TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Mendokumentasikan Persiapan Melahirkan

Ikuti tips ini yuk Ma, biar videonya makin Pops!

1 Desember 2019

7 Tips Mendokumentasikan Persiapan Melahirkan
Pinterest.com/CaseyTjandra

Saat ini, banyak orang membuat video untuk ditayangkan di akun vlog mereka.

Kalau Mama tertarik membuat video untuk proses persalinan nanti, sebaiknya Mama mengikuti tips dari Popmama.com berikut membuat ini mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan  dokumentasi persiapan melahirkan.

1. Bersih-bersih badan

1. Bersih-bersih badan
Pinterest.com/NathaliaAires

Mandi dulu ya Ma. Supaya tubuh Mama bersih, wangi dan tidak kucel saat dibawa ke tempat bersalin. Penting juga lho, untuk mendokumentasikan momen persiapan dari sebelum berangkat ke tempat bersalin.

2. Rajin cuci rambut dan blow

Kita nggak pernah tau kapan waktu melahirkan itu benar-benar terjadi bagi ibu hamil yang memilih persalinan dengan proses melahirkan normal.

Apakah tepat ditanggalnya sesuai prediksi dokter, atau malah bergeser jadi lebih awal. Lebih baik Mama rajin cuci rambut dan blow yuk biar makin enak dilihat. Sebagian perempuan bisa badmood saat badhair day, lho.

Editors' Picks

3. Lakukan hal yang membuat Mama dan suami bahagia

3. Lakukan hal membuat Mama suami bahagia
Pinterest.com/RohnaMocanu

Apa yang membuat kamu merasa tenang dan bahagia? Lakukanlah hal tersebut. Misal, kamu senang memasak. Lakukan hal ini sebelum kamu berangkat ke tempat bersalin.

Seperti pengalaman penulis saat ingin melahirkan anak ketiga, "Saya menyempatkan waktu untuk memasak menu makan siang di hari itu. Saya berharap makan siang bersama suami sebelum berangkat ke tempat bersalin bisa menyenangkan hati suami saya."

Atau mungkin menonton penggalan film yang paling kamu sukai semasa kamu kecil dulu. Meski sesekali merasakan kontraksi, kamu tetap bisa menikmati ini jika melakukannya dengan hati yang tenang.

Apakah kamu tertarik untuk melakukannya juga?

4. Merias wajah

4. Merias wajah
Pinterest.com

Jika kamu memutuskan untuk membuat dokumentasi proses persalinan, merias wajah adalah hal penting untuk dilakukan.

Dengan ber-makeup kamu pasti jadi lebih percaya diri. Wajah Mama akan enak dilihat dari semua sisi. 

Jangan lupa untuk memakai powder, eyeliner, mascara, menggambar alis dan lipstik. Sebagian orang malah melakukan full makeup, bahkan memakai fake eyelashes.

5. Lakukan pengecekan lokasi

5. Lakukan pengecekan lokasi
Pinterest.cim/AndyQuery

Jika ingin membuat video proses melahirkan, nggak ada salahnya kalau sang videografer menyempatkan waktu untuk mengecek lokasi terlebih dulu. Dengan begitu, dia bisa lebih enak menentukan posisi ambil gambar yang bagus dari sisi mana saja. 

Jika Mama merasa perlu mendekor atau membawa perlengkapan tambahan, sebaiknya dipersiapkan lebih awal. Misal, selimut berbulu halus sebagai alas di tempat tidur ruang rawat inap nanti. Jika memungkinkan, ini juga boleh dibawa lho, Ma.

6. Nikmati setiap fase

6. Nikmati setiap fase
Pinterest.cim/AndyQuery

Jalani setiap fase dan nikmati masing-masing momen tersebut. Hal ini tidak akan terulang kembali. Andai nanti Mama melakukan persalinan lagi, tentu dengan keadaan yang berbeda.

7. Jangan lupa mendokumentasikan Papa dan Si Kecil

7. Jangan lupa mendokumentasikan Papa Si Kecil
Pinterest.com/LinzyStill

Ini pasti juga menjadi momen yang dinantikan pasangan kamu. Hal yang sangat ia syukuri, ketika menjadi seorang Papa dan bisa bertemu dengan bayinya untuk pertama kali.

Itulah tips mendokumentasikan persiapan melahirkan, jika Mama dan Papa ingin membuat videonya. Lakukan semuanya dengan happy ya Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk