Begini Penjelasan Tentang Pentingnya Dukungan Keluarga untuk Ibu Hamil

Bukan berarti ibu hamil lemah, tapi dukungan dan perhatian memang dirasa sangan berarti.

9 April 2018

Begini Penjelasan Tentang Penting Dukungan Keluarga Ibu Hamil
cloudfront.net

Bagi seorang perempuan yang sudah menikah, kehamilan adalah hal yang sangat dinantikan.

Nggak terbayang seberapa besar kebahagiaan yang dirasakan sejak hari pertama kita mengetahui bahwa kita telah mengandung seorang bayi.

Walau demikian, terkadang kebahagiaan itu juga dibalut dengan beban berat yang harus ditanggung oleh sang mama. Perubahan fisik dan psikologis terkadang cukup mengganggu keseharian.

Sebagian ibu hamil mengalami kesusahan untuk mengatur emosi karena perubahan yang terjadi. Apalagi perubahan pada kehamilan trimester pertama.

Dukungan keluarga untuk ibu hamil sangat penting dan banyak manfaatnya. Bukan hanya dari suami, tapi juga dari orangtua, mertua, adik, kakak, saudara, atau bahkan teman dekat sekalipun.

Macam-macam dukungan keluarga untuk ibu hamil‚Äč

1. Dukungan dari suami

1. Dukungan dari suami
Pixabay/TawnyNina

Secara personal, istri tentu sangat membutuhkan dukungan dari suami. Selama masa kehamilan, peran suami siaga akan meningkatkan kesiapan ibu hamil sampai dengan menjelang masa persalinan.

Bahkan perhatian dari suami ini juga bisa memicu produksi ASI ketika si kecil lahir nanti. Apa yang perlu dilakukan oleh suami?

Untuk Papa di seluruh dunia dalam menyikapi istrinya yang sedang hamil tentu harus selalu membina hubungan baik. Jadi istri akan terbuka tentang keluhan apa yang dialaminya selama kehamilan.

Cobalah untuk membuat istri merasa nyaman dengan memberikan banyak perhatian dan menjaga komunikasi dengan baik.

Contoh nyata dukungan dari suami untuk istrinya yang sedang hamil misalnya menemani memeriksakan kandungan ke dokter, di tengah waktu sibuk kerja usahakan untuk menanyakan keadaan istri melalui personal chat atau video call, tetap membuat komunikasi dua arah berjalan kondusif.

Jika ada kesempatan, di hari libur temani istri untuk mengikuti kelas senam hamil atau mengajak istri berjalan-jalan di pagi hari.

Hal-hal mudah seperti inilah yang bisa membuat ibu hamil merasa nyaman dan senang.

Dengan memberikan good treatment kepada istri diharapkan papa sudah memberi semangat bagi istri untuk menjalani kehamilan.

2. Dukungan dari Keluarga

2. Dukungan dari Keluarga
Pixabay/Greyerbaby

Dukungan keluarga saat sedang hamil juga sangat penting. Seluruh anggota keluarga harus turut ambil bagian mendukung si ibu hamil agar lebih siap menjadi orangtua kelak.

Dukungan yang bisa dilakukan keluarga di antaranya adalah sering mengunjungi atau menjenguk ibu hamil.

Ini berlaku untuk orangtua, mertua atau keluarga lainnya. Selain itu, mendoakan keselamatan ibu dan bayi saat bertemu juga bisa memberi dukungan moril yang sangat besar.

Di beberapa daerah, ritual adat tertentu mungkin juga bisa menjadi bentuk dukungan bagi ibu hamil.

Editors' Picks

3. Dukungan dari lingkungan

3. Dukungan dari lingkungan
projects.scpr.org

Tetangga bisa menjadi keluarga terdekat, yang mau membantu jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Itulah alasan mengapa kita harus menjalin hubungan baik dengan tetangga terdekat.

Dengan begitu, kondisi lingkungan pun akan sangat mendukung moril ibu hamil. Apa yang bisa dilakukan tetangga atau orang-orang terdekat untuk ibu hamil?

Tentunya harus selalu membicarakan hal-hal baik dan memberi nasihat positif.

Bisa juga membagikan pengalaman hamil dan melahirkan, bersedia membantu berbagai keperluan semasa hamil atau saat melahirkan.

Manfaat dukungan keluarga untuk ibu hamil

Manfaat dukungan keluarga ibu hamil
micahlynnbirthstories.com

Dengan mendapat dukungan dari keluarga dan semua orang-orang terdekat, ibu hamil pasti akan lebih merasa tenang dan nyaman. Terlebih saat usia kehamilan mulai mendekati persalinan. Apa saja yang akan didapat ibu hamil setelah menerima dukungan moril dari lingkungannya?

  • Lebih percaya diri untuk menjalani proses kehamilan dan menghadapi persalinan, serta masa menyusui.
  • Tidak lagi sering merasa cemas dan tertekan. Ini sangat berguna untuk tetap menjaga kondisi fisik ibu dan tumbuh kembang janin hingga fase kehamilan akhir.
  • Perasaan lebih tenang dan nyaman sehingga mendukung ibu hamil untuk melahirkan secara normal.
  • Berpasrah kepada Tuhan dan lebih siap menerima kondisi apapun.

Dukungan keluarga untuk ibu hamil sangatlah penting untuk menjadi motivasi dan penguat, baik yang berupa empati dan segala bantuan. Ini sebagai bukti perhatian dan kasih sayang suami, orangtua dan orang-orang terdekat ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan sampai persalinan dengan sehat dan lancar.

Topic: