Penuh Perjuangan, Ini Dia 15 Foto Ibu Menyusui

Dalam setiap aktifitas, seorang Mama akan menyempatkan memberikan ASI

3 Maret 2020

Penuh Perjuangan, Ini Dia 15 Foto Ibu Menyusui
johnsonsbabyarabia.com

Perjuangan seorang Mama memang patut diacungkan jempol. Mulai dari harus mengandung selama 9 bulan, melahirkan hingga membesarkan anak, jangan lupakan bagaimana perjuangan memberikan ASI untuk tumbuh kembang terbaik si Kecil.

Seorang Mama biasanya multitasking, bisa melakukan apapun dalam waktu bersamaan setiap harinya.

Sama halnya dengan memberikan ASI, seorang Mama tidak melalu memberikan ASI diatas tempat tidur, bisa jadi sambil melakukan aktifitas lainnya.

Selalu ada cerita dibalik kejadian menyusui antara Mama dan anak. Seperti berikut ini Popmama.com telah merangkum 15 foto perjuangan ibu menyusui yang dilansir dari unggahan akun Instagram thelittlemilkbar_.

1. ASI pertama ketika baru melahirkan

1. ASI pertama ketika baru melahirkan
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Dalam foto yang memperlihatkan bagaimana seorang bayi yang baru saja lahir langsung diberikan ASI pertama kali dari sang Mama.

Meskipun baru saja menyelesaikan persalinan yang menebarkan, bertemu dan memberikan ASI kepada sang anak tentu menjadi hal menyenangkan sekaligus mengharukan bagi setiap Mama yang baru saja melahirkan.

2. Diwaktu makan siang? Why not!

2. Diwaktu makan siang Why not
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Makan siang romantis tentu sudah biasa, berikut adalah makan siang bersama si Kecil. Seperti Mama satu ini yang tengah menghabiskan sisa makanan anaknya yang saat itu sudah memilih untuk menyusu kepada sang Mama. The struggle is real!

3. Mau belanja bawa bayi memang perjuangan!

3. Mau belanja bawa bayi memang perjuangan
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Jika sudah menjadi seorang Mama, tentu saja hampir semua waktunya didedikasi untuk anak. Seperti Mama satu ini, ketika dirinya ingin berbelanja untuk menyenangkan diri tetapi ia tetap memprioritaskan sang anak dengan memberikan ASI di tengah waktu belanja mereka.

4. Memberikan ASI dua anak sekaligus

4. Memberikan ASI dua anak sekaligus
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Selalu ada cerita dibalik perjuangan memberikan ASI kepada si Kecil. Seperti Mama satu ini yang harus memberikan ASI dua sekaligus kepada anak kembarnya. Pasrah tidak bisa melakukan pekerjaan apapun, hal terpenting sang anak mendapatkan ASI terbaik untuk tumbuh kembangnya.

5. Prioritas anak adalah yang utama

5. Prioritas anak adalah utama
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Mama satu ini harus meluangkan waktunya untuk memberikan ASI kepada si Kecil. Lihatlah betapa berantakan kondisi dapurnya dengan tumpukan piring kotor di wastafel yang menanti, tetapi memberikan ASI tetaplah yang utama baginya.

6. Rasa nyeri saat pertama menyusui

6. Rasa nyeri saat pertama menyusui
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Sebagai Mama baru, tentu saja pengalaman menyusui menjadi pengalaman bak roller coaster. Selalu ada saja masalah mulai dari air susu yang susah keluar, payudara yang membengkak, hingga rasa nyeri saat sang anak menyusu.

Namun semua dilalui demi memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Wonderful Mama! 

7. Memberikan posisi ternyaman untuk si Kecil

7. Memberikan posisi ternyaman si Kecil
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Pada awalnya, seorang Mama akan berusaha keras mendapat posisi yang terbaik untuk mereka menyusu agar saat si Kecil menhisap tidak terasa seperti cubitan yang menyakitkan dan tidak menggangu sesi menyusunya.

Jika sudah begini, tentu saja pekerjaan Mama pun akan dibiarkan terlebih dahulu.

Editors' Picks

8. Best friend goals!

8. Best friend goals
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Jika menyusui sendiri sudah biasa, memberikan ASI pada anak bersama dengan sahabat Mama juga menjadi hal yang menyenangkan lho! Seperti dua Mama berikut ini yang terlihat tengah menyusui anak mereka walau sedang dalam menikmati liburan di pantai.

Keren deh, best friend goals!

9. Menyusui dengan tampilan menarik? Tentu saja bisa!

9. Menyusui tampilan menarik Tentu saja bisa
Instagram.com/thelittlemilkbar_

JIka biasanya menyusui penuh dengan keringat, rambut dan baju berantakan, serta tanpa riasan apapun. Mama juga bisa seperti Mama Shay Mitchell, seorang traveler sekaligus model yang tampil keren dan menarik saat menyusui sang anak. 

10. Dimana pun dan kapan pun menyusui

10. Dimana pun kapan pun menyusui
Instagram.com/thelittlemilkbar_

“Saya memberi ASI bayi saya di sini. Saya memberi ASI bayi saya di sana. Saya memberi ASI bayi saya di mana-mana." tulis Mama Mariah Sitohan yang dilansir thelittlemilkbar.

Memberikan ASI tentu kewajiban seorang Mama, meskipun tidak mengenal tempat dimana mereka berada. Lihatlah saat Mama Mariah memberikan ASI sang anak ketika dirinya terkena terpaan cahaya matahari yang menyilaukan. How sweet!

11. Another you can feed your baby everywhere!

11. Another you can feed your baby everywhere
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Sama seperti Mama Mariah sebelumnya, Mama Saara juga memperlihatkan bahwa memberikan ASI bisa dimana saja, meskipun di tempat belanja sekalipun. Jika biasanya seorang Mama akan berhenti di sebuah kursi untuk memberikan ASI anak mereka, berbeda dengan Mama Saara yang berjongkok di belakang tumpukan kardus dan kaleng makanan. The real struggle!

12. Nothing's really yours anymore!

12. Nothing's really yours anymore
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Saat sudah menjadi seorang Mama, tidak ada yang benar-benar milikmu lagi. Body, bed, and even ice cream! Seperti perjuangan menyusui Mama satu ini. Ketika sedang menyusui sang anak, justru tangan si Kecil berusaha menggapai es krim yang sedang di makan sang Mama. Menggemaskan sekaligus penuh perjuangan, bukan?

13. Membersihkan diri sambil menyusui

13. Membersihkan diri sambil menyusui
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Dalam unggahan thelittlemilkbar, seorang Mama mengunggah foto bagaimana perjuangannya saat mandi dan harus mencukur bulu kakinya sambil menyusui sang anak. Meskipun harus ekstra hati-hati, sang Mama bisa dengan telaten membersihkan dirinya sekaligus memebrikan ASI kepada sang anak. Keren!

14. Breastfeeding with your friends!

14. Breastfeeding with your friends
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Memberikan ASI bersama dengan teman-temanmu tentu akan jauh lebih menyenangkan. Selain bisa bertukar pikiran satu sama lain mengenai kehidupan seorang ibu menyusui, juga bisa belajar satu sama lain bagaimana perjuangan mereka selama menyusui.

15. Meminta bantuan Papa dalam memberikan ASI

15. Meminta bantuan Papa dalam memberikan ASI
Instagram.com/thelittlemilkbar_

Foto berikut ini memperlihatkan bagaimana lelahnya seorang Mama yang harus memberikan ASI kepada sang anak. Tetapi yang perlu diingat ialah, Mama tidak boleh merasa sendiri dan lelah dalam memebrikan ASI kepada anak-anak Mama. 

Cobalah meminta bantuan Papa untuk menemani dan memberikan dukungan yang ia bisa agar Mama tetap bersemangat dalam memberikan ASI dan Mama tetap merasa bahagia selama menyusui. 

Semoga bebeapa foto perjuangan menyusui Mama diluar sana bisa memberikan semangat Mama untuk menyusui si Kecil. Semangat terus Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.