Pasca Cuti Melahirkan Anak Pertama, Raisa Rindu Kembali Bermusik

Raisa segera mengeluarkan karya baru usai melahirkan anak pertama

25 Juni 2019

Pasca Cuti Melahirkan Anak Pertama, Raisa Rindu Kembali Bermusik
Instagram.com/raisa6690

Usai melahirkan putri pertamanya bernama Zalina Raine Wyllie pada pertengahan bulan Februari 2019 lalu, Raisa Andriana akan segera kembali bermusik pasca cuti. 

Sebelum pamit untuk cuti melahirkan, Raisa sempat membuat sebuah intimate concert bertajuk Fermata pada (21/11/2018) di kawasan Senayan. Usai vakum dan menikmati hari-hari saat berperan menjadi seorang Mama hampir 7 bulan, akhirnya Raisa mulai rindu untuk bermusik. 

Melalui sebuah video berjudul "Raisa - I'm Back!" yang diunggah melalui channel YouTube pribadinya, Mama satu orang anak ini mengaku sudah kangen sekali untuk bernyanyi, menulis lagu, rekaman, workshop, on stage bersama anak-anak band hingga kangen dengan para YourRaisa. 

Jika Mama diperhatikan di video tersebut, Raisa sudah melakukan workshop selama masa kehamilannya di trimester ketiga sejak Desember 2018 di Pulau Bali. Jiwa bermusik Raisa seolah tetap mengalir, walau saat itu masih harus tetap fokus terhadap masa-masa kehamilan pertamanya. 

"Mungkin waktu pertama, benar-benar bingung gitu gimana ya gue bakalan balik lagi. Setelah di rumah terus semua badan, pikiran, hati semuanya kan drain banget. Nggak kepikiran gimana caranya karena selalu pengen nyanyi, selalu pengen perform, selalu pengen punya karya lagi, selalu pengen gitu. Cuma nggak pernah tahu gimana ya caranya," cerita Raisa melalui video tersebut. 

It feels good to be back. After a long hiatus, I'm ready for my new journey, new experiences!

I have something really special for you, soon.

Hashtag #RaisaKembali sudah ramai menjadi perbincangan melalui sosial media. Pasca cuti melahirkan, Raisa akan kembali mengeluarkan karya terbaru secara perdana pada 10 Juli mendatang. Untuk Mama yang juga rindu dan menantikan karya terbarunya, mari nantikan segera ya.

Terkait masalah cuti melahirkan dan ingin kembali bekerja seperti Raisa dalam waktu dekat ini, Mama perlu mengetahui beberapa hal agar tetap dapat membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus si Kecil. 

Wajib dibaca ya, Ma!

1. Sebisa mungkin mengajak anak ke tempat kerja

1. Sebisa mungkin mengajak anak ke tempat kerja
Freepik/sergeycauselove

Di awal-awal kembali ke rutinitas pekerjaan usai cuti melahirkan tentunya akan sulit untuk beradaptasi. Apalagi harus membagi waktu antara kembali bekerja dan tetap harus mengurusi si Kecil yang baru berusia beberapa bulan. 

Jika Mama masih belum bisa meninggalkan si Kecil sepenuhnya. Tidak ada salahnya untuk mengajak anak mama untuk bermain ke kantor atau tempat kerja. Ajaklah dirinya di waktu-waktu masih cuti melahirkan sebelum harus kembali sah bekerja seperti biasa. 

Selain untuk memperkenalkan dunia kerja orangtuanya, ia juga dapat bertemu teman-teman di kantor. Umumnya ketika kangen si Kecil, Mama akan lebih posesif dan tidak fokus bekerja. 

Untuk itu, salah satu solusi terbaik yaitu mengajak anak ke kantor. Apalagi kalau kantor tempat bekerja cukup mendukung dan memberikan fasilitas untuk para orangtua baru. 

Baca juga: 5 Kegiatan Positif Ini Bisa Suami Lakukan Selama Istri Cuti Melahirkan

Editors' Picks

2. Tetap memerhatikan kebutuhan anak di rumah dengan komunikasi jarang jauh

2. Tetap memerhatikan kebutuhan anak rumah komunikasi jarang jauh
Freepik/Tirachardz

Ketika si Kecil memang harus tinggal di rumah, Mama tentunya perlu membagi waktu antara pekerjaan dan tetap fokus memerhatikan kebutuhan anak. Salah satu kebutuhan yang perlu diutamakan yaitu saat anak mama masih memerlukan ASI secara eksklusif. 

Di sela-sela istirahat makan siang, Mama pun bisa melakukan pumping agar stok ASI terpenuhi. Apalagi beberapa perkantoran sekarang memberikan tempat khusus untuk pumping, sehingga semakin mempermudahkan segala kebutuhan si Kecil. 

Pumping biasa dilakukan selama kurang lebih 20-30 menit, semua tergantung kapasitas susu yang diproduksi. 

Selain itu, Mama pun perlu memastikan dan memerhatikan kebutuhan anak di rumah melalui komunikasi jarang jauh. Pastikan semuanya aman seperti pemberian stok ASI, jam tidur hingga kegiatan si Kecil selama di tinggal kerja.  

Cara seperti ini walau sederhana cukup membantu untuk mengetahui berbagai kebutuhan anak ya, Ma.

Baca juga: 

3. Mencari dukungan dari pasangan dan keluarga terdekat

3. Mencari dukungan dari pasangan keluarga terdekat
Freepik

Kembali bekerja pasca cuti melahirkan terkadang ada saja halangan dan permasalahan yang bisa terjadi selama menjalaninya. Ketika masih belum dapat beradaptasi dengan baik, Mama tidak ada salahnya untuk mencari dukungan dari pasangan dan keluarga terdekat. 

Tak jarang suami pun mendapatkan hak untuk mengambil cuti dalam menemani istri yang melahirkan. Jika cuti pasangan sama-sama sudah habis, sebaiknya berdiskusilah untuk mencari solusi terbaik. 

Salah satu contoh yaitu berusaha menitipkan si Kecil ke keluarga terdekat. Setidaknya langkah ini dapat membantu orangtua muda dapat kembali bekerja pasca cuti melahirkan. 

Itulah beberapa langkah yang bisa Mama lakukan ketika akan segera kembali bekerja usai cuti. Semoga bisa membantu ketika ingin membagi waktu dengan baik antara pekerjaan serta fokus mengurus anak ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!