7 Menu Makanan yang Bisa Dibuatkan Suami untuk Istri Pasca Persalinan

Sebagai suami siaga bisa mencari menu makanan yang mudah, namun tetap bergizi

1 Juni 2020

7 Menu Makanan Bisa Dibuatkan Suami Istri Pasca Persalinan
Unsplash/Aaron Thomas

Pasca persalinan ada hal yang masih perlu diperhatikan yakni memenuhi kebutuhan gizi melalui makanan selama memulihkan diri. Asupan makanan bergizi yang dikonsumsi pun nantinya akan didapatkan oleh bayi melalui ASI. 

Ketika Papa masih memiliki waktu cuti panjang untuk menemani istri pasca persalinan, maka bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memanjakan mama selama proses pemulihan. Sempatkanlah waktu untuk membuatkan makanan yang spesial dan manfaatkan ini sebagai salah satu bentuk cinta. 

Jika Papa ingin mengetahui berbagai menu makanan yang tepat untuk istri pasca persalinan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk Pa, manjakan istri dengan membuat makanan sendiri untuknya!

1. Roti bakar gandum dapat memberikan tambahan energi ekstra

1. Roti bakar gandum dapat memberikan tambahan energi ekstra
Pixabay/JillWellington

Mengurus bayi pasca persalinan tentu tidaklah mudah karena begitu menguras tenaga dan membutuhkan energi ekstra. 

Demi memenuhi kebutuhan tubuh, Papa bisa membuatkan makanan berbahan dasar gandum untuk istri. Roti bakar gandum bisa menjadi salah satu menu yang mudah dibuat, namun tetap memberikan karbohidrat yang mampu meningkatkan energi. 

Perlu diketahui juga bahwa roti gandum utuh mengandung cukup banyak asam folat, serat, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

2. Salad buah dengan varian yang bisa menyembuhkan bekas luka dan memperbaiki kualitas tidur

2. Salad buah varian bisa menyembuhkan bekas luka memperbaiki kualitas tidur
Freepik

Jika Papa ingin mencari menu yang mudah dibuat untuk istri dan tetap memerhatikan nutrisi di dalamnya, maka salad buah bisa menjadi pilihan. 

Pilihlah buah yang memang bermanfaat untuk fase pemulihan pasca persalinan, seperti pisang, blueberry dan jeruk. Ketiga buah ini bisa diolah bersamaan dengan aneka buah lainnya sesuai dengan permintaan istri. 

Buah pisang di dalam salad buah mampu memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih nyenyak, sehingga istri bisa memiliki pola istirahat yang berkualitas. 

Selain itu, buah jeruk dapat berguna untuk penyembuhan bekas luka pasca persalinan. Asupan tambahan dari jeruk yang mengandung vitamin C mampu membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Mengingat vitamin C bisa memperbaiki jaringan tubuh yang rusak akibat luka. 

Selanjutnya penambahan blueberry di dalam salad buah dapat memberikan energi lebih, apalagi buah ini cukup kaya akan antioksidan. 

Sebelum berbagai buah pilihan tersebut diolah menjadi salad, Papa perlu memastikan untuk mencuci bersih setiap buah agar terbebas dari kuman dan sisa pestisida.

Editors' Picks

3. Nasi goreng beras merah membantu memberikan energi selama memberikan ASI eksklusif

3. Nasi goreng beras merah membantu memberikan energi selama memberikan ASI eksklusif
Pixabay/Jirreaux

Membuat nasi goreng tentu menjadi salah satu menu andalan ketika suami berada di dapur. Hanya saja nasi goreng yang dibuatkan untuk istri pasca persalinan tetap harus mengandung gizi. 

Beras merah bisa menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat nasi goreng. 

Dilansir dari Webmd, beras merah mengandung karbohidrat tinggi yang baik untuk menjaga energi perempuan pasca persalinan. Selain itu, beras merah juga dapat memberikan kalori untuk tubuh yang dibutuhkan agar ASI semakin berkualitas. 

4. Sup ikan salmon menjadi salah satu makanan yang baik selama proses menyusui

4. Sup ikan salmon menjadi salah satu makanan baik selama proses menyusui
Freepik/Rawpixel.com

Jika Papa termasuk orang yang cukup mahir memasak sup, maka menu sup ikan salmon bisa dibuat dan diberikan untuk istri pasca persalinan. 

Ikan salmon yang dikonsumsi tidak hanya mampu mengurangi risiko terkena baby blues, namun dapat menjadi salah satu makanan terbaik selama menyusui si Kecil. 

Kandungan DHA di dalam ikan salmon sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. 

Ketika ingin membuat sup ikan salmon untuk istri, pastikan menambahkan sayuran lainnya agar semakin bergizi. 

5. Tumis brokoli menjadi sumber kalsium, vitamin A, dan zat besi

5. Tumis brokoli menjadi sumber kalsium, vitamin A, zat besi
Pixabay/Pexels

Untuk seorang suami yang tidak terbiasa di dapur, memasak mungkin akan menjadi perkerjaan yang cukup sulit. Namun, bukan berarti tidak bisa menyajikan makanan yang enak dan bergizi untuk istri pasca persalinan. 

Tumis brokoli bisa menjadi menu alternatif lain karena mengandung banyak vitamin yang berguna untuk tubuh. 

Brokoli hijau memang dikenal sebagai sayuran sehat yang kaya manfaat. Ada sederet nutrisi yang bisa diberikan brokoli untuk kesehatan tubuh, mulai dari sumber kalsium, vitamin C, dan zat besi.

Vitamin A yang terkandung di dalam brokoli juga bisa meningkatkan kualitas ASI, sehingga membantu perkembangan bayi menjadi lebih sehat. 

6. Omelet sayur menjadi salah satu sumber alami yang dibutuhkan tubuh

6. Omelet sayur menjadi salah satu sumber alami dibutuhkan tubuh
Freepik/timolina

Satu menu sehat lain yang sangat mudah dibuat untuk istri pasca persalinan yakni omelet.

Telur yang diolah menjadi omelet bisa memenuhi kebutuhan protein harian usai melahirkan si Kecil.  

Untuk memperkaya gizi dari omelet yang akan dibuat, Papa juga bisa memasukkan aneka sayur di dalamnya. Namun, pastikan untuk mencuci sayuran dengan bersih sebelum diolah.  

Sajikan bersama dengan nasi hangat dan saus tomat agar istri semakin lahap memakannya ya, Pa. 

7. Sereal atau oatmeal bisa menjadi pilihan menu sarapan yang bergizi

7. Sereal atau oatmeal bisa menjadi pilihan menu sarapan bergizi
Pexels/Keegan Evans

Sarapan memang menjadi salah satu cara untuk menabung energi dalam memulai hari dan segala rutinitas keseharian. 

Jika Papa ingin membuatkan menu sarapan yang bergizi untuk istri pasca persalinan, maka sereal atau oatmeal bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Kandungan gandum di dalam sereal atau oatmeal mampu memberikan energi yang dibutuhkan setelah malam-malam panjang begadang menjaga bayi.

Papa juga bisa menambahkan susu rendah lemak serta buah-buahan favorit istri ke dalam menu sarapan. Ini akan membantu dalam melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya.

Itulah beberapa pilihan menu makanan pasca persalinan. Selalu pilihlah menu makanan yang mudah dibuat, namun tetap bernutrisi agar nilai gizi terpenuhi dengan baik apalagi dapat membantu ASI lebih lancar. 

Semoga informasinya bermanfaat ya, Pa!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.