Unggah Foto Hasil USG, Lindswell Umumkan Hamil Anak Pertama

Hasil USG memberitahukan kalau kehamilan Lindswell sudah 7 minggu

29 Mei 2019

Unggah Foto Hasil USG, Lindswell Umumkan Hamil Anak Pertama
Instagram.com/lindswell_k

Nama Lindswell Kwok tentu sudah tidak lagi asing untuk didengar ya, Ma. Ratu Wushu tanah air yang sudah menikah dengan Achmad Hulaefi pada Minggu (9/12/2018) lalu ini, baru saja mengunggah foto hasil USG di Instagram pribadinya. 

Lindswell dan sang Suami kompak menggunggah hasil USG dari anak pertamanya.

"Alhamdulillah segala puji bagi Allah," tulis Achmad Hulaefi ketika mengunggah foto tersebut. 

Jika diperhatikan hasil USG yang diunggah pasangan ini memperlihatkan usia kehamilan Lindswell sudah masuk minggu ke-7 di trimester pertama. 

Terkait kehamilan Lindswell yang sudah memasuki minggu ke-7, Popmama.com telah merangkum beberapa penjelasan mengenai berbagai perkembangan serta pertumbuhan yang umumnya terjadi di usia kehamilan ini. 

1. Perkembangan janin di usia kehamilan 7 minggu

1. Perkembangan janin usia kehamilan 7 minggu
Instagram.com/lindswell_k

Melalui unggahan fotonya di Instagram, hasil USG dari Lindswell mengatakan bahwa usia kandungannya sudah memasuki minggu ke-7. Perlu diketahui bahwa perkembangan janin pada minggu ke-7 sudah mirip ukurannya dengan biji buah apel hijau dengan panjang 1,27 cm.

Di usia ini, dirinya pun sudah mulai beradaptasi dengan kehidupan di dalam rahim. Ari-ari yang menghubungan Mama dengan si Kecil di dalam perut sudah perlahan-lahan membentuk. Ari-ari ini tentunya akan menyediakan nutrisi, oksigen dan juga tempat pembuangan kotoran untuk bayi. 

Tak hanya itu, usia kehamilan yang sudah memasuki minggu ketujuh memperlihatkan bahwa janin berkembang dengan baik. Perlahan-lahan ada banyak pembentukan organ yang semakin terlihat. Berikut beberapa perkembangan janin pada minggu ke-7, seperti:

  • Sekitar seratus sel-sel otak bisa dihasilkan dalam satu menit.
  • Mata, hidung dan telinga di bagian wajahnya sudah mulai terbentuk.
  • Organ hati, jantung, ginjal perlahan mulai semakin kompleks dan sedang berkembang secara permanen.
  • Sumsum tulang belum terbentuk, sehingga organ hati yang masih memproduksi sel darah merah dalam jumlah banyak.
  • Sepasang kaki dan tangan mulai tumbuh, walau masih berbentuk seperti dayung. Bahkan sendi-sendi lengan dan tungkainya sudah mulai terbentuk.
  • Gigi dan langit-langit mulutnya mulai terbentuk.
  • Kulitnya masih sangat tipis dan transparan, sehingga pembuluh-pembuluh darahnya belum terlihat dan masih belum berfungsi

Editors' Picks

2. Konsultasi rutin ke dokter saat usia kehamilan sudah 7 minggu

2. Konsultasi rutin ke dokter saat usia kehamilan sudah 7 minggu
Freepik

Ibu hamil yang sudah berusia 7 minggu tanpa disadari mulai mengalami berbagai gejala kehamilan, seperti ngidam, rasa mual yang tiba-tiba muncul tak terduga, pembuluh varises yang secara perlahan terlihat akibat aliran darah meningkat. Selain itu, perubahan hormon juga dapat di area wajah dan lebih sering buang air kecil. 

Perlu diingat ketika ngidam, sebaiknya pola makan juga harus dijaga agar kandungan tetap sehat. 

Demi menjaga kesehatan Mama dan si Kecil selalu pastikan untuk rutin melakukan konsultasi ke dokter. Jika memiliki masalah kesehatan yang, ada baiknya didiskusikan. Hal ini tentu dapat meminimalisir tingkat komplikasi yang muncul selama masa kehamilan.

Umumnya dokter akan melakukan beberapa pengecekan dari berat badan, urine, tekanan darah, melihat posisi janin, mengukur lingkar pinggang hingga melakukan beberapa tes lain untuk memastikan semua dalam keadaan normal.

3. Langkah-langkah menjaga kehamilan di usia 7 minggu

3. Langkah-langkah menjaga kehamilan usia 7 minggu
Pixabay/RitaE

Di usia kehamilan 7 minggu, ukuran rahim akan membesar dua kali lipat sebagai tanda untuk mempersiapkan tumbuhnya si Kecil di dalam perut. Tak jarang, ibu hamil mengalami rahimnya membesar dalam waktu yang singkat, sehingga menimbulkan gangguan kesehatan seperti panggul tertekan dan sakit punggung. 

Untuk itu, perlu sekali dipastikan agar tetap sehat dengan berbagai perubahan fisik dan hormon selama hamil. Walau masih berusia 7 minggu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan janin di dalam kandungan seperti: 

  • Tetap mengonsumsi makanan bernutrisi, terutama yang mengandung asam folat. 
  • Menghindari polusi udara termasuk asap rokok karena dapat mengganggu kesehatan janin di dalam kandungan. 
  • Usahakan untuk mulai menggunakan pakaian yang sedikit longgar karena perut semakin membesar. Tanpa disadari banyak pakaian yang perlu diganti karena mulai terasa sempit.
  • Berolahraga ringan secara rutin dan pastikan jenis olahraganya aman untuk ibu hamil. 

Itulah beberapa kondisi dan perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kehamilan di usia 7 minggu. 

Untuk Mama yang sedang berjuang ketika usia kehamilan memasuki minggu ketujuh sama seperti Lindswell, tetap semangat ya! 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;