Ini 5 Cara Mengetahui Pembukaan Persalinan

Pembukaan persalinan lahiran adalah proses pembukaan pada leher rahim atau serviks

19 April 2021

Ini 5 Cara Mengetahui Pembukaan Persalinan
Pexels/lucas mendes

Ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga, maka Mama perlu mempersiapkan segala kebutuhan dan metode persalinan. Bagi Mama yang sedang mempersiapkan persalinan normal, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda pembukaan persalinan. 

Pembukaan persalinan atau lahiran adalah proses pembukaan pada leher rahim atau serviks yang dihitung per sentimeter. Leher rahim tersebut akan  terbuka untuk menjadi jalur lahir bayi. Pembukaan persalinan akan dijadikan patokan oleh dokter untuk menentukan waktu melahirkan. 

Bagi Mama yang baru pertama kali melahiran, tak perlu khawatir karena tanda-tanda pembukaan lahiran mudah dikenali. Berikut Popmama.com rangkum lima cara mengetahui pembukaan persalinan.

1. Kontraksi semakin kuat saat pembukaan satu

1. Kontraksi semakin kuat saat pembukaan satu
Freepik/Comzeal

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pembukaan persalinan akan terjadi dari satu sampai 10. Tanda awal pembukaan satu adalah Mama merasakan kontraksi yang semakin kuat dan teratur. Kontraksi akan dirasakan di seluruh permukaan perut hingga area pinggang. 

Kontraksi juga disertai rasa mulas pada area perut bagian bawah. Rasa mulas itu bisa datang dan menghilang. Rasa mulas itu akan terus terasa hingga pembukaan lima. 

Editors' Picks

2. Keluar bercak lendir saat pembukaan satu hingga tiga

2. Keluar bercak lendir saat pembukaan satu hingga tiga
Freepik/alexander_safonov

Cara lainnya untuk mengetahui pembukaan persalinan adalah mengecek pakaian dalam mama. Pasalnya, saat pembukaan satu hingga tiga, akan ada bercak lendir berwarna cokelat kemerahan yang akan menempel pada celana dalam mama. 

Keluarnya lendir bercampur darah itu menandakan adanya robekan pada dinding mulut rahim akibat tekanan dari janin yang sedang mencari jalan lahir. Ketika ada lendir berwarna cokelat kemerahan itu, Mama tak perlu panik karena biasanya Mama masih bisa beraktivitas di rumah. 

3. Air ketuban pecah

3. Air ketuban pecah
Freepik/freepic.diller

Tanda lainnya pembukaan persalinan adalah air ketuban pecah. Ketika air ketuban pecah maka pembukaan persalinan biasanya sudah memasuki pembukaan empat ke atas. Itu artinya proses persalinan semakin dekat dan si Kecil siap untuk dilahirkan. 

Ketika ketuban pecah, Mama harus segera ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter. Pemeriksaan yang dilakukan bertujuan untuk menghindari infeksi akibat air ketuban. 

4. Nyeri punggung saat pembukaan tujuh

4. Nyeri punggung saat pembukaan tujuh
Freepik

Setelah air ketuban pecah, bayi akan terus bergerak menuju jalan lahir. Akibatnya, Mama akan sering merasakan kontraksi yang semakin kuat. Durasi kontraksi biasanya satu sampai dua menit dengan jarak setiap kontraksi adalah dua sampai tiga menit. 

Selain merasakan kontraksi yang semakin kuat, Mama akan merasakan nyeri punggung. Nyeri punggung saat pembukaan tujuh tentu berbeda dengan pembukaan pertama. 

Rasa nyeri akan semakin kuat sehingga Mama akan memegang tangan papa atau meminta orang lain mengusap-usap punggung hingga pinggang untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. 

5. Keinginan kuat untuk mengejan

5. Keinginan kuat mengejan
Freepik/odua

Ketika masuk pembukaan delapan hingga sembilan, Mama sudah memiliki keinginan untuk mengejan dan lendir yang keluar pun semakin banyak. 

Keinginan untuk mengejan akan terus muncul hingga pembukaan sempurna yakni ketika rahim sudah terbuka 10 cm dan air ketuban semakin mengalir. 

Selama proses pembukaan persalinan, dokter akan mendampingi mama dan membimbing untuk mengejan ketika pembukaan sudah sempurna. 

Itulah lima cara mengetahui pembukaan persalinan bagi Mama yang ingin melahirkan normal. Perlu diingat bahwa proses persalinan normal memang memberikan efek sakit yang lebih kuat dibanding operasi caesar, namun efek samping yang ditimbulkan lebih ringan daripada operasi.

Semangat menuju hari persalinan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.