TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Manfaat Buah Amla untuk Ibu Hamil Muda

Kandungan vitamin C dari buah ini sangat baik untuk kehamilan lho, Ma

19 November 2022

8 Manfaat Buah Amla Ibu Hamil Muda
Freepik/Spams

Buah-buahan sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. Buah yang kaya vitamin dan bisa dikonsumsi ibu hamil muda salah satunya adalah buah amla.

Amla atau gooseberry India adalah buah yang berbentuk mirip lemon, berwarna hijau serta memiliki rasa manis dan asam. Amla kaya akan vitamin C dan antioksidan serta mengandung zat besi, fosfor, dan kalsium.

Mengonsumsi amla memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi ibu hamil khususnya di trimester pertama.

Kali ini Popmama.com akan merangmuk manfaat buah amla untuk ibu hamil muda yang dilansir dari MomJunction. Yuk, kita simak informasinya!

1. Membantu mengatur tekanan darah

1. Membantu mengatur tekanan darah
Unsplash/Rawpixel

Salah satu kebaikan buah amla untuk ibu hamil muda yakni bisa mengatur tekanan darah. Seperti yang Mama tahu buah amla kaya akan vitamin C yang membantu melebarkan pembuluh darah dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Selain itu, minum segelas jus amla segar dapat membantu mengurangi keasaman dalam perut dan mulas selama kehamilan. Dengan rutin mengonsumi buah ini secukupnya dipercaya bisa mencegah timbulnya risiko kanker perut.

2. Mengurangi morning sickness

2. Mengurangi morning sickness
Freepik/Senivpetro

Morning sickness adalah salah satu gejala awal kehamilan yang mengganggu banyak ibu hamil.

Buah yang mengandung vitamin C biasanya memang sudah terbukti untuk mengatasi mual di kehamilan trimester pertama. Buah amla juga bisa mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil muda.

Terlebih buah ini dapat meningkatkan energi dan memiliki sifat meremajakan yang membantu mengatasi serta mencegah kelelahan selama hamil.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels/Ketut Subiyanto

Kandungan antioksidan pada buah amla dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan vitamin C membantu memerangi infeksi seperti pilek dan infeksi saluran kemih, yang umum terjadi selama kehamilan.

Manfaat tambahan lainnya adalah meningkatkan kualitas ASI pasca melahirkan sehingga dapat meningkatkan kekebalan imun bayi.

Editors' Picks

4. Sumber kalsium

4. Sumber kalsium
Freepik/Yanalya

Kandungan kalsium dalam buah amla berkontribusi pada perkembangan gigi dan tulang janin.

Selama kehamilan, kebutuhan kalsium berlipat ganda karena kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin diekstraksi dari tulang ibunya.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah amla secara teratur bisa mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil.

5. Mengurangi risiko diabetes gestasional

5. Mengurangi risiko diabetes gestasional
Freepik/jcomp

Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil. Diabetes cenderung paling sering terjadi pada ibu hamil di trimester kedua, yaitu antara minggu ke-24 dan ke-28 kehamilan.

Buah amla dipercaya memilki sifat anti-diabetes. Jika Mama rutin mengonsumsi buah ini kemungkinan dapat menurunkan risiko diabetes gestasional selama hamil.

6. Mengatasi gangguan pencernaan

6. Mengatasi gangguan pencernaan
Freepik/gpointstudio

Buah amla dapat merangsang fungsi perut dan dengan demikian membantu pencernaan serta penyerapan makanan di dalam tubuh.

Konsumsi buah ini secara teratur juga dipercaya dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti perut kembung.

7. Membantu menjaga kadar hemoglobin dan memurnikan darah

7. Membantu menjaga kadar hemoglobin memurnikan darah
Freepik/Valeria_aksakova

Vitamin C yang terkandung dalam buah amla dapat membantu fungsi tubuh dalam penyerapan zat besi oleh darah serta mempertahankan kadar hemoglobin agar tetap normal. 

Selain itu, buah amla bisa membantu memurnikan darah. Hal tersebut bisa menghilangkan efek berbahaya dari kandungan merkuri dan timbal di tubuh. Buah amla juga dapat mengoptimalkan pasokan darah dan oksigen bagi janin yang sedang berkembang.

8. Mendetoks tubuh

8. Mendetoks tubuh
Pexels
Ibu hamil

Buah amla memiliki kandungan air yang tinggi dan hal ini dapat meningkatkan frekuensi urine serya membuang racun dan radikal bebas dari tubuh.

Meski bermanfaat, konsumsi amla untuk ibu hamil sebaiknya tetap dibatasi. Pasalnya, mengonsumsi buah amla secara berlebihan dapat meningkatkan risiko sembelit, diare, gangguan pencernaan, atau dehidrasi.

Mama bisa makan amla segar setiap hari dengan porsi yang secukupnya yakni 1 sampai 3 buah. Jika Mama memiliki bubuk amla, maka bisa mengambil satu sendok teh atau empat gram setiap hari. Ukuran tersebut sudah cukup untuk memenuhi sejumlah besar vitamin C bagi ibu hamil.

Manfaat buah amla untuk ibu hamil muda sudah tak diragukan lagi, ya, Ma? Apakah Mama tertarik untuk menambahkannya ke dalam list buah favorit?

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk