama Nagita Slavina Kecil

4. Marissa Nasution

4. Marissa Nasution
Instagram.com/marissaln

Marissa baru saja melahirkan anak pertamanya, Alaia Moana, pada Mei 2018 silam. Di tengah rasa bahagianya, ada saja orang yang berkomentar tentang perubahan bentuk tubuhnya. Dalam salah satu foto yang diunggah di akun Instagram miliknya, @marissaln, tak sedikit orang berkomentar tentang perut Marissa yang masih terlihat gemuk pasca melahirkan.

Sama seperti Gigi, Marissa juga enggan menanggapi berlebihan segala komentar negatif yang datang padanya melalui media sosial. Ia memilih untuk fokus merawat buah hatinya daripada larut memikirkan komentar tentang fisiknya.

Menurut Marissa, selama suami dan keluarganya tidak mempermasalahkan kondisi fisiknya, maka dirinya juga tidak akan terlalu mempedulikan omongan negatif apalagi yang berkaitan dengan body shaming.

Baca Juga: Trauma Melahirkan di Rumah Sakit, Marissa Pilih Melahirkan Sendirian

5. Celine Evangelista

5. Celine Evangelista
Instagram.com/celine_evangelista

Istri dari aktor Stefan William ini dikenal memiliki tubuh langsing sebelum hamil. Namun setelah melahirkan buah hatinya pada akhir tahun 2017, tubuhnya memang tak langsung kembali seperti sebelumnya. Celine maupun Stefan pun tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Mereka lebih memilih untuk menikmati waktu mengurus Si Kecil, Lucio Otthild William.

Kendati demikian, komentar negatif justru berdatangan dari orang lain. Tak sedikit yang berkomentar tentang bentuk tubuh Celine. Sempat berkeinginan untuk langsung diet, ia justru tidak mendapat restu dari sang suami.

Celine mengaku sempat terlalu memikirkan omongan negatif dari orang-orang, namun Stefan menegaskan tidak ingin istrinya cepat-cepat kurus. Sejak saat itu, Celine pun jadi jauh lebih percaya diri dan tak lagi menanggapi omongan negatif terkait body shaming.

Nah, sebaiknya tak perlu lagi terlalu memikirkan kritik negatif tentang tubuh pasca melahirkan ya. Setiap Mama istimewa dengan bentuk tubuhnya masing-masing, kok. Mulai sekarang Mama harus bisa lebih percaya diri. Semangat, Ma!

Baca Juga: Begini Tips dari Acha Sinaga Dalam Menghadapi Body Shaming

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk