Review: Anti Kendor Menyusui, 1001 Solusi Masalah Menyusui

Buku ini akan memberikan banyak solusi dari masalah menyusui yang Mama hadapi

3 Januari 2021

Review Anti Kendor Menyusui, 1001 Solusi Masalah Menyusui
Popmama.com/Rianti
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Menyusui adalah sebuah proses yang menyenangkan sekaligus menantang bagi setiap mama. Karena tidak ada sekolahnya, Mama sebaiknya mencari informasi tentang menyusui dari berbagai sumber yang terpercaya. Salah satu sumber informasi yang bisa Mama jadikan rujukan adalah buku.

Saat ini semakin banyak buku mengenai menyusui yang beredar. Mama bisa memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu rekomendasi buku tentang menyusui yang bisa Mama baca adalah Anti Kendor Menyusui, yang ditulis oleh konselor laktasi Citra Ayu Mustika, yang dikenal lewat akun Instagram @olevelove.

Apa saja informasi yang bisa didapatkan dalam buku ini? Berikut Popmama.com merangkumnya untuk Mama.

1. Tantangan menyusui

1. Tantangan menyusui
Unsplash/Julie Johnson

Setiap mama tentu saja memiliki tantangan menyusui yang berbeda-beda. Tantangan tersebut seolah menjadi bagian dari perjalanan dalam menyusui. Dalam buku Anti Kendor Menyusui, Citra membagikan tantangan menyusui yang pernah dialaminya saat mengASIhi dua buah hatinya. Ia juga berbagi mengenai tantangan menyusui yang dialami ibu menyusui lain yang pernah ia temui.

Beberapa tantangan menyusui yang kerap terjadi adalah payudara bengkak, bayi menolak menyusui, pelekatan yang belum tepat, bayi hanya menyusui di satu sisi payudara, dan bingung puting. Pengalaman mengenai tantangan menyusui tersebut diceritakan Citra dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Semua tantangan-tantangan itu juga dibagikan lengkap dengan beberapa alternatif solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Editors' Picks

2. Kunci sukses menyusui bagi ibu bekerja

2. Kunci sukses menyusui bagi ibu bekerja
Pixabay/carlosalbertony

Sebelumnya, Citra merupakan seorang ibu bekerja yang berjuang untuk tetap bisa menyusui anaknya meski harus meninggalkan si Kecil di rumah. Kejar-kejaran memompa untuk mendapatkan stok ASI yang cukup pernah dialami Citra. Tapi ia tidak menyerah dan berusaha terus untuk tetap dapat menghasilkan ASI untuk sang Anak.

Pengalaman Citra menyusui saat harus bekerja lengkap dibagikan dalam buku ini. Ia memberikan tips apa saja yang harus dipersiapkan seorang mama saat harus kembali bekerja saat masih menyusui. Mulai dari jadwal pumping, memastikan stok ASI tercukupi saat harus bekerja, dan peralatan menyusui apa saja yang harus dimiliki. Semua dikupas tuntas di sini. Mama dijamin tidak perlu bingung lagi dalam mempersiapkan masa menyusui. Terlebih bagi Mama yang baru pertama kali menyusui.

3. Menyusui saat hamil kembali

3. Menyusui saat hamil kembali
Freepik/v.ivash

Banyak ibu menyusui yang dikaruniai kehamilan lagi saat masih menyusui. Lalu bagaimana dong dengan anak pertama? Apakah tetap boleh menyusui?

Citra juga membagikan pengalamannya saat harus menyusui di masa kehamilan atau dikenal dengan nursing while pregnant. Citra hamil anak kedua saat anak pertamanya, Zaida, baru berusia enam bulan. Di kehamilan kedunya ini, Citra mengalami perdarahan hingga dinyatakan sebagai kehamilan yang berisiko.

Namun, awalnya Citra tetap diperbolehkan menyusui, asalkan tidak mengalami kontraksi hebat dan demam. Tetapi, untuk memastikan keamanannya, Mama sebaiknya tetap berkonsultasi ke dokter bila hamil saat masih menyusui. Setip mama tentu memiliki kondisi kehamilan yang berbeda-beda. Maka, penting bagi Mama untuk mendapatkan pemeriksaan dokter.

4. Weaning with love

4. Weaning with love
Freepik

Setelah menyusui, tentu ada proses menyapih. Umumnya, bayi bisa mulai disapih setelah berusia dua tahun. Demi menjaga bonding dengan anak dan menjaga kondisi psikologis anak, menyapih sebaiknya dilakukan dengan penuh cinta atau yang biasa disebut weaning with love.

Beberapa tips weaning with love yang Citra terapkan pada anaknya adalah:

  • Sounding atau menyampaikan pada anak mengapa mereka harus disapih
  • Tidak menolak saat anak minta menyusu namun tidak menawarkannya lebih dulu
  • Membuat aturan menyusui, misalnya anak hanya boleh menyusui di tempat dan waktu tertentu
  • Memperbanyak camilan, asupan makanan, dan asupan minuman anak
  • Memperbanyak aktivitas seru untuk anak sehingga anak bisa teralihkan dari menyusui
  • Tidak menawarkan menyusui saat anak menangis
  • Meminta bantuan suami untuk ikut menyampaikan pada anak mengapa harus berhenti menyusui

5. Tips tetap mesra bersama pasangan saat menyusui

5. Tips tetap mesra bersama pasangan saat menyusui
Pexels/cottonbro

Salah satu masalah yang juga kerap dihadapi oleh ibu menyusui adalah masalah hubungan bersama pasangan. Perubahan hormon dan bertambahnya kesibukan merawat bayi, seringkali membuat para mama kehilangan hasrat seksual.

Hal tersebut disadari betul oleh Citra, sehingga ia juga menuangkannya dalam satu bab tambahan di buku ini. Di sini ia membagikan tips bagaimana agar tetap mesra bersama pasangan saat menyusui. Mulai dari membangun komunikasi yang efektif bersama suami hingga tips menjalani foreplay agar hubungan seks kembali berjalan seperti sebelumnya.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa Mama dapatkan dalam buku Anti Kendor Menyusui yang ditulis oleh Citra Ayu Mustika. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.