Ujian Ramadan, Jane Shalimar Keguguran di Usia Kehamilan 7 Minggu

Perlahan tapi pasti, Jane Shalimar berjanji akan pulih kembali usai menjalani fase duka

19 Mei 2020

Ujian Ramadan, Jane Shalimar Keguguran Usia Kehamilan 7 Minggu
Instagram.com/janeshalimar_1

Kabar duka datang dari Jane Shalimar karena baru saja kehilangan bayi di dalam kandungannya. Dalam kehamilan yang cukup singkat, Jane harus ikhlas menjalani ujian ini apalagi usia kandungannya baru menginjak usia tujuh minggu. 

Berita duka tersebut sempat disampaikan oleh Jane dan Arsya Wijaya di Instagram mereka. Usai menyampaikan kabar duka terkait kondisi kehamilannya, ada banyak doa dan harapan yang dituliskan oleh warganet untuk pasangan ini. 

"Terima kasih Allah-ku. Kau Maha Hebat. Kutitipkan malaikat kecil di sisi-Mu ya Rabb, semoga kelak akan bertemu lagi #AlfatihaUntukAnakku," tulis Jane dalam salah satu unggahannya di Instagram. 

Bulan Ramadan tahun ini sepertinya membuat Jane harus lebih sabar dalam menghadapi ujian dan ikhlas menerima kepergian calon buah hatinya.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa curahan hati dari Jane Shalimar usai mengalami keguguran, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Semua kenangan kehamilannya tak akan terhapus dan ia tetap menjadi pelita kecil

1. Semua kenangan kehamilan tak akan terhapus ia tetap menjadi pelita kecil
Instagram.com/arsyawijaya21

Seperti seorang calon orangtua lainnya, kondisi yang dialami oleh Jane tentu sangatlah berat untuk dilewati. 

"Kita sayang, tetapi Allah lebih menyayanginya, kita menjaga, tetapi Dia yang akan lebih menjaganya," kata Jane. 

Selain memberikan kabar terkait kondisi kehamilannya, Jane berterima kasih kepada sang Pencipta karena telah menitipkan bayi di dalam kandungannya walau hanya berusia tujuh minggu. 

"Walau hanya tujuh minggu, tetapi dia adalah anugerah terindah yang pernah kami miliki. Semua kenangan takkan terhapus dan tetap menjadi pelita kecil kami tuk memandu, hingga nanti kita akan bertemu lagi di lain waktu," tulisnya. 

Dalam situasi seperti ini, Jane berusaha memahami dan menjalani berbagai fase duka. Pelan-pelan, dirinya berjanji akan berangsur membaik dan pulih kembali seperti semula. 

"Perlahan tapi pasti, aku akan pulih kembali insha Allah. Semoga minggu terakhir di bulan Ramadhan ini, hadiah dari Allah berupa cobaan ini mengandung hikmah yang luar biasa di baliknya, amiin ya Rabbal 'alamiin. #AlfatihaUntukAnakku," ucap Jane. 

2. Hamil 7 minggu menjadi momen yang berkesan untuk Jane Shalimar

2. Hamil 7 minggu menjadi momen berkesan Jane Shalimar
Instagram.com/janeshalimar_1

Melalui cerita pada unggahannya di Instagram, Jane mengatakan bahwa ia keguguran di usia kehamilan yang sudah memasuki minggu ketujuh. 

Walaupun hanya tujuh minggu, namun momen tersebut memberikan berbagai warna-warni yang indah di dalam kehidupan Jane dan sang Suami. 

Perlu diketahui bahwa secara umum perkembangan janin pada minggu ketujuh sudah mirip ukurannya dengan biji buah apel hijau dengan panjang 1,27 cm.

Tak hanya itu, usia kehamilan yang sudah memasuki minggu ketujuh memperlihatkan banyak perkembangan jika pertumbuhannya benar-benar sehat. Berikut beberapa perkembangan secara umum pada janin di minggu ketujuh, seperti:

  • Sekitar seratus sel-sel otak bisa dihasilkan dalam satu menit.
  • Mata, hidung dan telinga di bagian wajahnya sudah mulai terbentuk.
  • Organ hati, jantung, ginjal perlahan mulai semakin kompleks dan sedang berkembang secara permanen.
  • Sumsum tulang belum terbentuk, sehingga organ hati yang masih memproduksi sel darah merah dalam jumlah banyak.
  • Sepasang kaki dan tangan mulai tumbuh, walau masih berbentuk seperti dayung. Bahkan sendi-sendi lengan dan tungkainya sudah mulai terbentuk.
  • Gigi dan langit-langit mulutnya mulai terbentuk.
  • Kulitnya masih sangat tipis dan transparan, sehingga pembuluh-pembuluh darahnya belum terlihat dan masih belum berfungsi

Kepergiaan si Kecil yang terlalu cepat di usia tujuh minggu membuat Jane harus belajar untuk ikhlas dan sabar menghadapi ujian dari sang Pencipta. 

"Kulepas kau dengan ayat kursi dan alfatiha. Insha Allah, sakit dan sedih yang kurasakan kemarin menjadi limpahan rahmat yang luar biasa dari sang Pencipta Alam Semesta. Amin allahumma amin," tulis Jane. 

3. Sebagai suami siaga, Arsya menenangkan Jane Shalimar untuk tetap kuat menjalani ujian hidup

3. Sebagai suami siaga, Arsya menenangkan Jane Shalimar tetap kuat menjalani ujian hidup
Instagram.com/janeshalimar_1

Sebagai suami, Arsya berusaha menenangkan istrinya agar bisa ikhlas menerima takdir yang sudah dituliskan oleh sang Pencipta. 

"Insha Allah, rencana Allah akan jauh lebih baik dan tepat. Insha Allah akan diganti semua dengan sesuatu yang lebih baik, kita berserah diri sama Allah dan yakin Allah akan kasih sesuatu yang lebih baik, sabar, ikhlas dan tawakal. Yakinlah bahwa Allah adalah pembuat skenario yang paling baik, semoga Allah melindungi kita semua. Amin YRA," tulis Arsya pada salah satu unggahannya. 

Menurut cerita dari Jane, buah hatinya tersebut telah dimakamkan oleh sang Suami di pemakaman keluarga di daerah Tasik. 

"Alhamdulillah sudah mengikhlaskan dan berkhuznudzon terhadap ketetapan Allah SWT. Insha Allah kami adalah orang-orang yang di'pilih' oleh-Nya dan ini adalah anugerah atau hadiah terindah untuk kami berdua. Tepat di hari Jumat kemarin, Allah telah memanggilnya," kata Jane. 

Itulah beberapa cerita yang sempat dicurahkan oleh Jane Shalimar usai mengalami keguguran melalui Instagram pribadinya. 

Tetap semangat untuk Jane Shalimar dan Arsya semoga ada hikmah lain di balik kejadian ini. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.