Penting! Simak 5 Penyebab Nyeri Sendi setelah Melahirkan

Nyeri sendi setelah melahirkan cukup wajar kok, Ma

4 Desember 2020

Penting Simak 5 Penyebab Nyeri Sendi setelah Melahirkan
Pixabay/publicdomainpictures

Setelah melahirkan banyak mama yang mengalami pegal-pegal atau nyeri pada sendi. Hal ini cukup wajar terjadi karena saat proses melahirkan, Mama harus bertahan dengan waktu yang lama, sehingga timbul nyeri otot dan kekakuan pada sendi.

Tidak hanya itu, perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil ketika melahirkan juga menyebabkan munculnya rasa nyeri pada persendian.

Tetapi, di luar setelah proses kelahiran. Ada beberapa hal yang dapat memicu Mama mengalami nyeri sendi.

Jika Mama ingin mengetahui terkait penyebab nyeri sendi setelah melahirkan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya

1. Rheumatoid arthritis

1. Rheumatoid arthritis
Pixabay/whitesession

Rheumatoid arthritis adalah gangguan peradangan kronis yang dapat memengaruhi lebih dari sekadar persendian. 

Rheumatoid arthritis merupakan gangguan autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh kita sendiri.Penyakit ini sering terjadi pada area tertentu, seperti kaki dan tangan. Tetapi, bisa juga terjadi pada area mata, paru-paru, dan pembuluh darah.

Mama bisa mengonsumsi obat pereda nyeri ataupun terapi ke dokter untuk menyembuhkan penyakit ini.

Editors' Picks

2. Posisi duduk yang salah

2. Posisi duduk salah
pixabay/fotorech

Saat masa kehamilan di usia kandungan trimester ketiga, Mama pasti mengalami kesulitan dalam mengatur posisi duduk yang baik dan nyaman. Hal ini sangat wajar karena perut mama yang semakin membesar.

Posisi duduk yang salah akan menyebabkan ketegangan di bagian tubuh tulang belakang atau punggung, sehingga dapat menimbulkan pegal-pegal setelah proses melahirkan.

Mama bisa meminta bantuan Papa atau keluarga yang lain untuk mengatur posisi yang baik.

3. Tulang punggung tertekan

3. Tulang punggung tertekan
pixabay/wenphotos

Tulang belakang atau punggung merupakan penyangga berat badan mama terutama ketika memasuki trisemeter ketiga kehamilan. Hal ini menyebabkan adanya bekas cedera pada otot tulang belakang yang mengakibatkan Mama mengalami nyeri setelah proses melahirkan.

Ketika hamil dan setelah melahirkan, Mama bisa melakukan olahraga ringan agar tidak mengalami nyeri pada tulang belakang atau tulang punggung.

4. Operasi secara cesar

4. Operasi secara cesar
pixabay/sasint

Bagi Mama yang pernah atau saat ini baru saja menjalani operasi cesar, mungkin akan mengalami keluhan seperti nyeri di bagian tulang belakang. Hal ini bisa terjadi karena adanya efek bekas suntikan yang Mama dapatkan menjelang atau saat operasi.

Jika Mama merasakan nyeri yang hebat, pastikan Mama segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Mengurus anak

5. Mengurus anak
pixabay/460273

Setelah Mama melahirkan si Kecil, kondisi tubuh akan mengalami penurunan dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk pulih kembali. Namun, Mama dituntut untuk melakukan aktivitas kembali seperti mengurus anak. Hal ini seringkali membuat badan mama menjadi nyeri dan pegal-pegal.

Banyak cara yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi pegal di tubuh, yaitu pijat dan berendam air hangat.

Itulah beberapa penyebab nyeri sendi setelah melahirkan. Semoga kondisi tubuh segera pulih dan nyeri sendi menghilang ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.