5 Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Menyusui

Yuk, mulailah perbanyak minum air putih!

26 Januari 2022

5 Gaya Hidup Sehat Ibu Menyusui
Freepik/benzoix

Bahwa pola hidup sehat melibatkan pilihan yang lebih baik bukan?

Pada perempuan yang baru saja melalui proses melahirkan, maka dirinya perlu mengarah pada gaya hidup yang lebih sehat. Ini guna membantunya mengurangi risiko penyakit atau komplikasi pasca persalinan.

Terutama bagi ibu menyusui, maka langkah tersebut juga sebagai perawatan diri dan mengembalikan tubuh ke keadaan seimbang. Oleh sebab itu, ketahuilah 5 tindakan gaya hidup sehat untuk ibu menyusui. Berikut Popmama.com berikan rangkumannya:

1. Pertimbangkanlah untuk makan satu sayur atau buah setiap hari

1. Pertimbangkanlah makan satu sayur atau buah setiap hari
Freepik

Bahwa mengonsumsi lebih banyak makanan yang digoreng dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke. Denhan demikian, Mama perlu menerapkan tindakan gaya hidup sehat selama masa menyusui.

Dikutip dari Medicalnewstoday, orang yang menyusui secara eksklusif harus berusaha untuk makan 3 cangkir sayuran sehari. Sayuran kaya akan vitamin dan antioksidan. Mengonsumsi dengan jumlah yang cukup akan membantu tubuh mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat ASI.

Nah, salah satunya adalah bijak dalam memilih makanan. Pertimbangkanlah untuk makan satu sayur atau buah setiap kali makan. Selain itu, mulai mengganti satu biji-bijian olahan setiap hari dengan biji-bijian utuh.

Editors' Picks

2. Mendapatkan asupan cukup air selama masa menyusui

2. Mendapatkan asupan cukup air selama masa menyusui
Freepik

Perbanyak minum air putih adalah cara tubuh memastikan bahwa Mama mendapatkan cukup air untuk memproduksi ASI. Sedangkan sebagai ibu menyusui, maka sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Dilansir dari Verywellfamily, saat menyusui harus menghidrasi si kecil dan diri sendiri. Ini karena ASI mengandung sekitar 90% air. 

Selama menyusui, Mama membutuhkan sekitar 16 gelas air per hari. Salah satu cara untuk membantu mendapatkan cairan yang dibutuhkan adalah minum segelas air setiap kali menyusui bayi.

3. Membuat pilihan positif saat mengalami stres

3. Membuat pilihan positif saat mengalami stres
Freepik

Stres memang selalu hadir pada kehidupan sehari-hari dari berbagai macam situasi. Meski itu tidak dapat dicegah, namun bagi ibu menyusui adalah suatu keharusan dalam membuat pilihan positif.

Cobalah bertindak untuk meningkatkan rasa harga diri, kebahagiaan dan kesejahteraan selama masa menyusui. Saat Mama mulai mengalami perubahan suasana hati, maka mulailah memprioritaskan perawatan diri.

Salah satunya melakukan meditasi pernapasan dalam, menghabiskan waktu di alam yang dapat membantu menurunkan stres. Atau bisa juga berbicara dengan teman.

4. Berolahraga di bawah sinar matahari pagi

4. Berolahraga bawah sinar matahari pagi
Freepik/user18526052

Secara fisik, melakukan olahraga secara rutin dapat menjadi pilihan gaya hidup sehat selama masa menyusui.

Dengan berolahraga di bawah sinar matahari pagi, ini akan mengalami perubahan dalam tingkat energi harian Mama. Termasuk membangun kekuatan fisik dan meningkatkan kesehatan mental Mama.

Diwartakan dari Healthline, pikirkan olahraga pada hal aktivitas fisik atau sekadar menggerakkan tubuh. Kamu dapat berjalan kaki, bersepeda atau mencoba kelas olahraga online. Terus lakukan ini sampai kamu mencapai setidaknya 30 menit sehari hampir setiap hari dalam seminggu.

5. Memiliki jadwal yang normal untuk berstirahat

5. Memiliki jadwal normal berstirahat
Freepik/drobotdean

Selama masa menyusui, Mama merasa kurang tidur?

Padahal tetap terjaga selama berjam-jam lebih lama di malam hari dari biasanya, ini membuat siapa pun berisiko mengalami berbagai masalah fisik dan emosional. Oleh karena itu, memiliki istirahat yang cukup adalah bagian dari gaya hidup sehat dan membantu mendukung pasokan ASI.

Dirilis dari Mottchildren, kamu mungkin tidak akan memiliki jadwal normal saat pertama kali mulai menyusui. Tetapi kamu dapat tidur siang dan menemukan waktu untuk beristirahat dalam waktu singkat sepanjang hari. Saat menyusui, cobalah merencanakan rutinitas yang mencakup istirahat.

Nah, demikianlah 5 tindakan gaya hidup sehat untuk ibu menyusui. Yuk, rasakan manfaatnya ketika Mama menerapkannya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk