Akibat Terlilit Tali Pusar, Istri Irfan Hakim Jalani Persalinan Caesar

Anak kelima Irfan Hakim terlilit tali pusar sampai 3 kali

26 Mei 2019

Akibat Terlilit Tali Pusar, Istri Irfan Hakim Jalani Persalinan Caesar
Instagram.com/irfanhakim75

Berkah di Ramadan tahun ini untuk pasangan Irfan Hakim dan Della Sabrina Indah Putri karena telah dikaruniai anak kelima tepat pada hari Sabtu (25/5/2019). 

Ketegangan serta cerita bahagia atas kelahiran anak laki-lakinya ini sempat diabadikan oleh Irfan dalam sebuah video di channel YouTube pribadinya bernama deHakims. Video berdurasi 34 menit ini menceritakan awal-awal pembukaan hingga bertemu langsung dengan putranya. 

Di awal video, kabar Della yang sudah mengalami pembukaan ketiga membuat Irfan Hakim harus segera ke rumah sakit dan pamit lebih awal dari program sahur. Tepat pada pukul 02.40 WIB, Irfan pun berangkat dari studio tempatnya bekerja menuju ke rumah sakit untuk menemani istrinya melahirkan anak kelima. 

Setelah sampai di rumah sakit, Irfan memilih kamar untuk rawat inap sekaligus mengajak istrinya jalan-jalan agar pembukaan bisa terus berlanjut. Bahkan sang Istri sempat ingin ikut jalan-jalan membeli makanan untuk sahur. 

Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak cerita perjuangan dari Della bersama Irfan ketika menanti anak kelimanya, kali ini Popmama.com telah merangkum ceritanya berdasarkan video berjudul "Lahiran Anak ke-5 deHakims" yang diunggah Irfan Hakim. 

Disimak yuk, Ma!

1. Awalnya berniat untuk melakukan persalinan secara normal 

1. Awal berniat melakukan persalinan secara normal 
Instagram.com/irfanhakim75

Pukul 05.00, istri Irfan pecah ketuban dan langsung dibawa ke ruang bersalin. 

Berdasarkan cerita dari Irfan di video pribadinya, berat bayi anak kelima ini saat masih di dalam kandungan sudah mencapai 3,3 kilo gram. Namun, kondisinya sempat 3 kali terlilit tali pusar di bagian lehernya. Kondisi inilah yang membuat pasangan ini sempat berdiskusi bersama hingga akhirnya memutuskan untuk melahirkan secara caesar. 

Awalnya istri dari Irfan ingin sekali melahirkan secara normal, namun kondisi kesehatan bayi dalam kandungan berkata lain. 

"Kasihan si adek kalau tiap kontraksi dia jantungnya lemah," ucap Della kepada suaminya. 

"Jadi tadi CTG. Saat CTG tiap kontraksi, jantung adek bayinya melemah karena terlilit tali pusar sampai 3 kali. Tiap kontraksi tampak mengencang, tercekik berkali-laki. Akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan caesar saja," jelas Irfan yang menjelaskan detik-detik sebelum istrinya melakukan operasi.

Dari berbagai pertimbangan termasuk masalah keselamatan bayi dan juga sang Mama akhirnya keputusan untuk melakukan persalinan secara caesar pun diambil. 

Baca juga: Resmi Menjadi Mama, Claradevi Berbagi Banyak Cerita Soal Persalinan

Editors' Picks

2. Irfan Hakim hadir memberikan dukungan selama proses persalinan 

2. Irfan Hakim hadir memberikan dukungan selama proses persalinan 
Instagram.com/awanpotret17

Tepat pada 07.05, istri Irfan harus masuk ruang bersalin. Dirinya pun menceritakan kalau banyak dokter berdatangan mulai dari dokter anak, dokter anastesi hingga dokter kandungan yang juga menganjurkan untuk melakukan persalinan secara caesar. Apalagi kondisi jantung anak kelimanya terlalu lemah karena terlilit tali pusar sampai 3 kali.

Selain itu, Irfan berusaha untuk hadir ketika istrinya berjuang. 

"Adek Dzaki keluar yang benar ya, dek. Lilitan tali pusarnya dilepas lalu keluar. Jangan bikin Bunda sakit ya," ucap Irfan saat memberikan dukungan untuk istrinya selama persalinan. 

Perlu diketahui bahwa ada beragam manfaat positif yang bisa dirasakan seorang istri saat ditemani suaminya dalam menjalani proses persalinan, seperti:  

  • Kehadiran dan kesetiaan suami dalam menemani proses persalinan dapat mengurangi rasa sakit karena mendapatkan dukungan moril.  
  • Memberikan dukungan yang bersifat menenangkan dan menyenangkan. Proses melahirkan yang tidak menyenangkan dapat membuat istri mudah mengalami trauma. 
  • Saling berbagi aura bahagia jika keduanya bisa sama-sama lebih tenang saat menghadapi proses persalinan. 

Bahkan menurut penelitian, para Mama yang ditemani suami mereka saat proses persalinan dapat memberikan kesan serta pengalaman lebih positif tanpa mengalami trauma.

3. Cairan air ketuban sempat berwarna hijau akibat bayi terlilit tali pusar

3. Cairan air ketuban sempat berwarna hijau akibat bayi terlilit tali pusar
Instagram.com/awanpotret17

Setelah beberapa jam berjuang, tepat pada pukul 07.20 Della akhirnya melahirkan anak kelimanya. Menurut pernyataan dari Irfan, putranya ini bernama Dzaki yang lahir dengan berat 3,3365 kilo gram. 

Melalui video tersebut, putranya harus di observasi selama 6 jam. Kadar oksigen dalam darah Dzaki hanya 86 padahal minimal harus 90 dan harus masuk inkubator dengan diberi selang untuk membantu pernapasannya. Kondisi ini pun membuat Della tidak bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). 

"Ini salah satunya dikarenakan terlilit tali pusar sampai 3 lilitan dan tadi juga ketika di CTG, setiap kontraksi kemudian terjadi sesak. Denyut jantungnya menurun, akhirnya mungkin dari situ stres. Ketubannya sampai hijau karena bayinya sudah sampai pup terus menerus di dalam kandungan. Jadi pas ketuban pecah pun keliatan sekali berwarna hijau. Di khawatirkan cairan ketubannya ini masuk ke paru-paru. Dari semua anak yang lahir, ini yang agak unik," jelas Irfan. 

Setelah semua kondisi Dzaki normal dari kadar oksigen dan gula darah, Irfan Hakim pun memperbolehkan anak-anak lainnya bertemu dengan Dzaki. 

Sekali lagi selamat untuk Irfan Hakim dan Della karena telah dikaruniai anak kelima. Doakan agar keluarga ini terus diberi kebahagiaan ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;