5 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Pasca Persalinan Caesar

Tomat akan memberikan nutrisi yang baik untuk Mama, lho!

21 Januari 2022

5 Manfaat Tomat Kesehatan Pasca Persalinan Caesar
Freepik/Racool_studio

Kondisi pasca melahirkan secara caesar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih. Mama bisa melakukan diet dengan pola makan yang sehat sebagai bagian penting dari pemulihan.

Salah satunya bisa mengonsumsi tomat. Bahwa tomat akan memberikan nutrisi yang baik dan membantu mendorong peroses penyembuhan tubuh, terutama setelah melalui operasi caesar.

Lebih dari itu, tomat memiliki 5 manfaat kesehatan pada perempuan pasca persalinan caesar. Berikut Popmama.com sajikan informasinya:

1. Tomat makanan yang ideal untuk diabetes

1. Tomat makanan ideal diabetes
Freepik/jcomp

Beberapa perempuan dengan diabetes gestasional, kondisi ini bisa hilang segera setelah melahirkan. Namun apabila Mama ingin mencegah diabetes pasca persalinan caesar, cobalah mengonsumsi tomat.

Dengan memakan tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bawha tomat segar dan utuh memiliki skor indeks glikemik (GI) yang rendah. Artinya, tomat berpotensi melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah.

Diwartakan dari Ndtv, seseorang harus memprioritaskan makanan yang kaya serat dan rendah indeks glikemik (GI). Salah satu buah yang dikatakan sebagai pilihan ideal bagi penderita diabetes adalah tomat. 

Editors' Picks

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
Freepik

Mama harus memperhatikan pola makan dan ekstra hati-hati setelah melalui proses operasi caesar. Salah satunya menghindari makanan yang menyebabkan peradangan. Terutama yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung.

Sedangkan memakan tomat dapat mengurangi kondisi tersebut. Ini karena kandungan lycopene dan flavonoid pada tomat berpotensi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah. 

Dilansir dari Everydayhealth, tomat merupakan sumber makanan yang sangat bergizi kaya akan anti oksidan. Termasuk vitamin A, C, asam folat dan beta-karoten. Dalam diet rata-rata, tomat menyumbang lebih dari dua pertiga konsumsi likopen.

3. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat

3. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat
Freepik/cookie_studio

Sembelit adalah salah satu masalah utama yang dihadapi perempuan setelah melalui proses persalinan caesar. Inilah alasan penting mengapa Mama harus memakan tomat.

Dengan memasukkan tomat ke dalam menu harian Mama, maka sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan berkontribusi terhadap pencegahan konstipasi maupun sembelit.

Dikutip dari m.timesofindia, makan tomat setiap hari dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat karena mencegah sembelit dan diare. Bahkan juga secara efektif menghilangkan racun dari tubuh.

4. Sebagai penguat sistem kekebalan tubuh

4. Sebagai penguat sistem kekebalan tubuh
Freepik/azerbaijan_stockers

Persalinan melalui operasi caesar, ini tentu membutuhkan waktu untuk masa pemulihan. Agar sistem imunitas Mama tidak mengalami penurunan, maka cobalah memakan tomat yang kaya vitamin C dan E.

Artinya, tomat bisa sebagai penguat kekebalan. Ini karena tomat mengemas antioksidan dosis tinggi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang membahayakan sistem kekebalan.

Diinformasikan dari Eatthis, tomat adalah sumber mengejutkan dari nutrisi penambah kekebalan dengan 25 miligram per cangkirnya. Tomat juga kaya akan vitamin A dan likopen yang berupa antioksidan guna mengurangi peradangan.

5. Mengendalikan suasana hati Mama

5. Mengendalikan suasana hati Mama
Freepik/benzoix

Setelah operasi caesar, sebaiknya aktivitas fisik dibatasi untuk jangka waktu yang signifikan. Ini guna mencegah dari kelelahan dan depresi.

Selain itu, memakan tomat bisa sebagai langkah proses percepatan masa pemulihan dan mengendalikan suasana hati perempuan pasca persalinan caesar.

Dirilis dari News18, makan tomat beberapa kali seminggu dapat mengurangi kemungkinan kamu menderita depresi hingga setengahnya. Bahwa memakan tomat 2-6 kali seminggu 46 persen lebih kecil kemungkinannya menderita blues.

Itulah 5 manfaat tomat untuk kesehatan perempua pasca persalinan caesar. Apakah Mama akan mulai mengonsumsi tomat?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk