Payudara Terasa Bengkak dan Tak Nyaman? Begini Mengatasinya, Ma

Jangan biarkan nyeri payudara halangi aktivitas Mama

10 Maret 2019

Payudara Terasa Bengkak Tak Nyaman Begini Mengatasinya, Ma
wellroundedny.com

Salah satu hal luar biasa yang terjadi pada masa kehamilan adalah bagaimana tubuh mulai beradaptasi, salah satunya pada bagian payudara.

Ya, ukuran payudara akan menjadi lebih besar dan menjadi lebih sensitif, sehingga mudah mengalami nyeri.

Disampaikan oleh pakar kebidanan dan kandungan, Sian McLaughlin, pada usia kehamilan sekitar enam minggu, payudara akan mulai terasa lebih besar dan sensitif.

Perubahan awalnya terjadi dimulai dari rasa kesemutan, kemudian jadi terasa nyeri saat disentuh. Ini merupakan fase normal, yang menjadi pertanda tubuh mulai mempersiapkan diri untuk proses menyusui. Kok cepat ya?

Faktanya, meski momen menyusui mungkin masih lama, namun tubuh memang sudah bersiap-siap sejak jauh hari, Ma.

Ini adalah salah satu efek dari perubahan hormonal di tubuh Mama. Saat mempersiapkan untuk produksi air susu ibu (ASI), komponen lemak dan duktus ASI di payudara tumbuh, kemudian darah akan dialirkan ekstra ke area tersebut. Akibatnya, jaringan payudara membesar dan terlihat membengkak.

Selain terlihat semakin besar, payudara Mama juga akan terasa lebih nyeri saat disentuh. Ini merupakan akibat dari perkembangan saluran dan lobus untuk memproduksi ASI turut membesar. Meski menjadi hal yang normal, perubahan ini seringkali membuat Mama tak nyaman ya?

Tenang Ma, seperti dirangkum Popmama.com, begini cara mudah yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi rasa tak nyaman akibat payudara membengkak saat hamil:

1. Gunakan bra khusus

1. Gunakan bra khusus
Pexels/Artem Bali

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi rasa tak nyaman pada payudara yang membesar adalah menggunakan bra dengan ukuran sesuai.

Jangan paksakan untuk tetap memakai payudara ukuran lama ya, Ma. Gunakan bra khusus kehamilan, karena biasanya ukuran payudara memang akan terus berubah sepanjang periode kehamilan mama. Jika payudara Mama terasa tidak nyaman lagi, mungkin Mama memerlukan bra baru dengan ukuran yang lebih besar.

Jangan ragu untuk mengukur ukuran yang benar-benar sesuai saat membeli bra saat hamil. Pilihlah bahan yang lembut dan nyaman agar tak terasa kasar, sehingga tak membuat payudara Mama semakin nyeri.

Meski banyak yang menyebutkan bahwa bra berkawat dilarang untuk ibu hamil, namun belum ada bukti penelitian yang menemukan kaitan antara pemakaian bra berkawat dengan produksi ASI.

Sehingga, Mama boleh memilih jenis bra apapun selama terasa nyaman saat digunakan.

2. Tidur menggunakan bra

2. Tidur menggunakan bra
Pexels/Pixabay

Cobalah untuk menggunakan bra saat tidur ya, Ma. Bukan tanpa alasan, penggunaan bra pada ibu hamil saat tidur diyakini mampu meredakan nyeri akibat payudara yang tertekan.

Penggunaan bra akan membantu melindungi payudara dan puting dari sentuhan atau tekanan dari luar saat Mama tidur.

Jangan lupa, pilih bra yang berbahan lembut dan nyaman ya. Jika memungkinkan, saat tidur Mama juga lebih dianjurkan untuk menggunakan bra yang tidak berkawat.

3. Minum air putih

3. Minum air putih
Pexels/Tookapic

Tahukah Mama bahwa kurang asupan air putih dapat memicu nyeri payudara saat hamil?

Maka dari itu, pastikan Mama mencukupi kebutuhan air minum agar cairan tubuh tetap terjaga, ya.

Kerja hormon di dalam tubuh, termasuk di payudara, juga akan menjadi lebih efektif apabila cairan dalam tubuh tercukupi.

Editors' Picks

4. Kurangi asupan garam

4. Kurangi asupan garam
Pexels/Kaboompics.com

Garam memiliki sifat menahan air, sehingga apabila Mama terlalu banyak mengonsumsi makanan asin atau bergaram tinggi, maka asupan cairan dalam tubuh Mama akan menipis.

Kombinasi cukup minum air putih dan mengurangi asupan garam pun menjadi sangat baik untuk mencegah nyeri pada payudara Mama.

5. Kompres air hangat

5. Kompres air hangat
Pexels/Pixabay

Cara efektif lainnya untuk mengatasi nyeri payudara akibat bengkak saat hamil adalah dengan kompres air hangat.

Tutupi payudara dengan handuk yang telah direndam air hangat selama 10-15 menit. Rasa hangat ini dapat membantu menenangkan, meningkatkan sirkulasi darah, serta mengurangi bengkak dan nyeri.

Selain dengan kompres, Mama juga bisa memanfaatkan air hangat dengan berendam. Tak cuma meredakan nyeri, berendam di air hangat juga bisa membuat tubuh Mama menjadi lebih rileks. Yuk dicoba, Ma!

6. Perbaiki nutrisi

6. Perbaiki nutrisi
Pexels/Pixabay

Cek lagi daftar menu harian Mama. Penerapan diet yang kaya akan vitamin dan mineral diyakini baik bagi tubuh Mama dan dapat membantu meringankan nyeri payudara pada kehamilan.

Tambahkan asupan seperti sayuran hijau, kacang, dan biji-bijian setiap hari untuk menyeimbangkan kerja hormon di tubuh Mama, ya.

7. Sediakan breast pad

7. Sediakan breast pad
Pexels/I love simple beyond

Breast pad atau bantalan payudara biasanya digunakan oleh ibu menyusui untuk mencegah ASI yang ‘bocor’ merembes.

Namun bagi ibu hamil, breast pad juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan nyeri payudara. Tidak jarang puting Mama menjadi sensitif di beberapa minggu pertama kehamilan kan?

Jika lapisan bra Mama dirasa mengganggu, Mama bisa melindungi puting dengan menggunakan breast pad.

Itulah cara atasi bengkak dan perasaan tidak nyaman pada payudara ketika sedang hamil. Semoga dapat bermanfaat ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!