7 Tahun Menanti Anak, Begini Perjuangan Lyra Virna di Awal Kehamilan

Lyra Virna umumkan kehamilan diusia 38 tahun

20 Januari 2020

7 Tahun Menanti Anak, Begini Perjuangan Lyra Virna Awal Kehamilan
Instagram.com/lyravirna

Pasangan Fadlan Muhammad dan Lyra Virna akhirnya kompak mengumumkan kabar bahagia melalui media sosial mereka masing-masing. Cara keduanya mengabarkan berita kehamilan ini seolah memberikan sebuah pernyataan bahwa hubungan mereka baik-baik saja dan tak ada masalah. 

Bismillah
اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي
رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Guys, please banget belum posting foto atau berita ini bukan berarti nggak bahagia. Bukan berarti jadi bikin berita miring. 

Begitulah sebuah awalan ketika Fadlan mengunggah pengumuman mengenai kehamilan istrinya. Selain itu, ucapan syukur pun dirasakan atas kehamilan istrinya usai menanti cukup lama. 

"Bahagia saya mungkin jauh lebih dari orang-orang lain. Karena kita udah nunggu 7 tahun untuk ini. Semoga Allah memberikan istri hamba kemudahan dalam menjalani masa kehamilannya dan perkembangan yang sempurna untuk anak yang ada di dalam kandungan istri hamba. Amin ya Rabb," tulis Fadlan. 

Di usia 38 tahun, Lyra pun sudah mulai banyak cerita mengenai perjuangannya di trimester pertama setelah resmi mengumumkan kalau dirinya sedang hamil. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui perjuangan di kehamilan Lyra Virna kali ini, tak perlu khawatir karena Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Tak lagi muda, Lyra Virna perlu rutin mengetahui perkembangan janinnya

1. Tak lagi muda, Lyra Virna perlu rutin mengetahui perkembangan janinnya
Instagram.com/fadlanmuhammad

Lyra Virna yang usianya 38 tahun baru saja mengumumkan kehamilan sejak dinantikan selama 7 tahun bersama Fadlan Muhammad. Kabar bahagia tersebut dibagikan Lyra di salah satu unggahan foto di Instagram. 

Penantian 7 tahun, di usia yang sudah nggak muda lagi. Bagaimanapun ini anugerah buat Umi, alhamdulillahillazii binikmatihii tatimmushaalihaat apapun keadaannya ini adalah hadiah besar buat Umi. 

I promise i'll take care of you. 

Begitulah ucapan syukur atas karunia sang Pencipta yang dituliskan oleh Lyra melalui sebuah unggahan di Instagram. 

Bicara mengenai usia Lyra yang sudah tak lagi mudah, dirinya lewat InstaStory sempat mengatakan harus menjalani istirahat di dalam kamar selama berhari-hari. 

Menurut BMC Pregnancy and Childbirth dan the American College of Obstetricians and Gynecologists ada beberapa risiko yang dapat terjadi pada usia ibu hamil yang sudah lanjut seperti kelainan kromosom terhadap bayinya. Demi mengetahui kesehatan serta perkembangan dan pertumbuhan janin selama 9 di kandungan, maka perlu sekali rutin untuk berkonsultasi ke dokter. 

Perlu diingat bahwa pemeriksaan secara rutin perlu dilakukan dimulai sejak masa-masa awal kehamilan, sehingga bisa mengetahui perkembangan si Kecil. Pemeriksaan yang dilakukan dari awal kehamilan pun dapat mendeteksi adanya kemungkinan kelainan pada perkembangan janin apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang. 

Pemeriksaan secara rutin di trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan kewaspadaan dalam mendeteksi terhadap penyakit diabetes gestasional dan preeklampsia agar dapat segera ditangani dengan baik tanpa menimbulkan komplikasi kesehatan. 

Selain itu, saat memiliki keluhan tertentu selama hamil, ada baiknya untuk terbuka dan mendiskusikan permasalahan yang ada ke dokter secara langsung. Dengan aktif bertanya akan membantu kehamilan menjadi lebih sehat karena dokter dapat mengetahui seluruh perkembangan janin di dalam kandungan. 

Editors' Picks

2. Lyra Virna memiliki alasan tersendiri baru mengumumkan kehamilannya

2. Lyra Virna memiliki alasan tersendiri baru mengumumkan kehamilannya
Instagram.com/lyravirna

Lyra Virna dan suaminya baru mengumumkan kehamilan ini karena ada alasan tersendiri. Lyra mengaku kalau dirinya ingin awal-awal kehamilannya dinikmati, sehingga ia pun bisa fokus menjalani melakukan bonding walau si Kecil masih berada di dalam perut. 

