YouTuber Farida Nurhan Sempat Tak Makan Dua Hari saat Menyusui

Bersyukurnya, ASI-nya masih lancar meskipun tak makan dua hari Ma!

10 Januari 2022

YouTuber Farida Nurhan Sempat Tak Makan Dua Hari saat Menyusui
Instagram.com/farida.nurhan

Siapa yang tidak kenal dengan seorang Youtuber bernama Farida Nurhan?

Perempuan yang terkenal dengan jargonnya “awur-awur emplok” ini adalah mantan TKW (Tenaga Kerja Wanita), yang sekarang sukses menjalani bisnis dan menjadi seorang YouTuber terkenal.

Belum lama diketahui, Farida Nurhan atau yang kerap disapa Omay ini sempat membagikan kisah pilunya menjalani kehidupan setelah hamil di luar nikah dan melahirkan anak. Salah satunya yaitu, Farida Nurhan tak makan dua hari saat menyusui anaknya yang bernama Pramesta Dhyaz Ris Putri Wibowo.

Seperti apa kisah selengkapnya? Berikut Popmama.com telah merangkumnya untuk Mama.

1. Farida Nurhan akui hamil di luar nikah saat berusia 17 tahun

1. Farida Nurhan akui hamil luar nikah saat berusia 17 tahun
Youtube.com/insertlive

Perempuan asal Lumajang Jawa Timur ini mengatakan bahwa dirinya hamil di luar nikah saat usia 17 tahun dan masih duduk di bangku sekolah. Hal ini membuatnya tidak bisa melanjutkan pendidikan, karena usia kandungannya yang semakin besar.

“Saat SMA, di suatu jalan aku nggak bisa melanjutkan sekolah karena mengandung anakku. Mau nggak mau, karena kandunganku sudah besar, akhirnya aku menikah dan aku berhenti dari sekolah,” ungkap Farida dalam kanal Youtube Insertlive.

Editors' Picks

2. Pergi dari rumah karena takut mendengar cibiran tetangga

2. Pergi dari rumah karena takut mendengar cibiran tetangga
Instagram.com/farida.nurhan

Pandangan miring dari para tentanga karena kejadian tersebut, membuatnya merasa tidak tahan dan sering merasa takut. Sehingga ia memutuskan untuk pergi dari rumah ketika sedang mengandung. Saat itu, ia dan suami tinggal bersama di rumah mertuanya.

Bersyukurnya, Farida diperlakukan dengan sangat baik oleh keluarga mertuanya. Hal ini jugalah yang membuat perempuan berusia 39 tahun ini tidak pernah melupakan kebaikan mereka.

“Saat aku menikah, kau langsung pulang ke rumah mertuaku walaupun nggak disuruh. Karena kalau tinggal di rumah mamaku kayaknya aku nggak kuat dengan omongan tetangga. Mertua aku baik, semua keluarganya baik, sampai sekarang aku tidak pernah lupa kebaikan mereka,” kata Farida.

3. Farida Nurhan pakai daster yang sama saat hamil dan menyusui

3. Farida Nurhan pakai daster sama saat hamil menyusui
Instagram.com/farida.nurhan

Karena keterbatasan ekonomi kala itu, perempuan yang terkenal dengan konten mukbang ini sampai-sampai tidak bisa membeli baju Ma. Ia bahkan harus menggunakan daster yang sama saat hamil dan menyusui, lantaran tak ada baju lain yang bisa digunakan sebagai ganti.

“Aku masih inget itu, aku cuma punya satu daster yang aku pakai pada saat aku mengandung anakku. Setelah aku melahirkan, daster itu aku pakai lagi untuk menyusui, karena aku nggak punya baju lain, sampai dasterku yang kena air susu itu sampai hitam-hitam kayak gitu,” tuturnya.

Tapi hal ini tidak membuatnya sedih Ma. Farida mengatakan bahwa ia menjalani semuanya dengan sabar, ihklas, dan berusaha mengesampingkan ego lantaran sudah memiliki anak.

4. Sempat tak makan dua hari saat menyusui anaknya

4. Sempat tak makan dua hari saat menyusui anaknya
Instagram.com/farida.nurhan

Tentunya setelah melahirkan, setiap perempuan ingin menikmati momen indah bersama si Kecil ya Ma.

Tapi hal ini tidak bisa dirasakan oleh Farida lantaran dirinya masih harus berjuang menjalani hidup bersama anaknya. Perempuan kelahiran 3 September 1982 ini bahkan diketahui pernah tidak makan dua hari saat menyusui anaknya.

“Aku pernah tidak makan dua hari saat aku nyusuin anakku. Tapi itu alhamdulillah banget ya air susuku lancar” kata Farida.

Ia mengatakan kalau air susunya lancar bahkan sampai pada momen perpisahannya dangan sang Anak. Padahal menurutnya, sekarang ini banyak sekali perempuan yang ASI-nya tidak keluar setelah menyusui dua atau tiga bulan. Bagi dirinya, hal ini adalah sebuah kelebihan atau mukjizat dari Allah.

“Itu adalah kelebihan, itu mukjizat dari Allah,” jelasnya.

5. Bekerja di luar negeri membuat anaknya harus disapih lebih cepat

5. Bekerja luar negeri membuat anak harus disapih lebih cepat
Instagram.com/farida.nurhan

Dari kecil, Farida sudah memikirkan untuk pergi bekerja ke luar negeri. Keinginanya untuk menjadi TKW bahkan sudah terbesit saat ia duduk di bangku sekolah menengah pertama.

Ketika anaknya berusia 11 bulan dan sudah bisa berjalan, Farida memutuskan untuk melanjutkan keinginanya tersebut dan berangkat ke luar negeri. Kondisi ini tentu membuatnya harus menyapih sang Anak lebih cepat, supaya terbiasa untuk tidak menyusu langsung dari payudaranya.

“Waktu ke luar negeri itu, anakku kayak dikasih apa ya, dedaunan gitu lho biar dia tidak nyusu lagi ke aku,” ungkap Farida.

Hal inilah yang lantas membuatnya sedih, lantaran ia tidak bisa memberikan ASI lagi ke anaknya.

Nyatanya dengan segala masa lalu yang pernah dialaminya, Food Vlogger yang satu ini mengaku sangat bersyukur karena mendapatkan pelajaran hidup yang sangat berharga. Farida pun saat ini merasa nyaman sebagai dirinya sendiri dan bahagia menjalani hidupnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.