7 Hidangan Khas Berbagai Negara yang Disajikan setelah Melahirkan

Macam-macam jenis makanan dan minuman dari berbagai negara untuk menyambut sang bayi

7 Desember 2021

7 Hidangan Khas Berbagai Negara Disajikan setelah Melahirkan
Freepik/KamranAydinov

Di setiap negara, masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda untuk merayakan kelahiran bayi. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, namun tetap bermanfaat untuk si Mama ataupun bayinya.  

Mengonsumsi makanan ataupun minuman unik di setiap negara dapat bermanfaat juga untuk pemulihan si Mama atau bahkan untuk kebaikan pencernaan pasca kelahiran. Kali ini Popmama.com akan memberikan info 7 makanan dan minuman setelah melahirkan di beberapa negara.  

1. Turki: Lohusa Serbeti

1. Turki Lohusa Serbeti
Flickr/Melda
Lohusa Serbeti dari Turki

Minuman merah ini pertama kali disajikan kepada para ibu saat mereka masih di rumah sakit dengan harapan dapat meningkatkan produksi ASI.

Kemudian, minuman manis dengan bahan utama kayu manis dengan cengkeh ini disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung ke rumah yang baru saja melahirkan lho.

2. Jepang: Sekihan

2. Jepang Sekihan
Aboutjapanesefood.com
Sekihan dari Jepang

Hidangan tradisional ini adalah makanan pokok di setiap acara khusus di Jepang. Jadi, ini adalah pilihan populer untuk merayakan kedatangan bayi. Dibuat dengan nasi manis atau ketan dan dimasak dengan kacang merah adzuki sehingga makanannya berwarna merah meriah.

Editors' Picks

3. Belanda: Beschuit Met Muisjes

3. Belanda Beschuit Met Muisjes
Freeimages/Sven van der Spree
Beschuit Met Muisjes dari Belanda

Belanda memiliki sejumlah tradisi yang nggak akan temukan di tempat lain. Salah satunya adalah memakan beschuit met Muisjes®, suguhan yang disajikan kepada teman dan keluarga setelah melahirkan. 

Dilansir dari iamexpat.nl, jika bayi yang baru lahir memiliki saudara kandung yang lebih tua dan bersekolah, anak-anak ini membawa makanan itu ke sekolah untuk disajikan kepada guru dan teman sekelas sebagai tanda kebahagiaan menyambut adik yang baru lahir.

Beschuit adalah biskuit atau rusk bulat, keras dan kering (juga dikenal sebagai Dutch crispbakes) dengan ketebalan sekitar satu sentimeter dan terbuat dari roti yang dipanggang dua kali.

Bagian atas biskuit dilapisi dengan olesan mentega, yang juga berfungsi untuk menjaga agar Muisjes® tidak jatuh. Muisjes®​​​​, yang berarti tikus, adalah biji dari tanaman adas manis (adas manis) yang dilapisi lapisan gula.

4. Korea Selatan: Miyeok Guk

4. Korea Selatan Miyeok Guk
sbs.com.au
Miyeok Guk dari Korea Selatan

Sup rumput laut ini menjadi makanan khas Korea yang disajikan saat perempuan melahirkan. Sup rumput laut memiliki nutrisi yang bisa membantu memulihkan kesehatan perempuan setelah melahirkan.

Sup rumput laut ini sering jadi makanan yang kerap disajikan bukan hanya untuk pascapersalinan, melainkan kerap disajikan kapan saja karena memiliki kandungan serat, omega 3, magnesium, kalsium dan zat besi. 

5. Lebanon: Ainar Spiced Tea

5. Lebanon Ainar Spiced Tea
tarasmulticulturaltable.com
Ainar Spiced Tea

Selanjutnya minuman khas saat melahirka dari Turki, namanya Lohusa Serbeti. Lohusa Serbeti merupakan 'teh pascakelahiran' yang menjadi salah satu hidangan wajib khas Turki untuk perempuan yang baru melahirkan. 

Bukan hanya untuk si Mama baru saja yang meminum teh yang berisi rempah-rempah, gula, kacang-kacangan memberikan rasa manis, dan adas manis ini, para tamu yang berkunjung untuk menjenguk bayi juga dihidangkan teh ini.

Teh ini berguna untuk membantu sang Mama yang baru melahirkan lebih merasa rileks dan pastinya membantu tubuh cepat pulih setelah melahirkan

6. China: Red Eggs

6. China Red Eggs
Miaomiaokidz.com
Red Eggs dari China

Di China menjadikan telur yang dikuliti dan diwarnai merah untuk perayaan satu bulan bayi. Warna merah yang jadi simbol tradisional Tiongkok dan digunakan dalam perayaan tonggak sejarah lainnya. Merah dikatakan dengan kebahagiaan dan keberuntungan.  

7. Mesir: Moghat

7. Mesir Moghat
m2mpostpartum.org
Moghat dari Mesir

Selama sebou (perayaan yang berlangsung satu minggu bayi lahir) si Mama dan tamu meminum ramuan kental yang terbuat dari air panas, gula, dan bubuk herbal premade, yang dipercaya orang Mesir mendorong produksi ASI pada ibu menyusui.  

Nah, itu dia macam-macam makanan dan minuman dari berbagai negara yang dipercaya untuk dikonsumsi setelah melahirkan. Sangat menarik bukan?  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.