Metode Hypnobirthing Bantu Membuat Persalinan Lebih Rileks

Persiapkan sejak dini agar lebih rilek dan nyaman saat persalinan

14 Oktober 2019

Metode Hypnobirthing Bantu Membuat Persalinan Lebih Rileks
Popmama.com/Ninda Anisya

Sebagai ibu hamil, tentunya hal yang menjadi kekhawatiran adalah saat proses persalinan. Kebanyakan Mama mungkin sering merasa cemas dan takut ketika waktu persalinan akan tiba.

Nah, untuk membantu kelancaran proses persalinan agar lebih rileks dan nyaman, Mama bisa mempelajari salah satu metode populer yaitu hypnobirthing.

Hypnobirthing adalah teknik relaksasi yang tenang, tidak cemas berlebihan dan membantu mencegah tubuh dari ketegangan otot-otot yang dapat menghambat proses persalinan.

Dengan menggunakan teknik pernapasan dan self-hypnosis, Mama bisa meminta Papa untu turut serta agar saling membantu mengatasi rasa cemas saat proses persalinan tiba.

Berikut Popmama.com bagikan rangkuman mengenai metode hypnobirthing yang dibagikan langsung oleh pakar hypnobirthing dalam acara Popmama Parenting Academy pada Minggu, 13 Oktober 2019, di Summarecon Mall Serpong. Disimak yuk, Ma!

1. Apa itu metode hypnobirthing?

1. Apa itu metode hypnobirthing
Popmama.com/FX Dimas

Hypnobirthing adalah metode untuk menyamankan proses persalinan, metode ini menggunakan kekuatan sugesti sehingga ibu hamil bisa dalam kondisi tetap terjaga tetapi bisa lebih rileks dan lebih nyaman saat menjalani proses persalinan.

Ditemui dalam acara Popmama Parenting Academy pada hari terakhir, Minggu (13/10/2019) di Summarecon Mall Serpong, Ria Kurnia Sari, selaku pakar hypnobirthing dari Birth.imwithu mengatakan bahwa hypnobirthing sendiri adalah metode yang berkaitan dengan filosofi gentle birth. 

"Filosofi gentle birth adalah bersalin dengan nyaman, dengan rileks, dan minim trauma. Jadi hypnobirthing ini metodenya, gentle birth itu filosofinya," jelas Ria.

Editors' Picks

2. Waktu yang tepat untuk mengikuti hypnobirthing

2. Waktu tepat mengikuti hypnobirthing
Freepik/Golfcphoto

Pakar praktisi hypnobirthing, Ria Kurnia Sari, menyebutkan bahwa latihan metode hypnobirthing bisa dimulai sedini mungkin dan bisa Mama lakukan sendiri di rumah untuk membuat sugesti positif agar menjalani proses kehamilan yang lebih rileks dan nyaman.

Pada acara Popmama Parenting Academy 2019, Mama dan Papa bisa mempelajari metode hypnobirthing, sekaligus mengenal seperti apa gambaran proses persalinan. Dengan kondisi kehamilan Mama yang sudah cukup besar, tentunya mengikuti kelas ini bisa membantu beradaptasi dengan teknik hypnobirthing.

Dalam kelas yang diselenggarakan Popmama Parenting Academy, Ria selaku pakar hypnobirthing menjelaskan apa itu metode hypnobirthing dan juga mengajak Mama dan Papa agar keduanya dapat membantu mengurangi kecemasan satu sama lain.

Ria mengajak para Papa untuk saling berhadapan dengan Mama, hal ini dilakukan untuk memberikan sugesti positif dari Papa kepada sang calon bayi yang ada di perut Mama. Dijamin bisa bikin Mama lebih rileks deh!

3. Hypnobirthing bisa mempengaruhi proses persalinan

3. Hypnobirthing bisa mempengaruhi proses persalinan
Freepik/Jcomp

Proses persalinan tentunya sering berjalan tak sesuai rencana, atau terdapat masalah-masalah tertentu. Hal inilah yang menjadi kecemasan tersendiri bagi para calon orangtua.

Saat kontraksi sudah mulai Mama alami, mulai lakukan teknik napas dalam dan memberi sugesti positif. Bayangkan sesaat lagi Mama akan bertemu dengan buah hati yang sudah 9 bulan berada dalam kandungan.

Ria juga menjelaskan, biasanya ibu hamil akan lupa apa yang sudah dipelajari ketika perutnya mulai kontraksi. Oleh karena itu peran suami disini sangat bisa membantu Mama dalam memberikan sugesti positif.

Hal ini biasanya dilakukan Papa saat Mama mulai merasa panik dan kesakitan ketika kontraksi tiba, Papa bisa mengingatkan Mama untuk tetap mengatur napas serta membantu merelaksasi agar Mama siap menjalani persalinan dengan rileks dan nyaman.

Apabila proses persalinan memang tidak berjalan seperti yang direncanakan, segera tarik napas dalam dan fokuskan pikiran. Buang pikiran negatif dan ketakutan berlebih ya, Ma. Tetap berdoa dan percayakan semua proses ini pada tim dokter dan bidan.

Dengan pikiran yang terkendali, proses persalinan akan berjalan lebih lancar dan bebas dari suasana negatif. Semoga persalinannya berjalan lancar ya, Ma.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!