Minuman yang Dapat Kurangi Mual dan Muntah pada Awal Kehamilan

Mudah dibuat di rumah lho, Ma

23 Januari 2020

Minuman Dapat Kurangi Mual Muntah Awal Kehamilan
Americanpregnancy.org

Ada beberapa tanda kehamilan yang umumnya dialami perempuan. Tanda kehamilan tersebut di antaranya, telat menstruasi, munculnya flek darah dari vagina, dan morning sikcness. Telat menstruasi atau flek mungkin mudah dikenali, akan tetapi morning sikcness kurang disadari karena biasa dianggap sebagai gejala masuk angin biasa.

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang biasanya muncul di pagi hari. Namun, terlepas dari namanya, rasa mual dan muntah ini juga dapat dialami siang, sore, atau malam hari. Mual dan muntah ini biasanya muncul karena dipicu bau tertentu yang menyengat. 

Morning sickness biasanya terjadi pada trimester pertama dimulai pada sembilan minggu setelah pembuahan. Mual disertai muntah akan berlangsung selama awal kehamilan dan berkurang atau menghilang seiring perkembangan pada pertengahan hingga akhir trimester kedua. 

Morning sickness yang dialami biasanya mengurangi asupan nutrisi pada tubuh. Hal ini karena beberapa makanan dengan bau menyengat dapat memicu rasa mual dan muntah. Keadaan tersebut juga bisa menyebabkan dehidrasi karena cairan dalam tubuh selalu keluar ketika muntah. 

Dalam mengatasi morning sickness ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang bisa meredakan mual dan muntah. Berikut minuman pereda morning sickness yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber: 

1. Air perasan lemon redakan mual dan muntah saat hamil muda

1. Air perasan lemon redakan mual muntah saat hamil muda
Pexels/Julia Zolotova

Air perasan lemon dapat menenangkan perut dari rasa mual dan muntah. Lemon diperkaya vitamin C yang dapat menjadi antioksidan dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan.

Dibandingkan dengan air lemon kemasan, air perasan lemon yang dibuat langsung akan lebih terjamin alami dan keamanannya karena tidak diberi perisa tambahan atau pengawet.

Mengonsumsi air perasan lemon juga dapat memeriksa kelebihan cairan pada empedu sehingga membantu menghilangkan dahak yang terkumpul di saluran pencernaan. Selain itu, tubuh akan terhindar dari sembelit, kadar kolestrol seimbang, dan kesehatan dapat terjaga.

Cara membuat air perasan lemon cukup mudah, potong lemon menjadi setengah bagian. Kemudian, peras lemon hingga menghasilkan ekstrak. Tambahkan ekstrak lemon dengan air dan aduk hingga merata. Sebelum diminum, campurkan beberapa sendok madu alami untuk meredakan rasa asam.

2. Air kelapa gantikan cairan tubuh setelah mual dan muntah

2. Air kelapa gantikan cairan tubuh setelah mual muntah
Parentinghealthybabies.com

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air kelapa sama baiknya dengan minuman energi olahraga untuk menggantikan cairan yang hilang setelah mual dan muntah. Air kelapa merupakan cairan yang sehat karena mengandung banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh.

Minum lah air kelapa dengan campuran 1 sendok teh jus lemon setiap 15 menit saat rasa mual dan muntah muncul. Selain itu, air kelapa juga dapat membersihkan saluran kemih yang menurunkan kemungkinan terjadinya persalinan prematur. Jadi, ada banyak manfaat dari air kelapa untuk ibu hamil sehingga aman untuk dikonsumsi secara rutin.

3. Air jahe hangat bisa jadi minuman yang redakan mual

3. Air jahe hangat bisa jadi minuman redakan mual
Unsplash/Dominik Martin

Air jahe hangat mungkin dapat membantu kurangi rasa mual dan muntah yang terjadi pada awal kehamilan. Hal ini karena jahe dapat menenangkan perut sehingga rasa mual dan muntah dapat diatasi.

Selama bertahun-tahun, jahe terbukti bisa mengatasi rasa sakit perut.
Jahe mengandung bahan aktif berupa gingerol serta senyawa yang disebut shogaol yang memberikan rasa pedas.

