Bisa Jadi Tempat Berbagi, Ini Lho Ma Manfaat Teman Saat Hamil

Kehadiran teman sesama ibu hamil bisa beri dukungan untuk Mama

22 Februari 2020

Bisa Jadi Tempat Berbagi, Ini Ma Manfaat Teman Saat Hamil
Pinterest.com/Bratt Decor Inc

Saat menghadapi setiap perkembangan kehamilan, Mama tentu menginginkan adanya dukungan.

Tak hanya dukungan secara fisik, juga dukungan secara psikologis sehingga kehamilan terasa lebih menyenangkan.

Dukungan ini bisa datang dari keluarga atau teman sesama perempuan yang sedang hamil juga. 

Meskipun rasanya mungkin cukup sulit untuk menemukan teman hamil. Namun, kini Mama bisa mendapatkan teman-teman hamil, misalnya dengan bergabung dalam komunitas khusus ibu hamil.

Akan ada banyak manfaat yang didapat ketika Mama berteman dengan orang yang hamil karena bisa menjadi sarana tempat berbagi satu sama lain. Mulai dari perkembangan masing-masing hingga keluh kesah yang dialami saat hamil.

Tak hanya itu, berikut Popmama.com jelaskan beberapa keuntungan ketika Mama memiliki teman hamil saat mengandung. Dilansir dari PopSugar. Yuk, simak, Ma!

1. Bertukar cerita mengenai perkembangan janin

1. Bertukar cerita mengenai perkembangan janin
Unsplash/Naku Mayo

Ketika Mama memiliki teman yang satu kondisi selama kehamilan, mereka dapat menjadi sarana atau tempat bertukar cerita mengenai perkembangan janin.

Misalnya, saat trimester kedua Mama bisa bercerita tentang perubahan fisik yang signifikan atau merasakan gejala-gejala tidak nyaman selama kehamilan.

Dengan berbagi cerita bersama teman yang sedang hamil juga bisa menghindari adanya jawaban menghakimi atau jawaban lain yang mungkin kurang baik.

Mama pun bisa lebih nyaman dan tenang saat bercerita karena lawan bicara turut merasakan hal yang sama. 

2. Beri dukungan satu sama lain

2. Beri dukungan satu sama lain
Unsplash/Priscilla Du Preez

Sesama perempuan yang sedang mengandung, Mama dan teman-teman lain bisa saling memberi dukungan. Terutama dukungan secara psikologis karena seseorang cenderung merasa lebih dekat dan akrab ketika sama-sama berada dalam kondisi yang sama. 

Mama pun akan lebih merasa tenang dan semangat saat menghadapi kehamilan.

Selain itu, kehadiran teman hamil juga bisa memberikan motivasi untuk melewati masa-masa yang cukup sulit sehingga Mama bisa mejalani kehamilan lebih menyenangkan. 

Editors' Picks

3. Berbagi tips mengenai kehamilan

3. Berbagi tips mengenai kehamilan
Unsplash/Kevin Laminto

Saat menghadapi berbagai perubahan serta perkembangan janin, Mama bisa saling berbagi tips dengan sesama teman hamil. Misalnya, saat sakit punggung yang disebabkan oleh pertumbuhan massa janin, teman hamil Mama mungkin akan menyarankan untuk berendam air hangat sehingga tubuh lebih rileks dan sakitnya mereda.

Bahkan, cara-cara lain yang bisa saja berguna ketika menghadapi kehamilan. Seperti cara mengatasi rasa mual di pagi hari, bagaimana cara menghadapi ketakutan sebelum persalinan, sembelit saat hamil, atau berbagai kondisi lainnya.

4. Sebagai teman melakukan kegiatan positif

4. Sebagai teman melakukan kegiatan positif
Pinterest.com/LiveStrong.com

Dengan bertemu teman-teman sesama hamil, Mama bisa mendapatkan banyak waktu bersama. Selain bertukar cerita dan berbagi tips menjadi calon orangtua, juga bisa menjadi sarana pelepas penat atau lelah.

Mama bisa mengatur jadwal pertemuan bersama dengan melakukan kegiatan positif, seperti senam hamil, menghadiri seminar parenting, atau berburu perlengkapan bayi ketika hari persalinan semakin dekat. Kegiatan-kegitan tersebut tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan teman ya, Ma. 

5. Diskusi mengenai parenting

5. Diskusi mengenai parenting
Bloggraodegente.com

Tak hanya menjadi teman saat hamil saja, mereka juga tetap dapat terhubung dengan Mama ketika masa persalinan datang. Hal ini mungkin akan terasa lebih menyenangkan karena kehadiran si Kecil.

Diskusi pun akan berlanjut dan teman-teman hamil Mama kini menjadi perkumpulan orangtua. Cerita yang dibagikan juga berubah, yaitu mengenai anak dan hal-hal lain tentang parenting. Mulai dari perawatan hingga perlengkapan bayi, seperti botol susu atau popok. 

Selain itu, kehadiran teman hamil juga dapat menciptakan hubungan pertemanan atau mungkin persahabatan baru untuk Mama.

Perkenalan dan komunikasi selama masa kehamilan hingga kelahiran anak pun dapat menjadi peluang si Kecil mendapatkan teman nanti. Wah, menyenangkan sekali ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.