Telah Hadir, KB Suntik 2 Bulanan Pertama di Indonesia

Kini Mama tidak perlu suntik KB setiap bulan untuk menunda kehamilan

12 Mei 2021

Telah Hadir, KB Suntik 2 Bulanan Pertama Indonesia
Pixabay/qimono

Setiap keluarga tentunya memiliki perencanaan keluarga masing-masing. Kontrasepsi menjadi sebuah usaha yang bisa mendukung rencana keluarga yang sudah Mama dan Papa buat. KB suntik menjadi alat kontrasepsi yang banyak dipilih oleh perempuan di Indonesia. Berdasarkan data BKKBN ada 202 ribu perempuan yang melakukan suntik KB selama periode Januari hingga Maret 2021.

Suntik KB memang menjadi pilihan alat kontrasepsi yang digemari karena efektif, praktis, dan harga yang terjangkau. Sebelumnya, telah tersedia dua jenis KB suntik, yaitu KB suntik satu bulanan yang mengandung hormoh progesteron dan estrogen. Satu lagi adalah jenis KB suntik tiga bulanan yang hanya mengandung hormon progestin.

Nah, saat ini telah hadir KB suntik dua bulanan pertama di Indonesia. Seperti apa efektivitas KB suntik tersebut?

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya untuk Mama.

Editors' Picks

1. Mengandung hormon kombinasi

1. Mengandung hormon kombinasi
Dok. DKT Indonesia

KB suntik dua bulanan yang diluncurkan oleh DKT Indonesia merupakan KB suntik yang mengandung hormon kombinasi, yaitu hormon Medroxyprogesterone Acetate 65 mg/mL dan Estradiol Cypionate 7,5 mg/ml. KB suntik tersebut efektif mencegah kehamilan dengan mekanisme kerja menghambat sekresi gonadotropin sehingga mencegah pematangan folikel dan ovulasi, dan juga penebalan mucus pada mulut rahim, tipis endometrium sehingga mengurangi
kemungkinan terjadinya implantasi.

2. Efektif mencegah kehamilan

2. Efektif mencegah kehamilan
Freepikt/tirachardz

Efektivitas KB suntik dua bulanan sama dengan KB suntik yang sudah ada sebelumnya, yaitu mencegah kehamilan hingga 99 persen. Sehingga KB suntik dua bulanan ini bisa menjadi alternatif bagi Mama yang menginginkan KB suntik yang lebih ekonomis karena tidak perlu melakukan suntik setiap bulan seperti saat mendapatkan KB suntik kombinasi satu bulanan.

"Selain efektif mencegah kehamilan, KB suntik dua bulanan juga akan membuat menstruasi tetap lancar," ucap Brand Manager Andalan Kontrasepsi, Apt. Roni Syamson, S. Farm.

3. Keunggulan KB suntik dua bulanan

3. Keunggulan KB suntik dua bulanan
Freepik

KB suntik dua bulanan bisa menjadi alternatif bagi Mama yang selama ini sudah terbiasa dengan KB suntik satu bulanan atau Mama yang baru ingin mencoba menggunakan alat kontrasepsi.

Berikut ini beberapa kelebihan KB suntik dua bulanan:

  • Efektif mencegah kehamilan
  • Menghambat pelepasan sel telur dari indung telur
  • Menghambat pertemuan sel sperma dan sel telur
  • Menstruasi tetap teratur setiap bulan
  • Lebih nyaman dengan frekuensi suntik setiap dua bulan sekali
  • Lebih ekonomis
  • Tidak ada perubahan yang signifikan terhadap hasil rekam medis, baik tekanan darah, denyut nadi, dan gula darah

Meski memiliki banyak kelebihan, KB suntik dua bulan tidak boleh digunakan oleh ibu menyusui, penderita penyakit pembuluh darah otak dan jantung, dan perempuan yang memiliki riwayat penyakit thrombophlebitis atau thromboemboli vena dalam.

Itulah informasi mengenai KB suntik dua bulanan pertama di Indonesia. Pastikan Mama selalu berkonsultasi ke dokter atau bidan sebelum memilih alat kontrasepsi yang akan Mama gunakan, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.