Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kontraksi di KRL, Ibu Melahirkan Bayi di Stasiun Tanah Abang

Siti Fatimah, sempat mengalami kontraksi hingga terpaksa harus melahirkan di Stasiun Tanah Abang

25 Januari 2023

Kontraksi KRL, Ibu Melahirkan Bayi Stasiun Tanah Abang
Twitter.com/zoelfick

Jelang persalinan, kontraksi memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, seperti yang dialami seorang Ibu bernama Siti Fatimah. Ia diketahui mengalami kontraksi di dalam gerbong KRL (Kereta Rel Listrik), dalam perjalanan dari Stasiun Tigaraksa menuju Stasiun Tanah Abang, pada Senin (23/1/23).

Siti Fatimah terpaksa harus melahirkan bayinya di Stasiun Tanah Abang, setelah merasakan nyeri di perut sejak KRL yang ditumpanginya memasuki Stasiun Palmerah.

Kabar mengenai seorang Ibu melahirkan bayi di Stasiun Tanah Abang ini langsung viral, setelah salah satu pengguna Twitter bernama Zulfikar Akbar membagikan foto-foto Siti Fatimah dan bayinya.

Berikut Popmama.com ulas informasi selengkapnya.

1. Viral di Twitter, seorang Ibu melahirkan bayi di Stasiun Tanah Abang

1. Viral Twitter, seorang Ibu melahirkan bayi Stasiun Tanah Abang
Twitter.com/zoelfick

Pada Senin (23/1/23), seorang pengguna Twitter bernama Zulfikar Akbar, membagikan kabar mengenai proses persalinan seorang Ibu di Stasiun Tanah Abang.

Ibu bernama Siti Fatimah tersebut diketahui sedang dalam perjalanan dan mengalami kontraksi di salah satu gerbong KRL No. 2033 relasi Tigaraksa - Tanah Abang. Ia pun lantas dibantu petugas dan berhasil melahirkan buah hatinya di Poskes Stasiun Tanah Abang.

“Di tengah riuhnya stasiun, pecah tangis bayi ini. Hari ini, ia lahir di Stasiun Tanah Abang,” ungkap Zulfikar dalam cuitannya di Twitter pada (23/1).

2. Kronologi Siti Fatimah melahirkan bayinya di Stasiun Tanah Abang

2. Kronologi Siti Fatimah melahirkan bayi Stasiun Tanah Abang
Twitter.com/zoelfick

Anne Purba, Vice President Corporate Communication PT KCI menjelaskan bahwa pengguna KRL bernama Siti Fatimah memang sedang hamil. Kala itu, Siti mengatakan bahwa dirinya mengalami kontraksi dan merasakan sakit di bagian perut seperti hendak melahirkan. Kondisi ini terjadi ketika commuterline yang ditumpanginya masuk di Stasiun Palmerah.

“Saat perjalanan commuterline masuk di Stasiun Palmerah, pengguna yang hamil atas nama Siti Fatimah merasakan sakit dan kontraksi pada perutnya seperti hendak melahirkan,” ujar Vice President Corporate Communication PT KCI Anne Purba dalam keterangannya, Rabu (25/1).

Saat itu, petugas pengawal KRL langsung berusaha membantu Siti dan segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan serta pengamanan Stasiun Tanah Abang. Sesampainya di Stasiun Tanah Abang, Siti langsung dibawa ke ruang Poskes (Pos Kesehatan) dan proses persalinan pun dilakukan di sana.

Siti Fatimah akhirnya melahirkan seorang bayi laki-laki secara normal, tepat pada Senin 23 Januari 2023 pukul 10.36 WIB. Ibu berusia 17 tahun tersebut dibantu Ade Firmansyah dan Mutiara Ramadhani selaku petugas Poskes, serta petugas pengawal KRL bernama Dasuki dan Rusli.  

Momen kelahiran bayi dari Siti Fatimah ini pun langsung viral di media sosial, khususnya Twitter dan Instagram.

3. Ibu dan bayi dalam kondisi selamat dan dirujuk ke RSUD Tarakan

3. Ibu bayi dalam kondisi selamat dirujuk ke RSUD Tarakan
Freepik/User18526052

Setelah melahirkan putranya, Siti Fatimah sempat menjalani perawatan intensif di Poskes Stasiun Tanah Abang. Namun setelah kondisinya cukup stabil, petugas kesehatan kemudian merujuk Siti ke RSUD Tarakan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dari kejadian yang dialami Siti Fatimah ini, pihak KAI Commuter Line mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu meminta bantuan dan pertolongan kepada petugas. Baik di dalam maupun di luar area stasiun kereta, jika membutuhkan bantuan.

Itu tadi Ma, cerita seorang Ibu melahirkan bayi di Stasiun Tanah Abang. Tentu ini jadi pengalaman melahirkan paling unik ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk