5 Hal yang Memengaruhi Keberhasilan KB, Apa Saja Ya Ma?

Jangan sampai bablas nih, Ma

29 Maret 2020

5 Hal Memengaruhi Keberhasilan KB, Apa Saja Ya Ma
Freepik/rawpixel.com

Penggunaan KB atau alat kontrasepsi sangat efektif untuk mendukung perencanaan kapan waktu yang tepat bagi kamu dan pasangan memiliki anak. Termasuk untuk mengatur jarak kapan punya anak pertama dan anak kedua.

Jika kamu baru saja melahirkan anak pertama, tentu perlu cukup waktu untuk beradaptasi dan tidak ingin langsung hamil anak kedua.

Gunakan KB dengan tepat!

Menurut metode kontrasepsi juga bisa diatur berdasarkan kurun waktu pemakaiannya. Setiap jenisnya memiliki waktu penggunaan dan efektifitas yang berbeda-beda.

KB dibagi berdasarkan waktunya, sebagai berikut:

Jangka panjang, 3-10 tahun

Seperti penggunaan IUD, implan, vasektomi, dan tubektomi (sterilisasi)

Jangka pendek, 120 jam-1 tahun

Seperti penggunaan pil KB, kontrasepsi darurat, kondom, KB suntik, metode kalender, senggama terputus, atau metode menyusui yang tidak menggunakan kontrasepsi khusus hanya dengan cara alami.

Nah, kamu juga perlu mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi keberhasilan KB. Berikut Popmama.com sebutkan, simak yuk Ma.

1. Tidak sedang hamil muda

1. Tidak sedang hamil muda
Freepik

Saat memulai pakai KB, apapun jenisnya sebaiknya kamu sudah memastikan kalau kamu sedang tidak hamil. 

Kamu juga sebaiknya tidak habis berhubungan badan dengan suami pas tepat di tanggal ovulasi kamu. 

Jika tetap ingin memulai KB maka konsultasikan ke dokter dan terangkan semua kondisinya terlebih dulu. Agar pemeriksaan dilakukan secara seksama oleh dokter kandungan sebelum menentukan jenis KB yang hendak dipakai.

2. Cara pakai tepat

2. Cara pakai tepat
Freepik

Pastikan cara pemakaian KB yang kamu pilih sudah tepat. Pil KB dan implan tentu berbeda pemakaiannya.

Pastikan kamu sudah memakai sesuai dengan cara penggunaan secara tepat ya, Ma.

Editors' Picks

3. Disiplin

3. Disiplin
Freepik/yanalya

Jangan main-main dengan kedisiplinan saat menggunakan KB jenis apapun. Misal kamu memilih pil KB maka pastikan kamu meminumnya di jam yang sama untuk mendapatkan hasil yang efektif. 

Jangan sampai bolong atau lupa sekali ya Ma.

Begitu pula jika kamu pakai KB suntik. Segera kembali ke dokter atau bidan jika sudah datang waktunya untuk suntik ulang.

4. Kontrol rutin

4. Kontrol rutin
Freepik

Ketahui segala perkembangan dengan melakukan kontrol rutin ke dokter atau bidan. Jika ada keluhan segera sampaikan dan temukan solusi agar kamu tetap merasa nyaman selama menggunakan KB yang kamu pilih.

5. Pemakaian obat-obatan lain

5. Pemakaian obat-obatan lain
Freepik

Jika kamu juga perlu menggunakan obat-obatan lain, sebaiknya diminum tidak berbarengan dengan pil KB. Beri jeda sekitar 2 jam.

Bila perlu konsultasikan ke dokter kandungan kamu dulu. Terkadang ada obat yang meluruhkan manfaat dari pil KB. Manfaatnya jadi hilang dan rentan membuat gagal. 

Itulah 5 hal yang memengaruhi keberhasilan KB yang sedang kamu jalani. Jangan sungkan untuk kokunikasikan ke dokter kandungan atau bidan untuk hasil yang maksimal ya, Ma.

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.