Kaya DHA, Ini Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Menyusui

Ikan lele dikenal karena harganya yang murah

4 Maret 2021

Kaya DHA, Ini Manfaat Ikan Lele Ibu Menyusui
Freepik/poringdown

Ikan lele adalah jenis ikan yang mudah ditemukan di pasaran. Lele kerap dijadikan lauk pendamping lalapan sehingga tak heran banyak orang yang menyukai lele. 

Walaupun dikenal dengan harganya yang murah, lele tetap mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk bagi ibu menyusui. Dalam 100 gram ikan lele, terkandung 145 kalori, 15 gram protein, sembilan gram lemak, dan sejumlah nutrisi lainnya di antaranya asam lemak jenuh, karbohidrat, kalium, dan sodium. 

Lalu, apa saja manfaat lele untuk ibu menyusui? Popmama.com telah merangkum penjelasannya di bawah ini.

1. Sumber DHA untuk tumbuh kembang bayi

1. Sumber DHA tumbuh kembang bayi
Freepik/dwiputras

Ibu menyusui harus memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya sendiri dan bayi. Pasalnya, bayi masih bergantung pada ASI untuk pemenuhan nutrisi hariannya. 

Perlu Mama ketahui bahwa lele mengandung tinggi DHA yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan DHA bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem saraf utama si Kecil. 

Selain itu, kandungan DHA juga dibutuhkan untuk kesehatan mata bayi. Itulah sebabnya, semakin banyak lele yang Mama konsumsi, semakin banyak pula kandungan nutrisi dalam ASI yang akan diberikan kepada bayi.

Editors' Picks

2. Mendukung kesehatan tulang dan gigi bayi

2. Mendukung kesehatan tulang gigi bayi
Freepik/poringdown

Selain nutrisi yang telah disebutkan sebelumnya, lele juga mengandung 100 gram fosfor. Kandungan fosfor dalam ikan lele bahkan lebih tinggi dibanding telur. 

Kandungan fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi mama serta si Kecil. Selain itu, fosfor juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang bayi, membantu penyerapan kalsium, dan proses metabolisme. Metabolisme yang baik dapat mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal. 

3. Meningkatkan imunitas

3. Meningkatkan imunitas
Freepik/dwiputras

Satu ekor lele diperkirakan mengandung 15 gram protein yang mampu memenuhi kebutuhan protein harian mama. Protein dibutuhkan tubuh untuk membangun massa otot sekaligus meningkatkan imunitas. 

Sistem imunitas yang baik diperlukan oleh ibu menyusui agar tidak mudah terserang penyakit. Seperti diketahui, ibu menyusui mengalami perubahan hormon yang berisiko menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, Mama butuh asupan nutrisi yang lebih banyak untuk menjaga daya tahan tubuh. 

4. Memelihara kesehatan jantung

4. Memelihara kesehatan jantung
Freepik/jcomp

Selanjutnya kandungan kalium dan natrium pada ikan lele mampu memelihara kesehatan jantung dan melancarkan sistem peredaran darah. Kandungan kalium juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah, mendukung fungsi kerja otot, dan melancarkan pengiriman oksigen ke otak. 

Mama pun tak perlu khawatir karena ikan lele termasuk dalam jenis ikan dengan kadar kalori rendah. Oleh karena itu, mengonsumsi lele tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Mama sebaiknya mengolah lele dengan cara dibakar atau dipanggang dibanding menggoreng lele agar nutrisinya tetap terjaga. 

Itulah beberapa manfaat ikan lele untuk ibu menyusui. Dalam beberapa kasus, ikan lele juga dapat menyebabkan diare dan sakit perut. Oleh karena itu, pilihlah ikan lele yang segar dan cuci bersih terlebih dahulu sebelum mengolahnya. 

Baca juga :


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.