TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Ibu Hamil Menelan Sperma?

Apakah sperma yang ditelan ibu hamil berbahaya atau justru punya manfaat?

8 Agustus 2022

Bolehkah Ibu Hamil Menelan Sperma
Unsplash/Dainis Graveris

Beberapa pasangan senang melakukan seks oral untuk merangsang atau saling memuaskan. Ada pula perempuan yang melakukannya hingga menelan sperma pasangan. Hal ini wajar terjadi saat sedang bercinta. Namun saat sedang mengandung, bolehkah ibu hamil menelan sperma?

Saat dokter kandungan memperbolehkan ibu hamil melakukan hubungan seks dengan pasangan, tentu ia akan melakukannya dengan cara yang kurang lebih sama dengan saat sebelum hamil.

Jika ia dan pasangan termasuk yang menikmati oral seks, tentu kegiatan tersebut tidak akan terlewatkan. Namun, apakah menelan sperma akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin?

Nah, untuk menjawab pertanyaan Mama tentang bolehkah ibu hamil menelan sperma, Popmama.com sudah siapkan penjelasan lengkapnya khusus untuk Mama.

Editors' Picks

Ibu Hamil Boleh Melakukan Oral Seks dan Menelan Sperma

Ibu Hamil Boleh Melakukan Oral Seks Menelan Sperma
Freepik

Kabar gembira bagi penikmat oral seks, ibu hamil dinyatakan boleh menelan sperma pasangannya. Namun, harus dipastikan bahwa pasangan tersebut tidak memiliki infeksi menular seksual atau sexually transmitted infections (STIs).

Jika pasangan memiliki infeksi menular seksual, maka oral seks tidak boleh dilakukan, karena akan banyak penyakit yang bisa tertular ke ibu hamil, misalnya HIV. Apalagi, beberapa infeksi menular seksual bisa diturunkan pada bayi.

Setiap ibu hamil tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Jadi, pastikan pasangan tidak memiliki STIs atau gunakan kondom dan pelindung mulut jika ingin tetap melakukan oral seks, ya.

Nutrisi yang Terkandung di Dalam Sperma

Nutrisi Terkandung Dalam Sperma
Freepik/Subsri

Sperma yang keluar dalam satu kali ejakulasi diketahui memiliki total kalori sebanyak 5-25 kalori saja. Meskipun jumlahnya sangat sedikit, sperma ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti:

- Kalsium
- Sitrat
- Fruktosa
- Glukosa
- Asam laktat
- Magnesium
- Potasium
- Protein
- Zat besi

Jika seorang perempuan melakukan oral seks bersama pasangan, maka ia akan mendapatkan nutrisi tersebut saat menelan spermanya. Namun karena jumlah sperma yang keluar tidak banyak, maka jumlah kalori dan nutrisi yang didapatkan pun hanya sedikit.

Manfaat Menelan Sperma untuk Ibu Hamil

Manfaat Menelan Sperma Ibu Hamil
Pexels/Moose Photos

Meskipun tidak semua perempuan menikmati atau senang memberikan oral seks pada pasangannya, namun ternyata  menelan sperma saat hamil pun punya manfaat tersendiri, lho.

Beberapa studi menyebutkan bahwa menelan sperma saat hamil bisa mengurangi risiko keguguran atau preeklamsia. Wah, tidak disangka, bukan?

Preeklamsia adalah gangguan tekanan darah yang terjadi pada ibu hamil dan dapat menyebabkan komplikasi termasuk kerusakan pada organ vital, khususnya ginjal dan hati. Umumnya, gangguan preeklamsia muncul setelah minggu ke-20 kehamilan.

Namun jangan khawatir, jika tidak menyukai oral seks, ibu hamil masih bisa menggunakan cara lain untuk mencegah terjadinya keguguran atau preeklamsia. Segera tanyakan ke dokter kandungan agar mendapatkan solusi terbaiknya, ya!

Nah, itu dia tadi pembahasan tentang bolehkah ibu hamil menelan sperma. Setelah mengetahui bahwa kegiatan ini aman, apakah Mama berencana melakukannya juga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk