Dukung Masa Menyusui, Ini 8 Rekomendasi Kantong ASI Perah

Jangan sampai salah pilih ya, Ma

19 Mei 2022

Dukung Masa Menyusui, Ini 8 Rekomendasi Kantong ASI Perah
Unsplash/Lucy Wolski

Selain pompa ASI, perlengkapan wajib yang harus Mama siapkan saat menyimpan ASI adalah kantong ASI perah. Pasalnya, produk ini akan menjadi tempat penyimpanan utama setelah memerah ASI, sebelum akhirnya diberikan pada si Kecil. Tentunya, produk yang digunakan harus tahan suhu dingin dan bebas dari kandungan zat berbahaya agar tidak mengancam kesehatan si Kecil.

Selain kualitas, kenyamanan desain juga menjadi pertimbangan. Dan di tengah banyaknya produk yang beredar, mungkin Mama bingung menentukan mana yang cocok. Namun tenang Ma, berikut ini Popmama.com telah menyajikan rekomendasi kantong ASI perah yang bisa dipilih, baik dari segi kualitas maupun desain.

1. Gabag Kolibri Smart Breastmilk Storage

1. Gabag Kolibri Smart Breastmilk Storage
Lazada.co.id

Walaupun produk lokal, namun Mama bisa mempercayakan penyimpanan ASIP pada Gabag Kolibri. Selain versi klasik yang cantik, Mama juga bisa memilih versi Smart Breastmilk Storage yang memiliki manajemen digital. Aplikasinya pun bisa Mama dapatkan di PlayStore atau App Store.

Harganya juga cukup terjangkau namun sudah dilengkapi dengan double zipper yang menjamin keamanan. Mama bisa langsung menggunakannya karena produk ini sudah menjalani proses sterilisasi dengan sinar Gamma.

2. Lansinoh

2. Lansinoh
lansinoh.com

Salah satu kriteria produk yang baik untuk bayi adalah bahan yang bebas BPA namun memiliki kualitas tinggi. Di antara banyak produk yang ada di pasaran, salah satu yang bisa Mama percaya adalah Lansinoh Breastmilk Storage Bag. Tak hanya BPA free, produk ini juga tidak mengandung BPS.

Lansinoh dibuat dari polyethylene yang terkenal kuat dan aman untuk makanan. Karenanya, Mama tak perlu khawatir ada benda berbahaya yang terminum oleh si kecil. Produk ini memungkinkan Mama untuk menyimpan ASIP dalam freezer hingga enam bulan.

3. Little Baby

3. Little Baby
Blibli.com

Dalam kondisi terburu-buru, kadang kita melakukan kesalahan saat menuang ASI, sehingga membuatnya tumpah sia-sia. Namun hal itu bisa diminimalkan jika Mama menggunakan Little Baby. Dengan kapasitas volume hingga 200 ml, Mama bisa menyimpan ASIP dalam jumlah banyak dalam satu kantong.

Kelebihan lain, produk ini juga dilengkapi dengan sensor thermal yang memungkinkan Mama mengatur suhu penyimpanan yang sesuai sehingga menghindari ASI rusak karena suhu terlalu tinggi atau rendah.

Editors' Picks

4. Malish Save ‘N Go Breast Milk Bag

4. Malish Save ‘N Go Breast Milk Bag
Shopee.co.id

Bukan produk bayi namanya jika tidak menampilkan desain yang lucu. Hal itulah yang jadi kelebihan dari Malish Save ‘N Go Breast Milk Bag. Warnanya sangat cantik dan menampilkan berbagai karakter lucu yang bakal jadi mood booster sehingga Mama tetap semangat menjadi pejuang ASI.

Produk ini juga terjamin keamanannya karena terbuat dari bahan BPA free, dan dilengkapi dengan double track zipper.  Selain tidak akan merusak kualitas ASI, zipper pada kantong ini juga memberikan perlindungan ekstra untuk mencegah ASI tumpah.

5. Natural Moms Breastmilk Bag

5. Natural Moms Breastmilk Bag
Blibli.com

Produk ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk para pejuang ASI. Dibuat dari bahan yang kuat dan tebal, Mama tak perlu khawatir isinya bocor atau rusak. Dari segi keamanan produk, Natural Moms Breastmilk Bag juga terbuat dari bahan BPA free sehingga takkan merusak ASI.

Produk ini juga dilengkapi dengan thermal sensor yang memudahkan Mama mengatur suhu penyimpanan. Bagian plastik yang transparan memungkinkan Mama melihat kondisi ASIP. Produk ini bisa tahan hingga 12 bulan di dalam freezer.

6. Philips Avent Breast Milk Storage Bag

6. Philips Avent Breast Milk Storage Bag
Blibli.com

Kualitas bahan adalah hal penting dalam setiap produk untuk bayi. Untuk hal ini, Mama bisa mempercayakannya pada Philips Avent Breast Milk Storage Bag. Kantong ini dibuat dari bahan BPA free yang akan menjaga kualitas ASIP sehingga takkan tercemar zat berbahaya.

Produk ini juga memiliki tutup zipper ganda yang aman dan antibocor. Hal ini membuat Mama lebih yakin saat bepergian dan menempatkannya berdesakan di lemari pendingin. Desain yang simple namun cantik juga menjadi salah satu daya tarik.

    7. Pigeon

    7. Pigeon
    Blibli.com

    Produk-produk dari Pigeon memang sudah dikenal memiliki kualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi. Selain produk perawatan bayi, Mama juga bisa mempercayakan pemilihan kantong ASI pada brand ini. Warnanya sebagian transparan sehingga memudahkan Mama melihat kondisi ASI.

    Uniknya, bagian atas kantong ASI ini berbentuk corong sehingga memudahkan saat menuangkan ASI, dan menghindari tumpah. Saat penyimpanan, Mama juga tak perlu khawatir bocor karena double zipper lock yang memastikan semua terjaga.

    8. Tommee Tippee Express

    8. Tommee Tippee Express
    tommeetippee.com

    Produk ini adalah yang paling cocok untuk Mama yang suka hidup praktis. Tommy Tippee Express menggabungkan semua fungsi, mulai dari memerah, menyimpan, hingga meminumkan ASIP dalam satu wadah. Sebagaimana produk kantong ASI pada umumnya, Tommee Tippee juga dilengkapi ukuran yang menunjukkan berapa volume ASI di dalamnya.

    Desainnya pun cukup memudahkan Mama dalam melakukan semua proses di atas. Tutup ulir yang mudah dibuka dan ditutup akan menghemat waktu dalam rangkaian rutinitas terkait ASIP. Mama bisa menggunakan adaptor sehingga bisa menggabungkannya dengan dot apa saja sebelum meminumkan ASIP.

    Ternyata banyak sekali ya rekomendasi kantong ASI perah untuk mendukung proses menyusui. Mama bisa memilih salah satu dari produk yang Popmama.com bahas di atas. Selain itu, Mama juga bisa menggunakan produk lain, selama kualitas dan keamanannya benar-benar bisa dipercaya.

    Baca Juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk