Hamil Muda, Begini Tips Sehat Alami Menjaga Kebugaran Tubuh

Jaga kebugaran tubuh saat hamil muda dengan 5 tips sehat alami

24 November 2019

Hamil Muda, Begini Tips Sehat Alami Menjaga Kebugaran Tubuh
Freepik/Bearfotos

Selamat! Mama sudah resmi menyandang status ibu hamil.

Pasti bahagia sekali ya, Ma, menyadari dalam tubuh ini sedang berkembang calon bayi mungil. Ia akan berdiam di tubuh Mama selama 9 bulan ke depan.

Walau ukuran janin masih kecil dan Mama belum bisa merasakan pergerakannya, tentu Mama sudah menyayangi si kecil sepenuh hati.

Maka, Mama wajib menjaga kebugaran tubuh selama hamil muda. Kira-kira apa saja yang bisa Mama lakukan? Kali ini Popmama.com akan membagi 5 tips sehat alami untuk Mama.

1. Tidur 8 jam sehari

1. Tidur 8 jam sehari
Freepik/Bearfotos

Ternyata kecukupan waktu tidur pada ibu hamil itu penting, Ma. Akibat perubahan hormon kehamilan kerap membuat Mama lekas mengantuk saat siang hari dan sulit tidur ketika malam tiba. Walhasil, jadwal tidur Mama nggak menentu, Mama jadi kurang tidur.

Perlu Mama tahu, kurang tidur saat hamil bisa menaikkan risiko komplikasi kehamilan, sepeti preeklampsia. Maka, begitu Mama merasa ngantuk atau capek, segera tidur.

Malah, ibu hamil dianjurkan tidur malam lebih lama selama trimester pertama. Bukan hanya membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga membantu proses persalinan lancar nantinya.

Editors' Picks

2. Rutin menyantap makanan bergizi

2. Rutin menyantap makanan bergizi
Freepik/valeria_aksakova

Kesehatan Mama dan janin dalam kandungan tergantung pada asupan makanan Mama sehari-hari. Mama perlu mengisi piring dengan variasi makanan sehat bernutrisi supaya tumbuh kembang janin optimal dan tubuh Mama tetap bugar.

Makanan bergizi juga bisa menambah stamina, mengontrol berat badan saat hamil, menekan risiko komplikasi kehamilan, dan menstabilkan suasana hati Mama. Jika Mama memupuk kebiasaan baik soal makan ini sejak hamil muda, tubuh Mama dapat mencapai kebugaran maksimal jelang persalinan.

Bagi janin, asupan bergizi mendukung proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, khususnya terkait pembentukan organ-organ tubuh. Selain itu, makanan bergizi yang Mama santap membantu menjaga berat badan janin sesuai perkembangannya dan mencegah risiko bayi mengalami cacat lahir.

3. Minum vitamin prenatal sesuai resep dokter

3. Minum vitamin prenatal sesuai resep dokter
Pixabay/Mizianitka

Ada alasan mengapa ibu hamil selalu diresepkan asam folat dari vitamin B. Asam folat mempunyai peranan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi, serta mencegah risiko bayi cacat lahir.

Bahkan, vitamin prenatal baik pula diminum sebelum hamil ketika Mama sedang menjalani program kehamilan. Namun, selalu konsultasikan ke dokter lebih dulu mengenai pilihan vitamin prenatal yang dibutuhkan Mama.

4. Rutin berolahraga

4. Rutin berolahraga
Freepik/user13400093

Kata siapa ibu hamil nggak boleh berolahraga? Olahraga adalah salah satu tips sehat alami yang penting dalam menjaga kebugaran tubuh Mama saat hamil muda.

Rutin berolahraga ternyata bisa membantu sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh lebih lancar, memperkuat otot-otot seiring perut Mama yang kian membesar, serta mengurangi stres saat hamil.

Mama hanya perlu memilah mana olahraga yang aman untuk ibu hamil. Misalnya, jalan santai, berenang, atau yoga.

Jenis olahraga tersebut aman dilakukan sepanjang masa kehamilan. Keuntungan lainnya, tubuh Mama lebih siap menghadapi persalinan dan bisa menjalani masa pemulihan pasca melahirkan dengan cepat.

5. Minum air putih dalam jumlah cukup

5. Minum air putih dalam jumlah cukup
Freepik

Mama perlu minum air 8 hingga 10 gelas sehari guna memastikan tercukupinya asupan cairan tubuh. Jika tubuh Mama terhidrasi dengan baik, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh pun lancar, termasuk ke dalam rahim tempat janin tinggal.

Minum air putih penting sebagai bagian dari menjaga pola hidup sehat Mama selama masa kehamilan. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Mama juga bisa mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti dehidrasi, anemia, sembelit, infeksi saluran kencing, dan wasir.

Mama, itulah 5 tips sehat alami menjaga kebugaran tubuh saat hamil muda. Ternyata mudah untuk dipraktikkan sendiri. Jangan lupa untuk tetap konsisten menjalani semua kebiasaan baik itu demi kelancaran proses persalinan nanti. Semoga Mama dan si kecil dalam perut sehat selalu ya!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.