Aku sengaja menunda post di awal-awal minggu dan menikmati semua bawaan sakit serta nggak enaknya badan. Alhamdulillah jadi tahu orang-orang yang peduli dan nggak. Orang-orang yang benar tulus khawatir atau bahkan sama sekali nggak ambil peduli buat sekadar nanya kenapa.

Awal minggu berat banget umi rasain mungkin karena usia juga, tetapi Umi berusaha buat bisa "bahagia" demi kamu. Karena kamu harus bahagia.

Semoga kita sehat-sehat terus sampai Umi bisa gendong kamu nanti ya. 

Ungkapan perasaan tersebut dibagikan Lyra ketika dirinya mengumumkan kalau sedang hamil sekaligus memperlihatkan dua garis biru pada sebuah test pack. 

Kondisi Lyra yang sedang berjuang saat hamil ini semoga membuatnya terus bahagia tanpa memikirkan hal-hal tak penting atau bahkan memicu stres. 

Semangat terus Mama Lyra Virna!

3. Lyra Virna mempunyai cara tersendiri mengatasi mual saat hamil

3. Lyra Virna mempunyai cara tersendiri mengatasi mual saat hamil
Pixabay/rawpixel

Di minggu-minggu awal kehamilan, Lyra memang mengaku kalau dirinya harus beristirahat total. Sama seperti ibu hamil lainnya, Lyra yang sedang menanti anggota barunya ini sedang menikmati fase-fase mual dan muntah di awal kehamilan. 

Seperti yang Mama ketahui bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya faktor hormonal. Efek serta perkembangan janin di dalam kandunganlah yang dinyakini membuat rasa mual datang hingga terkadang mengganggu aktivitas keseharian. 

“Makan sedikit, mual,” tulis Lyra di salah satu unggahan InstaStory pribadinya. 

Meskipun begitu, Lyra di salah satu unggahannya juga sempat memperlihatkan senjatanya saat mengatasi mual yakni menggunakan sebuah jus apel. Walau diolah menjadi sebuah jus, namun khasiat apel pun masih sama. 

Dari banyaknya manfaat positif dari buah apel, Mama perlu diketahui bahwa buah ini dapat mengurangi rasa mual saat hamil. Kandungan serat dan air pada buah apel sangat efektif untuk mengatasi rasa mual yang sewaktu-waktu bisa muncul di pagi hari saat awal kehamilan. 

Apel yang rendah kalori, namun kaya akan serat ini juga bersifat mengenyangkan. Saat lebih sering merasa mual, ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan jumlah sedikit dan sering setidaknya dalam jarak waktu yang dekat. 

4. Sang Mama sempat khawatir dengan kehamilan Lyra Virna 

4. Sang Mama sempat khawatir kehamilan Lyra Virna 
Instagram.com/lyravirna

Usai mengunggah sebuah pengumuman bahwa dirinya sedang hamil, Lyra kembali membuat sebuah unggahan cerita tentang sang Mama di Instagram pribadinya. Dari ceritanya ini, Mama dari Lyra Virna cukup khawatir dengan kehamilan putrinya karena banyak faktor termasuk usia. 

Gimana reaksi beliau saat awal tahu aku hamil lagi?

Awalnya khawatir banyak faktornya: usiaku dan beliau takut aku makin repot ngurusin ini itu. Beliau tahu urusanku sekarang aja udah banyak. Bukan hanya urusan kerjaan di workshop saja, tetapi urusan rumah tangga sebagai ibu, housekeeper dll. Iya meskipun anaknya udah tua gini beliau masih selalu khawatir. Kalau mau jalan pamit beliau selalu nanya, sama siapa? Siapa yang menemani? Kamu nyetir sendiri? 

Apalagi kalau jalan ke puncak nengok anak yang mondok, beliau nggak tidur sampai tahu aku udah balik ke rumah. Iya masih seposesif itu, maklum beliau tahu aku dari remaja nggak pernah nyetir dan mengurus apa-apa sendiri karena beliau anterin ke mana-mana jadi agak surprise dan khawatir berlebihan ketika tahu anaknya sekarang mandiri begini.

Itulah beberapa cerita awal-awal kehamilan di trimester pertama dari Lyra Virna. Untuk Mama yang juga sedang hamil tetap semangat menjalani semua momen bersama si Kecil saat masih berada di dalam perut ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.