5 Risiko Mengenakan Korset Saat Hamil

Demi terlihat gaya sebagian orang rela memakai korset seharian

25 Maret 2019

5 Risiko Mengenakan Korset Saat Hamil
maxpixel.net

Kehamilan sering kali membuat tubuh jadi lelah dan dan tidak nyaman, ini alasannya sebagian ibu hamil merasa nyaman mengenakan korset selama kehamilan. Korset yang dipakai ibu hamil dinilai bisa membantu merenggangkan otot punggung yang nyeri.

Selain itu korset ibu hamil dirancang untuk menopang bagian bawah punggung dan perut selama kehamilan.

Tapi sebenarnya yang menjadi pertanyaan, apakah ada dampaknya pakai korset saat hamil? Sudah pasti segala perlengkapan kehamilan memiliki manfaat dan risikonya masing-masing.

Nah, berikut akan dibahas mengenai risiko mengenakan korset saat hamil:

1. Mengganggu sistem pernapasan

1. Mengganggu sistem pernapasan
Freepik

Pemakaian korset dalam jangka panjang ternyata berdampak pada sistem pernafasan ibu hamil.

Yakni bisa menghambat masuknya udara ke dalam paru-paru, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan penurunan kapasitas kerja organ paru-paru.

Dapat dikatakan, bahwa efek pemakaian korset mengakibatkan pemakainya kesulitan dalam bernapas.

2. Menyebabkan pusing

2. Menyebabkan pusing
Rawpixel

Selama kehamilan sebaiknya tidak menggunakan korset, sebab mengenakan korset dapat menyebabkan sakit kepala dan pusing lho.

Tentunya akan membuat ibu hamil tidak nyaman pada kondisi tersebut. Disarankan waktu yang tepat untuk memakai korset adalah setelah melahirkan dan diiringi dengan berolahraga rutin, agar kondisi perut bisa kembali seperti semula.

Editors' Picks

3. Gangguan pencernaan

3. Gangguan pencernaan
Bearfotos / Freepik

Penggunaan korset saat hamil memang bisa memberikan manfaat, yaitu mengalami penurunan rasa sakit secara keseluruhan.

Tapi di sisi lain justru dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

Hal ini menyebabkan organ tubuh melakukan fungsi di luar fungsi normalnya, karena memakai korset akan menekan organ usus sehingga dapat menimbulkan sembelit dan wasir.

4. Susah bergerak

4. Susah bergerak
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Benda yang satu ini  memang terlihat menjanjikan untuk mengecilkan pinggang dan memperjelas lekuk tubuh.

Namun disarankan agar tidak memakainya di saat sedang hamil ya. Akibat penggunaan korset yang memberikan efek penekanan terhadap anggota tubuh, yaitu bagian perut dan pinggang.

Hal tersebut dapat mengakibatkan ibu hamil menjadi susah bergerak. Dengan kata lain ibu hamil akan merasa begah akibatnya adalah terhambatnya udara memasuki paru-paru dan korset memberikan penekanan terhadap tubuh, sehingga tidak nyaman untuk bergerak.

5. Alergi kulit

5. Alergi kulit
Pexels/Rawpixel

Mungkin sesekali memakai korset boleh-boleh saja, tapi perlu diingat pada kondisi kulit tertentu. Bagi ibu hamil yang memiliki kulit sensitif, pemakaian korset akan menimbulkan masalah kulit.

Ketika ibu hamil memakai korset, dampaknya bisa menimbulkan rasa gatal, ruam merah, iritasi, hingga timbulnya peradangan pada kulit.

Jadi ibu hamil yang memiliki kulit sensitif dan alergi terhadap bahan pembuat korset, sebaiknya tidak mengenakannya jika tidak ingin berakhir dengan munculnya ruam.

Untuk itu, sebaiknya ibu hamil kurangi intensitas terhadap penggunaan korset. Atau sama sekali tidak menggunakannya selama masa kehamilan. 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!