Ini dia Manfaat Baik Konsumsi Singkong untuk Ibu Hamil

Mama suka makan kolak singkong?

4 Mei 2019

Ini dia Manfaat Baik Konsumsi Singkong Ibu Hamil
Freepik/user5356353

Selama kehamilan, menjaga kesehatan adalah sesuatu yang utama. Salah satunya harus menjaga pola makan.

Sementara mengganti nasi putih dengan singkong baik untuk kesehatan, bagi ibu hamil. Singkong merupakan salah satu makanan pokok untuk sebagian masyarakat tradisional yang memiliki kandungan baik seperti karbohidrat, vitamin A, B, C dan K.

Nah, kali Popmama.com akan membahas rangkaian manfaat baik konsumsi singkong untuk ibu hamil.

1. Menjaga sistem pencernaan

1. Menjaga sistem pencernaan
Freepik/Yanalya

Ternyata singkong memiliki kaya akan serat. Sedangkan fungsi dari serat itu sendiri dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga ibu hamil terbebas dari ancaman konstipasi, diare, sembelit maupun masalah pencernaan lainnya.

Selain itu, serat juga dapat menurunkan berat badan. Dengan begitu selama kehamilan Mama tetap dapat menjaga penampilan meski kenaikan berat badan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Konsumsi singkong juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

2. Menambah energi di masa kehamilan

2. Menambah energi masa kehamilan
Freepik/v.ivash

Selama kehamilan tentunya membutuhkan karbohidrat, Mama bisa dapatkan kebutuhan kabohidrat dari singkong. Di mana singkong dapat diandalkan sebagai sumber energi utama bagi tubuh.

Saat memakan singkong, glukosanya sangat bermanfaat baik sebagai bahan bakar tubuh ibu hamil. Fungsi dari karbohidrat itu sendiri juga menambah energi Mama untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Selain itu kandungan protein pada singkong dapat membantu meningkatkan antibodi ibu hamil dan pembentukan darah, gigi maupun tulang janin.

Editors' Picks

3. Menjaga nafsu makan

3. Menjaga nafsu makan
Freepik

Tentunya ibu hamil membutuhkan energi yang besar selama masa kehamilanny, sayangnya sebagian ibu hamil mengalami kesulitan mengonsumsi nasi.

Nah, singkong bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi agar kabohidrat yang diperlukan janin dapat terpenuhi.

Dengan kata lain untuk menjaga nafsu makan, singkong bisa menjadi alternatif nasi makanan pokok di masa kehamilan. Sebab singkong memiliki efek farmakologis yang sebagai penambah nafsu makan.

4. Mencegah anemia pada ibu hamil

4. Mencegah anemia ibu hamil
Freepik/user5356353

Selanjutnya, manfaat konsumsi yakni untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Apabila tubuh di masa kehamilan kekurangan zat besi, sedangkan masa kehamilan memerlukan proses pembentukan sel darah merah. Saat tubuh kekurangan sel darah merah, dampak buruknya dapat mengakibatkan anemia.

Dengan mengonsumsi singkong di masa kehamilan, zat besi Mama akan terpenuhi dengan baik yang dapat membantu menstabilkan dan melancarkan sel darah merah. Jadi ibu hamil terhindar dari serangan anemia.

5. Menghindari risiko penyakit selama kehamilan

5. Menghindari risiko penyakit selama kehamilan
Freepik/Wavebreakmedia

Ternyata ada berbagai macam vitamin yang terdapat dalam singkong mulai dari vitamin A, B kompleks, C dan K.

Sedangkan asam pantotenat, pridoksin, thiamin, asam folat dan riboflavin pada singkong berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh serta menurunkan tekanan darah pada ibu hamil.

Selain itu singkong mengandung kandungan antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko-risiko penyakit yang umumnya datang pada masa kehamilan.

Cara aman dalam mengonsumsi singkong adalah dengan merendamnya selama 5 hingga 10 menit untuk menghilangkan kandungan racunnya. Selamat mencoba! 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!