21 Momen Penting Kehamilan yang Akan Selalu Mama Ingat

Jika perlu, Mama bisa mencatat setiap hal baru di masa kehamilan ke dalam jurnal harian

25 Januari 2021

21 Momen Penting Kehamilan Akan Selalu Mama Ingat
Unsplash/Germs

Tak peduli berapa kali, momen kehamilan selalu menjadi hal tak terlupakan. Setiap perempuan mungkin memiliki pengalaman yang berbeda. Apa pun pengalamannya, setiap momen kehamilan bisa dinikmati dengan penuh suka cita.

Dilansir dari Very Well Family, secara garis besar, berikut ini Popmama.com rangkum daftar momen-momen penting kehamilan yang tentunya akan Mama ingat sepanjang masa.

1. Saat hasilnya positif

1. Saat hasil positif
Shutterstock/Odua Images

Momen melakukan tes kehamilan mungkin hal pertama yang akan selalu Mama ingat. Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan perasaan saat dua garis muncul pada test pack. Semuanya campur aduk, mulai dari bahagia, resah, bahkan takut. Punya bayi memang hal yang luar biasa.

2. Mulai mengalami morning sickness

2. Mulai mengalami morning sickness
Freepik/Comzeal

Morning sickness memang bagian tidak menyenangkan dari kehamilan. Namun bagi sebagian perempuan, momen ini justru tak terlupakan. Berbagai kesulitan yang dialami membuat Mama semakin yakin akan hadirnya calon buah hati.

3. Pertama kali ke dokter

3. Pertama kali ke dokter
Freepik/jannoon028

Tes kehamilan saja belum cukup karena Mama perlu memeriksakannya ke dokter. Selain untuk meyakinkan diri, tentunya Mama perlu mengetahui seperti apa kondisi janin dalam kandungan. Dengan demikian, Mama bisa merencanakan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

4. Menyebarkan kabar gembira

4. Menyebarkan kabar gembira
Freepik/drobotdean

Konfirmasi dari dokter tentunya semakin melengkapi kebahagiaan mama. Pastinya Mama tak sabar untuk membagikan berita gembira ini pada orang dekat. Namun bahaginya jangan berlebihan ya, Ma!

5. Akhir trimester pertama

5. Akhir trimester pertama
Freepik

Trimester pertama mungkin menjadi masa-masa yang panjang dan melelahkan. Selain morning sickness yang tak kunjung berakhir, Mama juga harus ekstra hati-hati karena kandungan masih rawan keguguran. Namun tenang, Mama akan merasakan kelegaan luar biasa saat trimester pertama berakhir.

6. Barang pertama yang dibeli

6. Barang pertama dibeli
Unsplash/baby-natur

Mama pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Tidak heran jika Mama mulai rajin mencari referensi barang-barang lucu untuk si Kecil. Kalau Mama, benda apa yang dibeli pertama kali?

7. Mendengarkan detak jantung bayi

7. Mendengarkan detak jantung bayi
Unsplash/Jessica Flavia

Memasuki usia kehamilan enam minggu, detak jantung bayi akan mulai terdengar dengan bantuan alat. Suaranya akan semakin jelas ketika memasuki usia tujuh minggu ke atas. Bagi sebagian mama, momen mendengarkan detak jantung bayi dalam kandungan adalah hal paling indah sepanjang hidup.

8. Harus beralih ke baju hamil

8. Harus beralih ke baju hamil
Pixabay/1041483

Seiring berjalannya waktu, tubuh mama akan semakin berubah. Baju-baju lama takkan muat sehingga harus beralih pada pakaian hamil. Mama mungkin juga perlu berbagai benda penolong, misalnya sabuk kehamilan, bantal, dan lain-lain.

9. Akhirnya dunia tahu

9. Akhir dunia tahu
Pixabay/PublicDomainPictures

Seiring waktu, kehamilan mama akan semakin nampak. Semua orang akan dapat melihatnya melalui perubahan fisik mama. Tenang, semakin banyak yang tahu, semakin banyak pula yang mendoakan.

Editors' Picks

10. Mulai merasakan gerakan bayi

10. Mulai merasakan gerakan bayi
Freepik

Karena janin semakin berkembang, maka Mama akan mulai dapat merasakan gerakannya di dalam perut. Pada usia 16-19 minggu, Mama akan merasakan gerakan kecil seperti ada kupu-kupu di dalam perut.

11. Ngidam 

11. Ngidam 
Pexels/Andrea Piacquadio

Memang tidak semua perempuan mengalaminya. Namun momen ngidam adalah salah satu hal unik yang dialami ibu hamil. Apakah Mama juga mengalaminya?

12. Jenis kelamin bayi terungkap

12. Jenis kelamin bayi terungkap
Freepik

Sebagian pasangan mencari tahu jenis kelamin bayi sejak dalam kandungan, namun ada pula yang ingin mengetahuinya saat lahir. Namun apapun keputusan mama, mendengar dokter menyebutkan jenis kelamin si Kecil di dalam kandungan adalah hal yang luar biasa.

13. Papa ikut merasakan gerakan bayi

13. Papa ikut merasakan gerakan bayi
Unsplash/Megan Lynette

Semakin bertambahnya usia kandungan, gerakan bayi pun semakin terasa. Bukan hanya Mama, bahkan Papa dan orang lain juga bisa merasakan bagaimana si Kecil bergerak. Selain terasa saat disentuh, kadang gerakan si Kecil juga terlihat di permukaan perut mama.

14. Mengikuti childbirth class

14. Mengikuti childbirth class
Pexels/Gustavo Fring

Ketika sudah separuh perjalanan, Mama harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Salah satu caranya adalah mengikuti kelas persalinan, di mana Mama akan belajar mempersiapkan diri menghadapi hari H.

15. Awal trimester ketiga

15. Awal trimester ketiga
Freepik/tirachardz

Memasuki awal trimester ketiga adalah fase yang sangat mendebarkan. Kehadiran si kecil sudah semakin nyata dan dekat. Mama mungkin akan merasa mudah lelah dan sulit bergerak, namun antusiasme menyambut buah hati akan mengalahkan semuanya.

16. Baby shower

16. Baby shower
Pexels/Paola Vasquez

Perjalanan menuju trimester ketiga bukan hal yang mudah. Karenanya, sebagian besar orang akan merayakan momen ini dalam bentuk baby shower. Selain sebagai selebrasi, sebagian kalangan melakukannya untuk mendoakan keselamatan sang bayi.

17. Akhirnya kamar bayi selesai

17. Akhir kamar bayi selesai
Freepik/wuttichai1983

Setelah berbulan-bulan merancang, mendekor, dan mengisi perabotan, akhirnya kamar untuk si Kecil sudah siap. Tentunya Mama semakin tak sabar menghabiskan waktu bersama buah hati di dalamnya.

18. Es krim tengah malam

18. Es krim tengah malam
Unsplash/Lama Roscu

Sembari menanti hari kelahiran, setiap mama pasti mengalami perasaan gelisah. Di tengah antusiasme dan kebahagiaan, pastinya ada rasa cemas yang muncul. Karenanya, sisihkan waktu untuk me-time. Mama boleh santai sejenak dan memikirkan seperti apa hari-hari bersama si Kecil nantinya.

19. Jadwal ke dokter semakin padat

19. Jadwal ke dokter semakin padat
Freepik

Tidak terasa, Mama sudah hampir sampai di akhir. Setelah mencapai usia kehamilan 36 minggu, jadwal bertemu dengan dokter akan semakin padat. Jika awalnya hanya sebulan sekali, maka Mama harus melakukan kontrol seminggu sekali.

20. Menyelesaikan rencana persalinan

20. Menyelesaikan rencana persalinan
Pixabay/Free-Photos
Tas persiapan persalinan.

Kehadiran si Kecil pasti akan membuat banyak perubahan. Karenanya, Mama perlu merencanakannya dengan baik. Kira-kira apa saja yang akan Mama lakukan? Jangan sampai lupa untuk membuat daftar barang bawaan Mama dan si Kecil untuk di rumah sakit ya.

21. Hari yang ditunggu

21. Hari ditunggu
Unsplash/Jonathan Borba

Akhirnya datang juga hari yang ditunggu. Mama mulai merasakan kontraksi yang semakin lama semakin dekat jaraknya. Saat memeriksakan diri ke dokter, ternyata sudah ada pembukaan. Melahirkan memang perlu perjuangan, namun Mama akan menangis haru saat si Kecil hadir dalam pelukan mama. Welcome to the world!

Demikian 21 momen penting kehamilan yang akan selalu Mama ingat. Setiap mama mungkin punya pendapat dan pengalaman berbeda terkait kehamilan. Namun tentunya semua perempuan sepakat bahwa ini adalah momen besar yang tak mungkin hilang dari ingatan. Mama sudah sampai di momen mana nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.