7 Cara Alami Mengatasi Payudara Kendur setelah Menyusui

Sebelum memutuskan untuk operasi, Mama bisa coba cara ini dulu ya

4 Februari 2022

7 Cara Alami Mengatasi Payudara Kendur setelah Menyusui
Freepik/cookie_studio

Payudara dengan ukuran dan bentuk yang ideal tentu jadi dambaan setiap perempuan ya Ma. Namun pada kenyataanya, banyak Mama yang mengalami payudara kendur usai menyusui. Dimana hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan kepercayaan diri.

Payudara kendur setelah menyusui umumnya terjadi karena penurunan produksi ASI Ma. Ketika berhenti menyusui, tubuh secara alami akan mengirim sinyal untuk menghentikan produksi ASI, sehingga jaringan-jaringan di dalam payudara juga mengalami perubahan.

Hal inilah yang dianggap sebagai penyebab payudara tidak bisa kembali ke ukuran dan bentuk semula. Sehingga tak sedikit dari Mama yang berusaha untuk mengencangkan kembali payudara, salah satunya dengan melakukan operasi.

Tapi selain dengan operasi, ada 7 cara mengatasi payudara kendur setelah menyusui lho Ma. Berikut Popmama.com berikan rangkumannya untuk Mama, dilansir dari Indiatimes.com. Simak dulu yuk!

1. Oleskan lidah buaya untuk mengatasi payudara kendur

1. Oleskan lidah buaya mengatasi payudara kendur
Freepik.com

Tanaman lidah buaya diyakini bisa mengencangkan kulit secara alami lho Ma. Maka dari itu, lidah buaya bisa digunakan juga untuk jadi cara alami mengatasi payudara kendur. Antioksidan di dalamnya juga berperan dalam mencegah kerusakan sel tubuh, yang disebabkan oleh radikal bebas.

Untuk menggunakannya, Mama bisa potong beberapa lidah buaya lalu ambil bagian dalamnya yang berbentuk gel. Kemudian oleskan gel tersebut ke payudara, sambil lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar kurang lebih 10 menit. Setelah didiamkan selama 10 menit, dibilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Mama bisa gunakan empat hingga lima kali dalam seminggu.

2. Menggunakan masker kuning telur dan timun

2. Menggunakan masker kuning telur timun
Freepik/azerbaijan_stockers

Masker kuning telur dan timun bisa jadi cara alami mengatasi payudara kendur setelah menyusui. Timun punya kandungan nutrisi yang bersifat mengencangkan kulit secara alami. Sedangkan kuning telur kaya akan protein dan vitamin, dimana ini merupakan kombinasi yang tepat untuk merawat payudara kendur.

Cara membuatnya, Mama bisa campurkan satu buah mentimun kecil yang sudah dihaluskan dengan satu kuning telur. Kemudian tambahkan satu sendok teh mentega ya.

Oleskan campuran tersebut ke payudara mulai dari bagian bawah ke atas. Biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya dengan air.

Mama bisa gunakan masker kuning telur dan timun ini seminggu sekali, untuk mengencangkan dan memperkuat jaringan payudara.

Editors' Picks

3. Masker putih telur untuk mengencangkan payudara

3. Masker putih telur mengencangkan payudara
Freepik/Jcomp

Tak hanya kuningnya, bagian putih telur juga memiliki manfaat yang sama untuk menenangkan jaringan payudara yang kendur.

Ini karena putih telur memiliki sifat astringent yang bisa menyehatkan dan mengangkat jaringan kulit. Selain itu, hydro lipid yang ada di dalam putih telur bisa bantu memperbaiki kondisi kulit payudara yang rusak.

Cara membuatnya, Mama hanya perlu kocok satu putih telur hingga teksturnya berbusa. Kemudian oleskan pada payudara dari bagian bawah ke atas. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin.

4. Gunakan campuran putih telur dan yoghurt untuk mengatasi payudara kendur

4. Gunakan campuran putih telur yoghurt mengatasi payudara kendur
Freepik/nensuria

Untuk mengencangkan payudara, Mama bisa juga nih gunakan campuran putih telur, yoghurt dan madu. Telur dikenal dengan proteinnya yang tinggi, sedangkan yoghurt memiliki asam laktat tinggi. Campuran dari kedua bahan ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk payudara.

Mama bisa campurkan satu buah putih telur dengan satu sendok makan yoghurt plain. Aduk hingga rata lalu oleskan pada kedua payudara ya Ma. Tunggu selama kurang lebih 20 menit, baru dibilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan manfaatnya, Mama bisa lakukan ini secara rutin.

5. Lakukan pijat payudara dengan minyak zaitun

5. Lakukan pijat payudara minyak zaitun
Freepik

Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan asam lemak, yang dipercaya bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, melakukan pijat payudara dengan minyak zaitun juga bisa membantu meningkatkan warna alami dan tekstur kulit di sekitar payudara.

Cara melakukannya, ambil beberapa tetes minyak zaitun kemudian gosok-gosokan ke telapak tangan hingga terasa hangat. Tempelkan telapak tangan ke payudara sambil lakukan pijatan lembut. Pijat selama kurang lebih 15 menit, guna merangsang aliran darah dari dan ke payudara, serta untuk memperbaiki sel-sel kulit rusak.

Lakukan ini empat sampai lima kali dalam seminggu ya Ma. Selain minyak zaitun, Mama bisa juga gunakan minyak almond, argan, atau jojoba oil.

6. Fenugreek bantu mengencangkan dan menghaluskan kulit payudara

6. Fenugreek bantu mengencangkan menghaluskan kulit payudara
Freepik

Menurut Ayurveda, salah satu metode pengobatan tertua di dunia, fenugreek merupakan obat herbal yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi payudara kendur setelah menyusui.

Fenugreek kaya akan vitamin dan antioksidan, yang bisa bantu mengatasi kerusakan di dalam tubuh akibat radikal bebas, serta bisa mengencangkan dan menghaluskan kulit di sekitar payudara.

Cukup gunakan ¼ cangkir bubuk fenugreek, lalu campur dengan air sampai bertekstur kental. Oleskan ke bagian payudara dan biarkan selama 5 hingga 10 menit, kemudian bilas. Mama bisa menggunakannya satu atau dua kali seminggu ya.

7. Gunakan es batu untuk pijat payudara

7. Gunakan es batu pijat payudara
Freepik.com/@racool_studio

Cara mengatasi payudara kendur setelah menyusui lainnya yaitu dengan es batu. Es batu sangat efektif untuk mengencangkan payudara. Ini karena suhu dingin dari es batu akan membuat jaringan payudara bereaksi atau berkontraksi, sehingga payudara bisa jadi lebih kencang.

Mama bisa gunakan dua potong es batu untuk memijat payudara. Pijat dengan lembut sambil lakukan gerakan melingkar di sekitar payudara. Ingat untuk melakukan pijatan ini sebentar saja ya, setelah itu gunakan handuk lembut untuk mengeringkan payudara. Cukup mudah ya Ma!

Demikianlah tadi Ma, informasi mengenai 7 cara mengatasi payudara kendur setelah menyusui. Cara tersebut banyak menggunakan bahan alami, karena mudah di dapat dan minim efek samping. Jadi jangan ragu untuk mencobanya di rumah ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk