8 Manfaat Melakukan Hubungan Seks selama Kehamilan

Seks kehamilan aman untuk Mama, pasangan, dan juga janin

17 Juli 2020

8 Manfaat Melakukan Hubungan Seks selama Kehamilan
Freepik/Master1305

Ada banyak manfaat yang bisa Mama dapatkan dengan melakukan hubungan intim selama kehamilan. Entah itu saat Mama sedang hamil muda atau sudah mendekati persalinan. Situs Whattoexpect.com menulis, manfaat dari seks kehamilan tak hanya baik bagi Mama, tapi juga bagi pasangan dan si Janin. Di antaranya, membantu Mama tidur lebih baik, menurunkan tekanan darah, hingga membuat Mama merasa lebih bahagia.

Namun semua manfaat itu bisa didapatkan jika Mama melakukannya dengan tepat.

Berikut ini rangkumanPopmama.com mengenai manfaat berhubungan seks selama kehamilan, seperti dilansir dari Whattoexpect.com:

1. Seks selama hamil aman, kok!

1. Seks selama hamil aman, kok
Freepik/drobotdean

Mungkin Mama masih merasa ragu melakukan hubungan intim karena takut melukai janin. Tapi jangan khawatir, Ma. Seks tidak akan menyakiti janin bagaimana pun caranya, juga tidak meningkatkan risiko infeksi. Begitu pun dengan orgasme, tidak akan meningkatkan peluang mama untuk mengalami keguguran atau persalinan prematur. Rasa bahagia yang Mama rasakan saat berhubungan seks justru dapat membuat janin turut merasa nyaman.

Jadi, nikmati waktu mama bersama dengan suami sepuasnya. Namun jika Mama memiliki masalah kesehatan serius seputar kehamilan, ada baiknya mengonsultasikannya dengan dokter kandungan, ya.

2. Seks saat hamil lebih nikmat dari biasanya

2. Seks saat hamil lebih nikmat dari biasanya
Unsplash/Becca Tepart

Hormon yang meningkat selama kehamilan ternyata juga membantu meningkatkan gairah seks, lho, Ma. Tapi jika pun Mama tidak merasakannya, itu tetap normal.

Aliran darah yang mengalir ke vulva meningkatkan rasa sensitivitas sehingga Mama mengalami sensasi dan orgasme yang lebih intens. Dan bonusnya, saat itu Mama mungkin akan menemukan zona kesenangan baru yang tidak Mama sadari sebelumnya!

3. Membantu menghilangkan masalah kesehatan yang disebabkan kehamilan

3. Membantu menghilangkan masalah kesehatan disebabkan kehamilan
Freepik/Rawpixel.com

Nyeri pinggang, pinggul terasa berat, punggung pegal, dan keluhan lainnya sering kali dirasakan ibu hamil selama kehamilannya. Dan apa biasanya yang Mama lakukan untuk menghilangkan perasaan tak enak ini? Seks ternyata bisa menjadi obatnya, lho, Ma. Selain itu, ada juga masalah Kesehatan lain yang bisa diatasi dengan berhubungan intim. Di antaranya:

  • Membakar kalori, seks membantu membakar sekitar 50 kalori dalam waktu setengah jam. Lumayan, kan.
  • Menurunkan tekanan darah
  • Tidur lebih nyenyak
  • Meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan, orgasme memberi sinyal pelepasan hormon oksitosin, yakni hormon baik yang dapat meningkatkan toleransi mama terhadap rasa sakit. Selain itu, rasa pegal di punggung dan kram akan hilang seketika.

Editors' Picks

4. Meningkatkan semangat

4. Meningkatkan semangat
Freepik/Drobotdean

Hormon hamil bisa dengan cepat mengubah perasaan mama layaknya roller coaster, dari yang bahagia bisa tiba-tiba sedih tanpa alasan yang jelas. Nah, seks bisa menjadi cara yang bagus dan momen yang tepat untuk melakukan dekompresi. Ditambah lagi, lonjakan oksitosin yang muncul saat Mama orgasme meningkatkan perasaan cinta, kebahagiaan, dan membuat Mama merasa lebih dekat dengan pasangan.

5. Janin juga mendapatkan manfaatnya

5. Janin juga mendapatkan manfaatnya
Unsplash/Luma Pimentel

Munculnya hormon oksitosin juga otomatis mengurangi level hormon kortisol (stres) pada diri mama, dan ini tentunya memberi dampak positif pada perkembangan si Kecil selama berada di dalam rahim dan sesudah kelahirannya.

6. Jangan takut mencoba hal baru

6. Jangan takut mencoba hal baru
Freepik/Yanalya

Faktanya, perut mama sudah mulai membesar dan sudah mulai tak merasa nyaman mencoba posisi seks favorit. Tapi jangan khawatir. Bereksperimenlah untuk mendapatkan posisi baru yang sesuai dengan kondisi mama.

Pada ibu hamil, posisi berhubungan intim yang tepat biasanya posisi berbaring miring, woman on top, dan spoonstyle. Atau jika Mama menemukan posisi lain yang lebih memudahkan Mama dan pasangan mendapatkan kenikmatan, boleh saja. Yang perlu diingat adalah, hindari berbaring terlentang terlalu lama, ya, Ma.

7. Seks selama hamil dapat membantu persalinan

7. Seks selama hamil dapat membantu persalinan
Freepik

Orgasme dapat memacu rahim mama berkontraksi, apalagi jika mendekati akhir kehamilan. Memang, sih, kontraksi ini tidak cukup kuat untuk membuat persalinan. Jadi, bercinta di usia kehamilan 40 minggu, siapa takut?

8. Berhubungan seks selama kehamilan dapat menyebabkan pengalaman postpartum yang lebih baik

8. Berhubungan seks selama kehamilan dapat menyebabkan pengalaman postpartum lebih baik
Unsplash/Mayur Gala

Panggul yang kuat dapat membantu mempersiapkan tubuh mama untuk persalinan dan pemulihan pascapersalinan. Dan ternyata, orgasme merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk membantu mengencangkan area tersebut. Coba juga lakukan kegel saat berhubungan seks. Ini bisa juga membantu Mama memompa otot-otot di area vagina agar lebih kuat, sekaligus meningkatkan kenikmatan pada Mama dan pasangan.

Itulah delapan manfaat berhubungan seks selama kehamilan. Intinya, berhubungan seks selama kehamilan sepenuhnya aman, baik untuk Mama, pasangan, dan bayi! Jika Mama masih juga merasa khawatir atau memiliki masalah kesehatan seputar kehamilan, segera konsultasikan dengan dokter kandungan ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.