TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Melancarkan Peredaran Darah untuk Ibu Menyusui

Memakan makanan bernutrisi dapat membantu melancarkan peredaran darah, lho!

16 Februari 2022

5 Cara Melancarkan Peredaran Darah Ibu Menyusui
Freepik/benzoix

Bahwa sistem sirkulasi tubuh bertanggung jawab untuk mengirimkan darah, oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Namun sayangnya saat aliran darah ke bagian tertentu dari tubuh berkurang, Mama mungkin mengalami gejala sirkulasi yang buruk. 

Selain itu, penumpukan plak atau penyempitan pembuluh darah dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk. Biasanya kondisi tersebut sering terjadi di bagian tubuh seperti kaki dan lengan.

Agar tidak terulang lagi, berikut Popmama.com berikan 5 cara bijak meningkatkan kualitas sirkulasi darah untuk ibu menyusui. Yuk, segera lihat ulasannya!

1. Memakan makanan sehat seperti buah delima

1. Memakan makanan sehat seperti buah delima
Freepik/Racool_studio

Selama masa menyusui, sebaiknya hindari mengalami sirkulasi darah yang buruk. Agar tidak mengganggu sistem peredaran darah Mama yang kompleks, cobalah memakan makanan bernutrisi.

Bahwa perubahan gaya hidup seperti makan makanan sehat, ini membantu meningkatkan sirkulasi yang sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah delima. Manfaatnya sendiri bisa memperlebar pembuluh darah atau vena.

Dilansir dari Healthline, delima adalah buah manis dan berair yang sangat tinggi antioksidan polifenol dan nitrat. Ini merupakan vasodilator kuat yang dapat meningkatkan aliran darah dan oksigenasi jaringan otot.

Editors' Picks

2. Mengelola stres dengan bermeditasi

2. Mengelola stres bermeditasi
Freepik/pressfoto

Ma, stres bisa mempengaruhi menyusui. Terutama menurunkan suplai ASI dan menyebabkan perubahan yang mendorong penumpukan deposit plak di arteri. 

Agar tidak mengalami stres jangka panjang yang bisa terjadi pembekuan darah, maka cobalah melakukan meditasi untuk mengurangi tingkat stres.

Dikutip dari Mayoclinic, saat kamu bermeditasi maka dapat menyingkirkan informasi berlebihan yang menumpuk setiap hari dan berkontribusi pada stres. Manfaat emosional dari meditasi juga memperoleh perspektif baru tentang situasi stres dan membangun keterampilan mengelola stres.

3. Menikmati mandi air hangat atau melakukan sauna

3. Menikmati mandi air hangat atau melakukan sauna
Freepik/senivpetro

Ternyata mandi dengan air hangat dapat melancarkan sirkulasi dan fungsi pembuluh darah lho, Ma. Bahkan  mengurangi tekanan darah dan pengerasan pembuluh darah. 

Bahwa mandi air hangat juga memberikan kualitas tidur yang lebih baik pada ibu menyusui. Ini karena pembuluh darah melebar dan suhu inti tubuh Mama meningkat saat duduk di pemandian air panas atau sauna.

Dirilis dari Townandcountrymag, menikmati mandi air panas yang panjang sebenarnya memiliki manfaat obat.

4. Mencegah obesitas dengan menjaga berat badan ideal

4. Mencegah obesitas menjaga berat badan ideal
Freepik

Ternyata, memiliki obesitas dapat menempatkan ibu menyusui pada risiko masalah medis. Salah satunya adalah memperlambat aliran darah Mama.

Agar tidak menyebabkan penurunan sirkulasi darah dan memicu penumpukkan plak, maka Mama perlu menjaga berat badan yang ideal. Namun untuk menurunkan berat badan yang aman saat menyusui, penting mengikuti rekomendasi dokter.

Mary Jane Detroyer, MS, RD, CDN, ahli gizi yang berbasis di New York City, ahli diet terdaftar dan pelatih pribadi menjelaskan kepada Thebump bahwa cara tercepat menurunkan berat badan saat menyusui perhatikan kualitas makanan yang dimakan. Tambahkan satu atau dua ons protein ekstra saat makan, secangkir pati dan seperempat cangkir sayuran.

5. Melakukan olahraga seperti yoga

5. Melakukan olahraga seperti yoga
Freepik/user18526052

Ma, sirkulasi yang buruk dapat disebabkan oleh beberapa hal. Biasanya kondisi tersebut bisa menyebabkan Mama alami mati rasa di bagian tangan atau kaki, pembengkakan dan kram otot.

Nah, olahraga seperti yoga dapat membantu. Yoga membuat darah Mama lebih mengalir, membantu sirkulasi dan membawa lebih banyak oksigen ke sel. Termasuk membalikkan aliran darah dari tubuh bagian bawah ke otak dan jantung.

Diwartakan dari Mindbodygreen, meningkatkan aliran darah dapat membantu kamu merasa berenergi dan meningkatkan kinerja fisik maupun mental. Ada banyak pose yoga menjadi alat yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan sirkulasi.

Ma, itulah kelima cara bijak melancarkan peredaran darah. Mama akan melakukannya yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk