3 Vitamin Ini Dapat Mencegah Keguguran di Trimester Pertama Kehamilan

Konsumsi dengan cara yang tepat ya, Ma

1 Desember 2021

3 Vitamin Ini Dapat Mencegah Keguguran Trimester Pertama Kehamilan
Freepik/senivpetro

Keguguran adalah komplikasi umum yang dapat terjadi pada setiap ibu hamil. Hal ini seringkali tidak dapat diprediksi dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Dikutip dari Hello Motherhood, 12 minggu pertama ibu hamil adalah waktu yang tepat untuk lebih memberikan perhatian lebih dalam mencegah keguguran.

University of Maryland Medical Center pun mencatat bahwa 15 persen keguguran kebanyakan terjadi pada periode ini.

Namun, ada beberapa vitamin yang dapat Mama konsumsi untuk meningkatkan peluang memiliki kehamilan yang sehat serta terhindar dari keguguran.

Berikut ini informasi tentang vitamin mencegah keguguran yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber untuk Mama.

Editors' Picks

1. Vitamin B9 atau asam folat yang dapat mencegah cacat pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi

1. Vitamin B9 atau asam folat dapat mencegah cacat otak sumsum tulang belakang bayi
momjunction.com

Vitamin B9 atau yang dikenal juga sebagai asam folat dalam asupan makan Mama saat hamil adalah vitamin yang penting.

Situs The Family Doctor Situs melaporkan bahwa setiap ibu hamil harus mengonsumsi 1 mg asam folat setiap hari untuk mencegah cacat pada otak dan sumsum tulang belakang bayi. Pastikan juga untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup.

University of Maryland Medical Center mencatat bahwa Mama bisa memiliki risiko keguguran yang lebih tinggi jika kadar asam folat dalam tubuh Mama tergolong rendah.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam "British Medical Journal" Oktober 2002 mengungkapkan bahwa perempuan yang mengalami keguguran dan memiliki kadar asam folat yang rendah lebih mungkin memiliki janin dengan kelainan kromosom, yang dapat berkontribusi pada risiko keguguran yang lebih tinggi.

Penuhi asupan asam folat Mama dengan mengonsumsi makanan sumber asam folat alami seperti sayuran berdaun hijau, bayam dan kangkung, kedelai, dan jus jeruk.

2. Vitamin D yang dapat membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh ibu hamil

2. Vitamin D dapat membantu mengatur jumlah kalsium fosfat dalam tubuh ibu hamil
Thespruceeats.com

Dikutip dari NHS.uk, ibu hamil memerlukan vitamin D sebanyak 10 mikrogram setiap hari. 

Vitamin D berfungsi utntuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot Mama.

Tubuh kita menghasilkan vitamin D ketika kulit kita terpapar sinar matahari.

Walau tidak diketahui secara pasti berapa banyak waktu yang dibutuhkan di bawah sinar matahari untuk membuat cukup vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tetapi jika Mama berada di bawah sinar matahari, tetap pastikan untuk menutupi atau melindungi kulit dengan tabir surya ya, Ma.

Vitamin D juga terkandung di dalam beberapa makanan, antara lain:

  • Ikan berminyak (seperti salmon, mackerel, herring, dan sarden)
  • Telur
  • Daging merah
  • Sereal sarapan dengan tambahan vitamin D

Karena vitamin D di dalam makanan memiliki jumlah yang rendah, maka pastikan Mama menambahkan suplemen vitamin D untuk mencukupi kebutuhan harian mama.

Tetapi, hindari untuk mengonsumsi lebih dari 100 mikrogram (4.000 IU) vitamin D dalam satu hari. Sebab ini akan berbahaya untuk Mama dan janin.

3. Vitamin B2 yang membantu Mama menurunkan risiko terkena preeklamsia selama kehamilan

3. Vitamin B2 membantu Mama menurunkan risiko terkena preeklamsia selama kehamilan
The Telegraph

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin B2 dan preeklamsia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal "Obstetrics and Gynecology" Juli 2000 menunjukkan bahwa peserta dengan peningkatan risiko preeklamsia memiliki kekurangan B2 atau riboflavin.

Meskipun demikian, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2006 "International Journal of Gynecology and Obstetrics" membantah temuan ini, menurut Linus Pauling Institute.

Selain itu, situs BabyCenter mengungkapkan bahwa semua ibu hamil membutuhkan vitamin B2 untuk membantu meningkatkan energi.

Konsumsilah sekitar 1,4 mg vitamin B2 per hari untuk mendukung kehamilan yang sehat. Riboflavin mungkin ada dalam daftar suplemen vitamin prenatal Mama, tetapi temukan juga vitamin B2 dalam yogurt, susu, telur, dan almond.

Nah, itulah 3 vitamin mencegah keguguran di trimester pertama kehamilan. Apakah Mama sudah memenuhi kebutuhan tiga vitamin ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.