5 Bentuk Dukungan Yang Didambakan Para Mama Pasca Melahirkan

Berpengaruh sama kondisi si Kecil lho Ma

9 Juni 2020

5 Bentuk Dukungan Didambakan Para Mama Pasca Melahirkan
Shutterstock/Liudmila Fadzeyeva

Momen hamil dan melahirkan kerap menjadi momen yang dinanti sekaligus tak terlupakan bagi semua Mama. Pertaruhan nyawa demi melahirkan si Kecil pastinya akan Mama ingat selalu. Oleh sebab itu, ada baiknya Mama memberi tahu Papa bentuk dukungan yang dibutuhkan Mama di masa awal sebagai orang tua baru lewat tips berikut ini: 

1. Ajak Papa berbagi tugas mengurus rumah

1. Ajak Papa berbagi tugas mengurus rumah
Shutterstock/Elnur

Dengan kondisi setelah melahirkan, banyak aktivitas yang tidak bisa Mama lakukan untuk sementara waktu. Nah untuk itu, Mama pasti membutuhkan dukungan Papa dalam hal mengurus rumah. Nggak ada salahnya, Mama mengajak Papa untuk membantu membereskan dan membersihkan rumah. Komunikasikan dengan Papa secara baik-baik. Papa pasti bakal paham kok dengan kondisi Mama saat ini. 

Editors' Picks

2. Ajak Papa untuk bergantian mengurus si Kecil bersama

2. Ajak Papa bergantian mengurus si Kecil bersama
Shutterstock/olgashev4enko

Hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga, sudah pasti disepakati sejak awal antara Mama dan Papa. Untuk mengurusnya juga dibutuhkan kerja sama nih. Meski si Kecil pasti lebih dekat dengan Mama karena membutuhkan ASI. Peran Papa juga dibutuhkan lho, ketika Mama sudah mulai lelah, Mama bisa meminta bantuan Papa untuk mengurus si Kecil secara bergantian ya.

3. Mama juga perlu ingat asupan nutrisi untuk Mama dan si Kecil

3. Mama juga perlu ingat asupan nutrisi Mama si Kecil
Shutterstock/Hananeko_Studio

Setelah melahirkan, kondisi Mama pasti membutuhkan banyak nutrisi ya. Apalagi Mama juga harus menyusui si Kecil, butuh banyak nutrisi pendukung ya. Mama bisa mengonsumsi sayuran, oatmeal, buah-buahan, kacang-kacangan dan minum banyak air putih agar ASI Mama tetap lancar untuk si Kecil ya Ma. 

Selain itu, Mama juga bisa penuhi kebutuhan nutrisi saat menyusui dengan susu Lactamil. Sebab Lactamil mengandung Dual Nutrition untuk Mama dan si Kecil, yaitu Nutrisi Makro (Protein, Karbohidrat, Lemak) dan Nutrisi Mikro (13 Vitamin & 7 Mineral). 2 gelas susu Lactamil setiap hari akan memberikan dual benefit bagi mama dan si kecil yaitu meningkatkan kualitas ASI, mendukung kemampuan berpikir si Kecil dan ketahanan tubuh.

Lengkap banget ya Ma kandungan nutrisinya. Oh iya Ma, selain kandungan nutrisi makro & mikro nutrien yang optimal, Lactamil juga memiliki rangkaian susu mulai dari perencanaan kehamilan dan semasa kehamilan dengan berbagai varian rasa. Untuk info lengkapnya, klik di sini ya Ma. 

4. Kehadiran dan Bantuan Papa dapat membantu Mama terhindar dari baby blues

4. Kehadiran Bantuan Papa dapat membantu Mama terhindar dari baby blues
Shutterstock/ Elnur

Kondisi Mama pasca melahirkan memang berbeda-beda ya Ma. Untuk beberapa Mama, ada yang mengalami kondisi baby blues, dimana Mama merasa kaget dengan perubahan yang terjadi pasca melahirkan. Gejala yang Mama rasakan yaitu merasa lelah, sedih, marah khawatir, hilang nafsu makan dan lain-lain. Tapi, hal ini bisa dihindari atau dihadapi dengan dukungan orang terdekat yaitu Papa. Selalu ceritakan kondisi dan perasaan yang Mama alami ya, agar Mama tidak merasa memiliki beban itu sendiri.

5. Mama butuh banyak hiburan dari Papa

5. Mama butuh banyak hiburan dari Papa
Shutterstock/VGstockstudio

Dengan kesibukan Mama setelah melahirkan, banyak hal yang tidak bisa Mama lakukan seperti biasanya. Bahkan untuk mengurus diri sendiri, tapi dengan kondisi tersebut Mama rentan stress. Untuk itu, mintalah Papa untuk menghibur, bisa dengan minta pijatan, pujian atau apapun yang bisa membuat Mama senang. Dijamin deh, rasa lelah Mama bisa sedikit terobati.

Nah Ma, selalu ingat ya dukungan dari orang terdekat itu sangat penting dan bisa berpengaruh dengan kondisi si Kecil. Semangat Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.