Jahe dan senyawa tersebut dapat meningkatkan daya tanggap pencernaan dan mempercepat pengosongan lambut sehingga mengurangi rasa mual. Jahe juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meningkatkan pencernaan serta mendukung pelepasan hormon pengatur tekanan darah untuk menenangkan tubuh serta mengurangi mual.

Konsumsi jahe untuk mengatasi mual ini cukup mudah, yaitu dengan memotongnya menjadi beberapa irisan, masukkan ke dalam cangkir dan tambahkan air mendidih. Diamkan selama 5-10 menit, lalu tambah beberapa sendok madu sebagai pemanis alami sehingga lebih nyaman untuk diminum.

Editors' Picks

4. Teh peppermint

4. Teh peppermint
Pexels/Mareefe

Rasa mual dan muntah yang muncul pada awal kehamilan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Mengonsumsi teh peppermint mungkin dapat menjadi solusi. Teh peppermint ini bertindak sebagai antispasmodik dan mengurangi kecenderungan muntah atau mual selama kehamilan.

Teh peppermint dapat mengobati gangguan pencernaan secara efektif, seperti membantu menenangkan otot perut, meredakan gejala sakit perut seperti sembelit atau diare, dan iritasi usus.

Selain itu, rasa kembung juga dapat diatasi dengan teh peppermint ini karena merangsang aliran empedu dan meningkatkan pergerakan usus yang sehat selama kehamilan.

5. Cuka sari apel bisa meredakan mual

5. Cuka sari apel bisa meredakan mual
Livestrong.com

Cuka sari apel terbuat dari buah apel fermentasi yang ternyata dapat mengatasi morning sickness. Dalam mengurangi rasa mual dan muntah ini, konsumsi cuka apel sebanyak 1-2 sendok dengan campuran segelas air.  Cukup konsumsi air dengan cuka sari apel 2 kali dalam sehari.

Namun, pilih lah cuka sari apel yang tidak dipasteurisasi karena bakteri fermentasi pada apel bisa membahayakan janin.

Agar lebih aman, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan, ya. Selain meredakan mual, zat asam yang terkandung dalam cuka sari apel dapat membantu atasi gangguan pencernaan lainnya.

6. Susu dan air mawar

6. Susu air mawar
Unsplash/Kim Gorga

Segelas susu dengan beberapa tetes air mawar merupakan salah satu minuman yang dapat meredakan mual dan muntah di awal kehamilan. Caranya, rebus segelas susu segar dan tambahkan beberapa tetes air mawar dari kelopak mawar. Minum susu dengan campuran air mawar dalam keadaan hangat suam-suam kuku.

Air mawar memiliki manfaat bagi ibu hamil yang jarang diketahui, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga kaya vitamin dan mineral, khususnya vitamin C.

Selain bantu meredakan mual dan muntah, air mawar juga bagus untuk kesehatan kulit. Namun, berhati-hati dalam memilih air mawar ini. Pilih produk air mawar yang benar-benar aman untuk dikonsumsi, ya

7. Kelopak bunga saffron

7. Kelopak bunga saffron
Thepersianfushion.com

Meredakan rasa mual dan muntah dapat diatasi dengan minuman kelopak bunga saffron. Cukup campurkan kelopak bunga saffron kering yang dapat ditemukan di pasaran dengan air hangat atau teh dan sedikit kunyit.

Selain mengatasi mual, saffron memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh. Seperti rasa kembung dan sembelit yang muncul saat masa kehamilan, saffron dapat mengatasi masalah pencernaan ini. Saffron juga dapat meningkatkan aliran darah pada sistem pencernaan untuk meningkatkan metabolisme.

Minum saffron juga dapat meningkatkan kenyamanan saat tidur. Hal ini tentu dapat mengatasi rasa mual dan muntah yang muncul pada malam hari. Saffron memiliki sifat sebagai obat penenang ringan yang membuat tidur lebih nyenyak. Saat malam hari, campurkan saffron pada susu atau teh hangat. Namun, tetap perhatikan konsumsi saffron karena jika berlebihan bisa menimbulkan efek negatif.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!