7 Buah Ini Harus Tetap Dikonsumsi selama Bulan Puasa

Selama bulan puasa, konsumsi buah-buahan harus tetap terpenuhi ya

22 April 2021

7 Buah Ini Harus Tetap Dikonsumsi selama Bulan Puasa
Freepik

Gimana puasanya sejauh ini, Ma? Ada kendala apa saja di tahun ini?

Biasanya setelah seharian menjalani ibadah puasa, pasti Mama perlu mengembalikan energi tubuh dengan mengonsumi banyak makanan. Namun, beberapa orang justru tidak mempedulikan asupan makanan selama bulan puasa. Asal kenyang dan bisa mengisi perut, jadi apapun langsung dimakan tanpa memikirkan gizinya.

Padahal gizi dan nutrisi tetap diperlukan tubuh selama bulan puasa, ini juga sangat memengaruhi kesehatan Mama sendiri. Asupan gizi yang buruk ketika sebulan berpuasa akan berefek ke depannya lho, Ma.

Mengonsumsi makanan yang manis-manis menjadi salah satu alternatif untuk membuat tubuh kembali berenergi, tetapi jangan sampai salah pilih makanan ya. Ada baiknya Mama mengonsumsi yang manis secara alami dari buah-buahan. Agar Mama tidak salah memilih buah, berikut Popmama.comsudah merangkumnya dalam satu artikel.

Yuk Ma, ketahui apa saja buah yang harus tetap Mama konsumsi selama bulan puasa!

1. Mangga

1. Mangga
Freepik/xb100

Sudah tahu belum Ma, kalau buah mangga itu punya banyak kandungan nutrisi di dalamnya?

Selain air, karbohidrat, dan serat, ternyata buah mangga juga mengandung kandungan lain yang bermanfaat untuk tubuh lho. Mulai dari protein, lemak, dan vitamin.

Selain memberikan rasa manis, karbohidrat dari daging buah mangga yang terdiri dari gula sederhana itu juga menghasilkan energi yang dapat membuat tubuh semakin berenergi. Untuk itu buah mangga sangat cocok dikonsumsi di bulan puasa, baik saat sahur maupun berbuka agar tubuh Mama punya simpanan energi saat menjalani aktivitas.

2. Apel

2. Apel
Freepik/valeria_aksakova

Saat berbuka puasa, buah apel bisa menjadi salah satu alternatif buah yang bisa Mama pilih lho. Buah yang satu ini secara perlahan-lahan bisa membantu sistem pencernaan. Tujuannya agar tubuh bisa menerima jenis makanan yang lebih kompleks dari sekadar buah.

Mengonsumsi buah apel saat menjalani puasa juga membantu menjaga berat badan Mama lho. Kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya mampu menahan keinginan makan yang terlalu berlebihan. Mengonsumsi satu buah apel setiap sahur juga dapat membuat Mama tidak mudah lapar saat berpuasa.

Editors' Picks

3. Anggur

3. Anggur
Freepik/dashu83

Kalau Mama bosan dengan buah-buahan yang ada di lemari es, mungkin ini saatnya mencoba untuk buah lain seperti anggur.

Sama seperti buah apel, anggur tentunya memiliki kandungan gizi yang sangat penting seperti vitamin C, B1, B6 serta mineral seperti mangan dan kalium. Kandungan mangan di dalam buah anggur cukup diperlukan dalam sintetis energi. Ini membantu tubuh mama untuk menjaga kestabilan gula yang ada di dalam darah.

Lalu untuk Mama yang punya ganguan tidur seperti insomnia, buah anggur juga bagus dikonsumsi karena mengandung melatonin dan hormon yang bisa membantu tubuh dalam mengatur ulang jam biologis tidur. Jadi, tidak ada salahnya nih Ma mengonsumsi buah anggur setelah salat tarawih.

4. Alpukat

4. Alpukat
Freepik/dashu83

Suka merasa gak sih Ma, kalau memakan buah alpukat itu selalu membuat kenyang?

Di dalam buah alpukat sendiri ada kandungan nutrisi dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh. Ini berguna untuk mengembalikan energi setelah beraktivitas seharian. Selain itu, buah alpukat juga cepat memberikan efek kenyang dan bisa bertahan lama sehingga saat berbuka tidak ada keinginan untuk makan terlalu berlebihan.

Dengan makan buah alpukat saat sedang berbuka puasa, Mama jadi lebih mudah menahan diri dalam menjaga konsumsi makanan berat lainnya.

5. Pepaya

5. Pepaya
Pixabay/varintorn

Mengonsumsi buah sebagai takjil selama berbuka puasa justru bagus lho dibandingkan es ataupun goreng-gorengan.

Kalau sedang mencari buah yang bisa dijadikan menu takjil, buah pepaya bisa menjadi salah satu alternatif nih. Mama bisa memiliki pepaya yang sudah matang karena mengandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, lutein, dan zeaksantin.

Betakaroten sendiri merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk mencegah serangan radikal bebas.

Selain memiliki kadar vitamin C yang baik untuk tubuh, pepaya juga bisa melancarkan percernaan. Buah yang satu ini memang cocok untuk dijadikan menu takjil, karena mampu mencegah sembelit yang sering terjadi saat berpuasa.

6. Semangka

6. Semangka
Freepik/xb100

Seperti yang Mama ketahui nih kalau buah semangka itu kaya akan kandungan airnya. Selain itu kandungan vitamin di dalam buah semangka, semakin membuat buah semangka cocok dijadikan makanan pembuka saat berbuka puasa.

Semangka sendiri memberikan efek menyegarkan karena kandungan air dan seratnya, apalagi untuk menghilangkan dahaga karena sudah seharian berpuasa. Kalau ingin mengonsumsinya dalam jumlah banyak juga tidak apa-apa lho Ma, buah semangka itu rendah kalori. Bahkan kalau dikonsumsi secara rutin, kandungan vitamin A dan C pada semangka akan menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

7. Melon

7. Melon
Freepik/topntp26

Selama menjalani bulan puasa, Mama sudah pernah mengonsumsi buah melon saat berbuka belum? Sama seperti buah semangka, melon kaya akan serat sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Kandungan air yang tinggi mampu mengatasi rasa dahaga Mama setelah tidak mengonsumsi air selama berpuasa. Rasa melon yang manis dan kandungan vitamin yang banyak membuat tubuh mama jadi kembali bersemangat.

Untuk mengonsumsi melon saat berbuka, usahakan untuk tidak dikonsumsi pada saat perut sedang sakit ya. Ini hanya akan membuat perut Mama menjadi kembung. Pastikan kalau kondisi perut Mama dalam keadaan yang baik-baik saja.

Dari ketujuh buah yang menjadi rekomendasi Popmama.com selama berpuasa, kira-kira mana nih yang sering Mama konsumsi? Dengan banyaknya pilihan buah ini, semoga bisa membantu asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.